Senin, 16 November 2015

Sebut Cosplayer sebagai Badut, Seorang Anak Kecil Tidak Dianiaya Massa

Keramaian di Hall B

Jakarta - Pada inagurasi Indonesia Comic Con yang diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, pada 14-15 November 2015, ada banyak pengunjung yang mengenakan kostum unik yang terinspirasi dari video game, komik, anime, film dan ide segar lainnya.

Pengunjung berkostum itu dinamakan cosplayer yang mana khusus untuk cosplayer, mulai dari jam 10-11 pagi, Indonesia Comic Con dapat diakses secara gratis. Harga tiket masuk pada pameran budaya pop ini adalah IDR 90.000 per orang. Hal itulah yang membuat para pengunjung memilih untuk mengenakan kostum, demi masuk gratis. "Toh pada akhirnya mereka datang juga akan menggunakan kostum di acara ini. Jadi tidak ada salahnya mereka datang lebih pagi agar bisa masuk gratis," ujar Bang Fakry, tukang komputer Rempoa.

Bang Fakry yang bercita-cita menjadi Power Ranger di masa kecilnya itu mengungkapkan ketika ia sedang buang air kecil di toilet Hall B Jakarta Convention Center, terdengar suara anak laki-laki yang diperkirakan berusia sekitar 5 tahun yang memuji para cosplayer yang berada di area pameran. "Pah-pah, di sini Badutnya bagus-bagus ya," ucap sang anak kepada bokapnya dengan nada riang.

Bang Fakry sontak terkejut ketika mendengar istilah yang digunakan oleh si anak, yakni badut. Ia jadi teringat masa lalunya ketika masih duduk di bangku SD, ketika itu orang yang mengenakan kostum Power Ranger di Rempoa hanyalah badut. "Pertama kali ane liat orang pake kostum Power Ranger ya di Rempoa, yang pake kostum itu cuma badut," ingatnya.

Dengan kisah tersebut, diharapkan agar para cosplayer Indonesia tidak terpukul apabila disebut badut oleh anak-anak. Bahkan dalam sesi wawancara Kru RRN dengan Richfield, cosplayer profesional asal Indonesia, di AFAID 2014, ia kerap dianggap sebagai karakter yang berbeda dari kostum yang dikenakan. Saat menggunakan kostum RoboCop ia dianggap Gavan. Hanya saja ketika mengenakan kostum Gavan, ia justru dianggap RoboCop. Anggapan tersebut lantas tidak membuat Richie patah semangat.

Setelah menyebut cosplayer sebagai badut, si anak yang cukup menggemaskan itupun pergi begitu saja dengan menggandeng bokapnya keluar dari toilet pria dan masuk lagi ke area Indonesia Comic Con.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com