Selasa, 23 Februari 2016

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Maret 2016, Pertama di Indonesia pada Abad ke-21

Gerhana Matahari Total

Banten - Masyarakat sedang dihebohkan dengan pemberitaan media massa tentang terjadinya gerhana matahari total yang akan melintasi sebagian  wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang.

Sebenarnya kabar tentang fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini bukan sebuah berita baru, tetapi sebelumnya sudah diperkirakan oleh pihak terkait akan terjadi di Indonesia sejak pertengahan 2015 lalu.

Berdasarkan perhitungan, gerhana matahari total akan melintasi 11 provinsi Indonesia yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Baca juga: Kapan Waktu Gerhana Matahari Total di Jakarta?

Dilansir dari liputan6.com, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, ada beberapa daratan yang akan dilewati oleh gerhana matahari total di Indonesia yaitu Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan Tidore.

Meski hanya 11 provinsi tersebut yang dilewati oleh gerhana matahari total, gerhana matahari juga bisa dilihat oleh penduduk provinsi lain seperti di Pulau Jawa, Bali dan Papua. Hanya saja tidak total tetapi hanya gerhana sebagian.

Pihak penyedia jasa pariwisata pun telah menyiapkan berbagai agenda, salah satunya World Total Solat Ecliplse Conference, untuk menampung para turis domestik dan mancanegara yang ingin melihat langsung gerhana matahari total pada titik-titik terbaiknya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com