Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Umum Masalah Teknis Pokemon GO

pogo

Pokemon GO adalah game mobile bergenre Augmented-Reality (AR) yang dikembangkan atas kerja sama Niantic Labs dan The Pokemon Company.

Pada game ini, pengguna dituntut untuk mencari, menangkap beragam jenis Pokemon yang tersebar pada lokasi real di dunia nyata sehingga gameplay-nya memaksa pemain untuk bergerak mencari PokeStops dan Pokemon.

Dikarenakan saya mendapat banyak pertanyaan dari pembaca tentang masalah yang mereka hadapi saat bermain Pokemon GO, maka saya putuskan untuk merangkum seluruh pertanyaan serta solusinya dalam satu artikel Frequently Asked Questions (FAQ) ini.

Kamu yang bermasalah dengan Pokemon GO, saya sarankan untuk membaca kumpulan FAQ ini terlebih dahulu. Barang kali, masalah kamu sama dengan gamer lainnya dan sudah ada jawabannya.

Berikut adalah detailnya.

Smartphone saya bisa untuk main Pokemon GO nggak sih?

Jika sudah memenuhi spesifikasi yang dianjurkan, semua smartphone bisa memainkan game ini. Minimal, untuk perangkat Android sudah Android 4.4 KitKat ke atas, sedangkan untuk perangkat iOS sudah iOS 8.0 ke atas.

Kok Pokemon GO nggak ada di Google Play?

Kemungkinannya, Hp kamu tidak support game ini. Salah satu solusinya, download file .APK Pokemon GO.

Saya mau download Pokemon GO dari sumber resmi setelah game ini rilis di Indonesia, di mana ya?

Kamu bisa mengunduhnya langsung dari Google Play atau App Store.

Di mana sih download file .APK Pokemon GO yang aman?

Kamu bisa download disini.

Saya tidak bisa install file .APK Pokemon GO di smartphone Android, kenapa ya?

Pastikan juga pengaturan smartphone kamu sudah benar. Kamu bisa lihat di menu Settings > Security > pastikan kamu centang Unknown Resource dan Verify Apps. Jika sudah dipastikan, coba install lagi.

Tablet atau iPad saya Wifi Only, bisa main Pokemon GO nggak?

Bisa, tapi akan sangat menyulitkan karena untuk memainkan game ini, kamu harus pindah-pindah lokasi. Jadi kalau mengandalkan Wifi saja akan berat. Saya sarankan kamu menggunakan perangkat mobile yang mendukung paket data sendiri, lebih bagus sudah 4G-LTE.

Saya pengguna Zenfone atau smartphone berprosesor Intel, apakah bisa main Pokemon GO?

Bisa. Saat rilis perdana, sebagian pengguna Zenfone atau smartphone Andoid berprosesor Intel memang tidak bisa memainkan Pokemon GO. Namun sejak update version 0.29.2, game ini sudah bisa dimainkan di perangkat tersebut.

Map saya kosong, saya tidak apapun di dalam game, kenapa ya?

Untuk menemukan Pokemon, PokeStops dan gym, pastikan koneksi internet kamu bagus. Koneksi internet yang buruk akan membuat proses pemuatan data-data di game tidak dapat berjalan lancar.

GPS signals not found, kenapa nih?

Ini adalah masalah misterius, saya sendiri belum menemukan solusinya. Hanya saja, sebagai solusi —siapa tahu bisa— aktifkan fitur Location di smartphone kamu dan pastikan  koneksi internet dalam kondisi bagus. Jangan pernah menggunakan aplikasi Fake GPS Location jenis apapun.

Gemana cara mendapatkan PokeBall?

Datangi PokeStops, nanti kamu bisa mendapatkan PokeBall, bahkan egg (telur Pokemon) dari sana. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sejumlah PokeBall jika sudah mencapai level tertentu. Semakin tinggi level kamu , maka semakin banyak dan bagus juga PokeBall yang didapatkan.

Bagaimana cara menetaskan egg yang telah didapatkan?

