Jumat, 15 April 2016

Masa Percobaan Penghapusan Sistem 3-in-1 Akan Diperpanjang

Jalan Gatot Subroto saat penghabusan 3 in 1

Jakarta - Masa percobaan penghapusan sistem 3-in-1 di Jakarta telah berakhir pada 13 April 2016 lalu. Setelah itu, pihak Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) lebih dulu mengevaluasi hasil dari program pemerintah kota terkait penghapusan sistem 3 in 1 secara permanen.

Three in One adalah sistem yang melarang kendaraan roda 4 (empat) untuk membawa satu atau dua penumpang pada daerah tertentu. Pada jalan yang diberlakukan sistem ini maka pengendara kendaraan roda empat diharuskan untuk membawa minimal 3 pemunpang dalam kendaraanya saat melintasi jalan-jalan protokol yang telah ditentukan. Waktu berlakunya sistem ini adalah mulai pagi hari (jam 7.00-10.00 WIB) dan sore hari (jam 16.30-19.00 WIB), kecuali Sabtu, Minggu dan libur nasional/tanggal merah.

Setelah rapat evaluasi yang dilakukan di Kantor Dishubtrans yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kepala Dinas Dishubtrans Andri Yansyah menjelaskan bahwa masa percobaan tersebut dinilai terlalu singkat untuk mengetahui pola transportasi masyarakat.

Baca juga: Masa Percobaan Penghapusan Sistem 3-in-1 Sedang Berlangsung

Andri menambahkan bahwa pihaknya tidak memiliki wewenang dalam memutuskan sistem 3-in-1 untuk dihapus secara permanen atau tetap mempertahankannya. Dikarenakan hal tersebut merupakan keputusan dari Gubernur.

Walaupun mendapat kritikan dari berbagai pihak karena penghapusan sistem 3 in 1 dinilai justru membuat lalu lintas di Jakarta —khususnya pada lokasi-lokasi yang tadinya diberlakukan sistem tersebut— semakin padat dan macet, pihak terkait memutuskan untuk memperpanjang masa percobaan penghapusan sistem 3-in-1 selama sebulan.

Sistem 3-in-1 adalah salah satu program Pemprov DKI Jakarta yang kala itu dipimpin oleh Gubernur Sutioso untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di Ibu Kota. Program ini diterapkan secara resmi setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 4104/2003 pada 23 Desember 2003.


SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com