Selasa, 08 September 2015

Pedagang Hewan Kurban Mulai Menjamur

Kambing Kurban
Jelang tiga minggu sebelum perayaan Idul Adha 1436 Hijriah, para penjual hewan kurban musiman sudah mulai bermunculan di titik-titik tertentu di berbagai daerah. Termasuk di dusun Rempoa dan sekitarnya.

"Aroma khas hewan kurban sudah mulai tercium di mana-mana. Bau sih, tapi seru aja liat kambing dan sapi," ujar Naras, warga Rempoa. "Seru aja, liat kambing sambil ngasi makan," lanjutnya.

Pada kalender Hijriah, Idul Kurban jatuh pada  10 Zulhijjah namun dalam kalender Masehi, hari raya yang disebut juga Hari Raya Kurban tahun ini jatuh pada 24 September. Disunatkan bagi umat Islam untuk berpuasa sunnah Tarwiyah pada 8 Zulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijah. Disamping itu, disunnahkan pada 10 Zulhijah untuk berpuasa terlebih dahulu mulai dari matahari terbit hingga selesai shalat Ied.

Hewan kurban yang dijajakan oleh para penjual hewan kurban musiman di Rempoa dan sekitarnya antara lain kambing, domba, sapi dan kerbau. Harga hewan kurban sangat variatif, tergantung jenis dari hewan dan kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com