Gunakan inkubator ke egg, kemudian berjalan sesuai dengan jarak yang ditargetkan. Sebaiknya jalan kaki, atau naik sepeda dengan kecepatan pelan. Jangan terlalu cepat, karena nanti hitungan jaraknya hanya sedikit.

Berdasarkan informasi dari para trainer, bergerak teralu cepat seperti naik motor/mobil hitungan jaraknya hanya sedikit, padahal sudah jauh.

Bagaimana cara mendapatkan Pokemon dengan CP tinggi?

Kamu harus meningkatkan level, karena semakin tinggi level kamu maka Pokemon yang kamu temukan akan semakin tinggi CP-nya. Jika kamu menemukan Pokemon dengan CP tinggi, sedangkan level kamu jauh lebih rendah, maka akan sangat sulit untuk menangkapnya.

Menangkap Pokemon CP tinggi gagal terus, apa solusinya?

Agar lebih mudah, kamu harus memiliki level yang tinggi lebih dulu. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kamu tetap bisa mendapatkan Pokemon dengan CP tinggi ketika level kamu masih rendah.

Saya punya cerita, ada trainer berlevel rendah berhasil menemukan Pokemon dengan CP tinggi, setelah berusaha menangkap sampai PokeBall-nya habis, ia tetap tidak berhasil mendapatkannya.

Di mana lokasi yang banyak Pokemon-nya?

Biasanya titik Pokemon itu banyak terdapat itu di pemukiman padat penduduk, mall, tempat rekreasi, museum, dan tempat ibadah. Semakin padat dan terkenal suatu tempat, maka semakin banyak juga Pokemon-nya.

Di Jakarta, lokasi yang dipastikan banyak terdapat PokeStops, antara lain Central Park Mall, Gelora Bung Karno, Taman Mini Indonesia Indah, dan Monumen Nasional.

Kalau kamu berada di pedalaman alias sama sekali tidak ada PokeStops, saya sarankan agar menggunakan item bernama Lure Module untuk memancing Pokemon datang ke tempat kamu.

***

Itulah serangkaian pertanyaan yang sering ditanyakan oleh netizen Indonesia tentang Pokemon GO beserta jawabannya.

Apabila ada pertanyaan yang belum terjawab oleh artikel ini, silahkan berikan pertanyaan kamu pada kolom komentar. Saya akan coba menjawab sebisa mungkin. Jika kamu memiliki solusi untuk masalah yang dihadapi oleh trainer lain di Indonesia, yuk batu saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

10 komentar untuk "Solusi Umum Masalah Teknis Pokemon GO"

  1. Kenapa di asus zenfone 4 karakter pokemon go nya gak mau gerak ya?
    Tolong kasih solusinya...

    BalasHapus
  2. sama nih masalahnya asus zenfone 4 karakter gamau jalan di peta

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek koneksi, nyalakan fitur Location, dan pastikan tidak ada program ilegal yang berjalan :)

      Hapus
  3. Knpa klo mau masuk harus pake wifi tidak bisa pakai data sendiri padahal data jaringannya h+ hp saya asus Zenfone 5 tipe TOOF Mohon sarannya mastah

    BalasHapus
  4. Saya zenfone 2 karekter gerak ,,, tpi tidak pernah mndptkan pokemon meskipun pake lure dan incent

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah ini saya belum dapat solusinya, mohon maaf

      Hapus
  5. Min kenapa si punya saya gk mw masuk ke game

    BalasHapus
  6. Mau nax kenapa klo di lure pokemonx nda muncul sedangkan pokestop bisa di putar dan batle jg bisa. Smpai skrng sy dpt pokemon Dr telur yg nenetas saja. Android 4.4(kitkat) Sony e2115?

    BalasHapus
  7. Bang kok saat lure pokemonnya gak spawn knapa ya temen saya juga di ios 4s, tapi kalo Android mau aja muncul? Ada solusinya?

    BalasHapus
  8. Gan punya saya lvl 22 tapi dapet cpnya kecil sedangkan temen saya lvl 17 cpnya dapetnya gede gede gmn kalo menurut agan?

    BalasHapus