Rabu, 13 Januari 2016

Heboh!! Penggolongan SIM C Mulai Mei 2016

SIM C

Banten - Pengendara roda dua atau motor sedang dihebohkan dengan peraturan baru yang diumumkan oleh pihak Kepolisian terkait klasifikasi atau penggolongan surat ijin mengemudi (SIM) C yang rencananya akan diberlakukan pada Mei 2016.

Dikutip dari detik.com, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin berkata, "Jadi untuk SIM C tidak bisa untuk semua motor mulai Mei 2016. Nantinya SIM C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1 dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016. Paling telat April 2016."

Menurut Risyapudin, penggantian SIM C dengan penggolongan khusus ini akan diselenggarakan secara serentak mulai Februari sampai April 2016.

Penggolongan SIM C ini akan mengacu pada kapasitas mesin atau cc motor, yaitu:
  • SIM C: untuk motor di bawah 250 cc
  • SIM C1: untuk motor antara 250-500 cc
  • SIM C2: untuk motor di atas 500 cc

Dengan kata lain, SIM C (biasa) yang ada saat ini tidak bisa digunakan oleh pengendara untuk membawa motor berkapasitas mesin 250-500 cc, 500 cc ke atas atau yang biasa disebut motor gede (Moge). Apabila ada razia, maka pengendara yang tidak menaati peraturan bisa terkena tilang.

Menurut Netizen berinisoal M pada kolom komentar di laman berita detik.com, sebelum diberlakukan di Indonesia, penggolongan SIM C ini sudah lebih dulu dilakukan oleh negara lain seperti Amerika, Australia, Inggris, Malaysia dan Singapura.

Bang Fakry, tukang sirih grosir murah di Rempoa, menghimbau untuk semua komunitas Moge Indonesia agar memberitahukan kabar ini kepada seluruh anggota komunitas lainnya supaya tidak ada anggota yang terkena tilang ketika peraturan tentang SIM C ini sudah ditegakkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com