Senin, 15 Februari 2016

Kemeriahan Festival Lebak Bulus 2016, Manjakan Pengunjung dengan Pertunjukan Budaya Betawi

Jakarta - Ada yang menarik pada akhir pekan kemarin di Jalan Raya Karang Tengah, Lebak Bulus. Jalan yang biasa ramai oleh kendaraan bermotor ini mendadak digunakan sebagai lahan untuk event Festival Lebak Bulus 2016. Event yang diselenggarakan mulai tanggal 13-14 Februari 2016 ini tidak hanya menghadirkan bazaar tetapi juga pentas budaya serta wisata kuliner khas Betawi.

Baca juga: Hadirilah Festival Lebak Bulus 2016 di Karang Tengah

Saya dan adik saya datang ke event tersebut pada hari kedua, yaitu hari Minggu (13/02/15). Kedatangan saya tadinya bertujuan untuk melihat penampilan dari beberapa tokoh stand up comedy yang mengisi acara Festival Lebak Bulus 2016. Sayangnya ketika saya tiba, penampilan komedinya malah sudah selesai. Untung masih sempat menyaksikan tari Ondel-Ondel.

Tari Ondel-Ondel

Sudah lama sekali tidak melihat pertunjukan budaya Betawi itu. Diiringi musik khas Betawi, dua Ondel-Ondel yang tampil terus menari sambil sesekali meminta saweran. "Terima kasih atas bantuannya bapak ibu adek-adek untuk terus melestarikan kebudayaan asli Betawi," kata salah satu anggota dari kelompok tari Ondel-Ondel itu. Ucapannya memang benar, kalau bukan kita yang melestarikan budaya Ondel-Ondel, maka siapa lagi?

Area bazar murah

Setelah menyaksikan tari Ondel-Ondel, kami langsung berkeliling untuk melihat-lihat area bazaar. Lapak bazar di Festival Lebak Bulus 2016 ini dipadati oleh berbagai macam stan yang menjual berbagai macam barang, salah satu jenisnya adalah kuliner. Kerak telor yang merupakan makanan wajib dalam setiap festival budaya Betawi banyak diperdagangkan di festival ini. Selain itu, ada bubur kampiun dan es selendang mayang.

Anehnya, saya justru tertarik dengan ice cream pot. Jujur saja, inilah pertama kalinya saya melihat penjual ice cream pot. Bentuk dari makanan ini sangat unik karena mengkombinasikan bentuk pot tanaman sebagai wadah ice cream. Susunan ice creamnya pun dibuat mirip dengan tanah di dalam pot yang membuat saya seperti sedang memakan tanah, bukan ice cream.

Ice Cream Pot

Berbeda dengan saya, adik saya memilih untuk membeli kue apem. Uniknya, kue apem ini dirancang mirip dengan donat yang biasa ditemukan di J.co atau Dunkin Donuts, menarik.

Meskipun tidak se"wah" event ulang tahun Jakarta di JIExpo Kemayoran, saya cukup puas dan senang dengan Festival Lebak Bulus karena warga di sekitar rumah saya dapat menyelenggarakan event budaya seperti ini. Jika tahun depan event ini diselenggarakan lagi, maka saya pasti akan datang kembali.

***

Guest blogger: Solusi Radikal
Add Facebook Solusi Radikal, dan jangan lupa follow Twitter @SolusiRadikal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com