Jumat, 18 September 2015

Idul Adha 1436 Hijriah, Kurban Sapi Jadi Primadona

Daging Sapi

Rempoa - Diperkurakan bahwa jumlah pedagang hewan kurban sapi dan kerbau lebih banyak dari kambing atau domba. Hal tersebut dikarenakan saat ini masyarakat semakin menyadari bahwa jumlah daging yang didapat dari seekor sapi lebih banyak dari kambing.

Sejak dua tahun lalu, keluarga besar H. Katong (alm.) yang tadinya setiap tahun kurban belasan kambing telah beralih ke kurban seekor sapi karena merasa jumlah daging yang didapat lebih banyak sehingga lebih banyak juga orang yang dapat diberi sedekah. Selain itu, dengan kurban sapi, motongnya hanya perlu satu kali.

"Kurban sapi dagingnya banyakan dari kambing, motongnya juga cuma sekali, kalo kambing kan banyak jadi motong terus. Abis itu juga nggak semua orang bisa makan daging kambing. Banyak penerima yang ngaku darah tinggi," jelas bang Wahid.

Dikarenakan harga seekor sapi yang mahal, kebanyakan warga menjalankan sistem patungan untuk membeli. Standarnya satu sapi untuk 7 orang, sehingga memungkinkan warga untuk patungan. Disamping itu, banyak masjid yang sudah mengakomodasi sistem patungan ini dengan biaya IDR 2 juta per orang. Salah satunya adalah Masjid Al-Jihad Rempoa yang menjalankan layanan tabungan kurban per tahun yang mana per orang ditargetkan untuk mencapai angka IDR 2 juta.

Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijjah setiap tahunnya, disunnahkan bagi ummat Islam untuk berpuasa Tarwiyah pada 8 Zilhijjah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijjah-nya.

Pada Idul Adha 1436 Hijriyah, mengacu ke kalender Masehi, Hari Raya Kurban akan jatuh pada 24 September 2015.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com