Sabtu, 05 Maret 2016

Bank BCA Akan Kenakan Tarif untuk Cek Saldo di ATM, Ketahui Alasan Nasabah Harus Bayar

Logo
Netizen dihebohkan dengan berita tentang rencana Bank Central Asia (BCA) yang akan menerapkan tarif atau biaya bagi para nasabah yang melakukan pengecekan saldo di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Kabar berasal dari keterangan Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, seperti yang Kru RRN baca di detik.com pada Kamis (3/3/2016). Rencana tersebut mendapat beragam respon dari nasabah BCA yang intinya menolak rencana baru tersebut. Mereka menganggap, cek saldo dan aktivitas menggunakan fasilitas ATM seharusnya tetap menjadi layanan gratis dari bank.

Nah, apa sih alasan BCA ingin memberlakukan peraturan tersebut, dan apakah cek saldo di ATM akan benar-benar dikenakan tarif?

Kru RRN jelaskan ya, saat ini pihak BCA sedang merencanakan langkah yang tepat untuk melakukan penghematan karena tingginya biaya operasional untuk satu mesin ATM. Salah satu alasan untuk memberlakukan tarif dalam pengecekan saldo di ATM dikarenakan ada kasus nasabah yang melakukan cek saldo di ATM secara berlebihan. Padahal di pihak BCA sendiri, BCA harus mengeluarkan biaya sebesar IDR 2.000-3.000 per pengecekan saldo oleh nasabah di ATM.

Solusi Cek Saldo Gratis

Nasabah harus tahu bahwa cek saldo yang bayar itu hanya diberlakukan di ATM, sedangkan untuk cek saldo di layanan BCA lain seperti Mobile Banking, SMS Banking dan Internet Banking akan tetap free alias gratis sepanjang waktu. Selain itu, Jahja menjelaskan bahwa cek saldo di ATM akan tetap gratis jika tidak melebihi batas kuota. Rencananya, kuota cek saldo gratis di ATM BCA akan diberikan sebanyak 7-10 kali per bulan.

Tarif Cek Saldo

Berapakah tarif cek saldo di ATM BCA? Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak BCA. Namun sebelum menentukan dan memberlakukan tarif, pihak BCA akan melakukan kajian, evaluasi dan sosialisasi ke nasabah terlebih dahulu. Kurang lebih, pemberlakuan tarif akan dilakukan sekitar 3-6 bulan kedepan, terhitung dari keterangan ini diberikan.

Bank Lain Kena Tarif Juga?

Selain BCA, belum ada kabar dari bank lain di Indonesia yang berencana untuk memberikan tarif untuk cek saldo di ATM.

BCA

Demikian penjelasan Kru RRN terkait isu rencana cek saldo di ATM BCA yang akan dikenakan tarif.

Sampai ada keputusan lebih lanjut oleh pihak terkait, dalam hal ini BCA, sejauh ini cek saldo atau aktivitas apapun yang menggunakan mesin ATM BCA (tarik tunai, transfer uang, pembayaran tagihan kartu kredit, dll) masih berlangsung dengan gratis.

Terkait tarif untuk tarik tunai di ATM yang diberitakan oleh beberapa media massa, dilansir dari kontan.co.id, Jahja menjelaskan bahwa BCA belum ada berencana untuk menerapkan hal tersebut, namun masih dikaji lebih dulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com