Sabtu, 31 Oktober 2015

Kabar Duka!! Pak Raden Sang Pencipta Si Unyil Tutup Usia

Pak Raden
Petamburan - Telah berpukang ke pangkuan Illahi Drs. Suyadi atau lebih dikenal dengan julukannya sebagai Pak Raden dalam serial TV anak berjudul Si Unyil.

Suyadi wafat pada Jumat (30/10) malam di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta, tepatnya jam 22.20 WIB. Kabar duka tersebut diberitahukan melalui akun Facebook berjudul Pak Raden, yang diposkan oleh netizen bernama Prasojo Chusnato Sukiman.

"Inna Lillahi wa inna ilaihi rajiun telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suyadi (Pak Raden), pada hari jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya, segala salah, khilaf dan kekurangan. Semoga yang pergi diberikan tempat yang indah, dimasukan ke dalam barisan orang yang beriman, diterima segala amal ibadahnya, menjadikan segala karyanya cahaya yang menerangkan. Aamin ya robbal alamin."

Selama berkarir sebagai seniman, Suyadi akrab dengan dunia hiburan anak sebagai pendongeng dengan karyanya yang legendaris, yakni Si Unyil, serial TV anak produksi PPFN yang mengurada setiap saluran TVRI pada tahun 1981 hingga 1993.

Si Unyil pun mendapatkan sekuelnya pada tahun 2007 dengan mengusung judul Laptop Si Unyil yang ditayangkan di saluran Trans7 dengan karakter, lagu pembuka dan pola cerita yang sama, tetapi lebih segar dengan menyesuaikan cerita dengan perkembangan zaman.

Karakter dalam serial TV Si Unyil ini antara lain karakter utama: Unyil, Ucrit, Usro; Pak Ogah, Pak Raden, Tineke, Meilani, Bun Bun, Cuplis, Kinoy, Mbok Bariah, Orang Gila dan Bibi Cerewet, dan Joni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com