Rabu, 18 Mei 2016

Belajar dari Uber, Kisah Inspiratif Tweet Bernilai Miliaran Dolar

UBER

Ini adalah tweet dari Travis Kalanick yang dikirimkan pada Januari 2010. Dibalas oleh Ryan Graves pada tiga menit kemudian. Tweet tersebut kemudian bernilai lebih dari satu miliar Dolar. Wow, bagaimana caranya? Yuk baca terus artikel ini sampai habis.

Januari 2010 adalah bulan ketika Travis melakukan tes dengan tiga mobil di New York, Amerika Serikat, untuk aplikasi mobile yang baru saja dibuat oleh dirinya dan temannya, Garret Camp.

Mereka memutuskan waktu yang tepat untuk menjalankan perusahaan dengan menggunakan aplikasi tersebut dan membutuhkan seorang General Manager untuk menjalankannya, kemudian Travis menggunakan Craigslist dan Twitter untuk mencari orang yang tepat.

Ryan membalas tweet dari Travis yang sedang mencari orang baru. Ia telah berpengalaman di General Electric, dan telah bekerja untuk Foursquare beberapa waktu tanpa bayaran setelah perusahaan tersebut memberhentikannya. Dirinya telah siap dengan kesempatan baru, dan mengambil kesempatan itu dengan tweet-nya.

Travis membalas balik, mereka bertemu, membuat kesepakatan, dan Ryan bergabung dengan Travis dan Garret pada 1 Maret sebagai pegawai pertama.

Perusahaan baru mereka dimulai, yang kemudian mereka bertiga mengundang seluruh teman untuk demo produk yang secara resmi diluncurkan di San Fransisco, Amerika Serikat, hanya tiga bulan setelahnya, tepatnya 21 Mei.

Lima tahun kemudian, tim yang dimulai dengan tweet itu telah membuat perusahaannya, Uber, menjadi sebuah perusahaan yang bernilai USD 60 miliar (mereka mengumumkan pendanaan lain sekitar USD 2 miliar pada Desember 2015).

Dengan nilai tersebut, Travis dan Ryan bernilai lebih dari USD 6 miliar, dan tweet dari Ryan (yang saat ini menjabat sebagai Uber's Head of Global Operations) mulai perjalanannya sebagai miliuner.

Bagaimana Anda menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn dan YouTube?

Sebagai media berisi konten? Sebagai media iklan? Atau, seperti Travis dan Ryan, sebagai jalan untuk menemukan sumber daya, relasi, dan kesempatan yang dibutuhkan ketika Anda membutuhkannya?

Tergantung dari cara menggunakannya, jejaring sosial bisa membuat Anda merasa jauh dari semua orang, atau selangkah lebih dekat dengan orang lain. Ia bisa menjatuhkan, atau menguatkan. Bisa juga menjadi penghabis waktu, atau penyingkat waktu.

Apa yang dibutuhkan, atau siapa yang dapat membantu Anda hari ini? Tinggal di-tweet! Namun tentu saja, tidak ada kepastian bahwa satu relasi atau satu tweet akan membuat Anda mendapatkan miliaran Dolar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com