Senin, 19 Oktober 2015

Kinerja Situs e-PUPNS Kurang Optimal

e-PUPNS

Rempoa - Pada awal Oktober 2015, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah memberikan instruksi kepada setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk memutakhirkan data kepegawaiannya melalui situs e-PUPNS.

e-PUPNS atau Pendataan Ulang PNS elektronik merupakan proses yang harus dilalui oleh setiap PNS sebagai verifikasi atas data-data yang dimiliki seperti riwayat pendidikan, surat kerja dan lainnya.

Setiap PNS dapat diwajibkan untuk memberikan data-data yang dibutuhkan kepada negara melalui situs e-PUPNS. Sayangnya kesiapan situs untuk menampung banyaknya PNS yang mengakses dan memberikan data secara daring dinilai masih kurang optimal.

Pada jam-jam tertentu, situs e-PUPNS sangat sulit untuk diakses. Menurut pengakuan penggunanya, situs tersebut sering terputus dari server yang mengakibatkan ia harus memasukkan data secara ulang.

Menanggapi isu yang terjadi di situs e-PUPNS, ada netizen yang memberikan gurauan dalam bentuk Meme untuk menyindir kinerja dari situs pendataan pegawai tersebut.

Dikutip dari laman Facebook Budi Sk, "e-PUPNS adalah Proses Pendataan Ulang PNS melalui sistem TI dengan pemutakhiran data melalui PENDAFTARAN ULANG. PNS harus mendaftar ulang, mengulang mendaftar, mendaftar berulang-ulang, mendaftar ulangi lagi untuk mengulang mendaftar ulang, berulang-ulang."

Sejatinya, e-PUPNS merupakan program pemerintah dari Badan Kepegawaian Nasional untuk memutakhirkan data dari setiap PNS antara lain riwayat pendidikan, daftar keluarga, status jabatan, BPJS dan lainnya.

Proses pendataan melalui e-PUPNS ini diberi batas hingga sebelum Desember 2015. Belum ada kejelasan mengenai sanksi yang akan diterima oleh setiap PNS yang tidak menyelesaikan pemutakhiran datanya sampai batas waktu berakhir.

"Mudah-mudahan masalah yang sering muncul ketika mengakses situs e-PUPNS dapat segera diatasi. Stres banget kalau lagi ngisi data trus situsnya error," keluh seorang PNS yang tidak ingin disebutkan namanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com