Selasa, 08 Maret 2016

Kapan Waktu Gerhana Matahari Total di Jakarta?

Gerhana Matahari Total

Jakarta - Mendekati detik-detik gerhana matahari total yang akan terjadi para Rabu, 9 Maret 2016, masyarakat semakin sibuk dalam mempersiapkan diri untuk menyaksikan fenomena alama super langka tersebut.

Sayangnya, masyarakat yang dapat menyaksikan gerhana matahari total hanya yang berada di belahan utara dan sebagian wilayah barat Indonesia saja sedangkan bagian timur, dan selatan seperti Jakarta hanya mendapat gerhana matahari sebagian.

Kemudian, bagi masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk ke lokasi strategis gerhana matahari total itu bisa menikmati fenomena alam tersebut? Tenang, anda bisa menyaksikannya di stasiun TV swasta yang menyiarkan kejadian tersebut secara langsung pada jam 6.30 WIB.

Baca juga: Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Maret 2016, Pertama di Indonesia pada Abad ke-21

Namun bagi warga Jakarta yang ingin tetap menyaksikan gernaha matahari walau hanya sebagian, dilansir dari kompas.com, waktu atau jam gerhana matahari sebagian (88,74 persen) terjadi mulai jam 6.19 WIB (bulan dan matahari mulai bersinggungan), jam 7.21 WIB (posisi gerhana total), dan 8.31 WIB (selesai).

Kota-kota di Indonesia yang akan dilintasi oleh fenomena gerhana matahari total antara lain Pagai Utara (Sumatera Barat), Palembang (Sumatera Selatan), Tanjung Pandang (Bangka Belitung), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantang Timur), Palu (Sulawesi Tengah), Ternate dan (Maluku Utara).

Selain itu, provinsi yang akan dilalui oleh gerhana yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

Beragam aksi yang akan dilakukan masyarakat dalam menyambut gerhana matahari ini, mulai dari berwisata ke Ternate agar bisa menyaksikan gerhana matahari total secara langsung, dan umat Islam akan menyelenggarakan shalat kusuf (gerhana matahari) untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Selain gerhana matahari total, tanggal 9 Maret 2016 merupakan tanggal merah (libur) sekaligus juga menjadi spesial bagi umat Hindu karena bertepatan Hari Raya Nyepi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com