Minggu, 06 September 2015

Kecantikan Siluet Matahari Terbit Situ Gintung

Matahari terbit di Danau Gintung

Agak keluar dari area dusun Rempoa, namun masih dalam kawasan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Terdapat danau atau warga setempat menyebutnya Situ Gintung. Situ artinya danau, jadi Situ Gintung adalah Danau Gintung.

Pada 27 Maret 2009, danau ini mengalami kejadian yang sempat mengegerkan Indonesia yaitu tanggulnya jebol dan menyebabkan bangunan di sepanjang jebolannya itu luluh lantah. Hanya saja beberapa bulan setelah jebolnya tanggul, pemerintah setempat melakukan revitalisasi dan normalisasi danau sehingga wujud dan penampilan Situ Gintung sekarang telah kembali indah bahkan lebih cantik dari sebelumnya.

Setelah revitali dan normalisasi, danau yang dibangung sekitar tahun 1933 oleh Belanda ini tadinya hanya berfungsi sebagai tanggul berubah fungsi menjadi tanggul sekaligus tempat pariwisata.

Keindahan Situ Gintung adalah pemandangan pada saat matahari terbit (sunrise) di pagi hari, dan sejuknya udara danau di sore hari. Saat matahari terbit, siluet pepohonan sekitar bercampur dengan pantulan matahari dari danau membuat suatu pemandangan yang indah dari berbagai sudut.

Saat akhir pekan tiba, Sabtu dan Minggu pagi juga sore, banyak warga yang datang ke Situ Gintung untuk berolahraga, senam, main sepeda atau hanya wisata kuliner atau sekadang duduk santai menikmati indahnya suasana danau.

Pada bagian tanggul danau juga terdapat warga sekitar yang menjajakan jajanan sebagai teman untuk menikmati pemandangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com