Sabtu, 08 April 2017

Begini Cara YouTube Atasi Ulah Reuploader


YouTube telah mengumumkan peraturan baru untuk melindungi kreator atau YouTubers dalam mencari uang melalui YouTube Partner Program (YPP) di situs berbagi video buatan Google itu. Seperti yang banyak diketahui bahwa saat ini banyak orang yang mencari penghidupan melalui YouTube, dan tidak sedikit yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan uang dari program yang disediakan.

YouTube Partner Program atau disingkat YPP adalah program kerjasama dari YouTube yang dimulai sejak tahun 2007 silam. Program ini dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mendapatkan uang dari YouTube melalui iklan yang diselipkan dalam video yang diunggah pengguna atau kreator. Pertumbuhan pengguna YPP ini sangatlah tinggi, namun sekarang timbul masalah yang besar dimana banyak pengguna yang melakukan upload ulang (reuploader) dari video-video populer yang dibuat oleh kreator.

Melalui blog-nya, YouTube memaparkan bahwa mulai sekarang (6 April 2017), hanya pengguna yang telah mencapai 10.000 lifetime view (total view dari seluruh video dalam satu channel) sajalah yang bisa mendapat keuntungan dari YouTube. Dengan persyaratan tersebut, pihak YouTube dapat menilai lebih baik tentang kelayakan suatu channel untuk diterima sebagai partner program YouTube. Selain itu, persyaratan ini dilakukan untuk melindungi pendapatan kreator dari pembajakan video yang dilakukan oleh reuploader.

Anda bisa melihat fakta di "lapangan" dimana dari channel yang berbeda, terdapat banyak video yang sama. Mirisnya, kadang ada reuploader yang jumlah view-nya lebih banyak dari kreator asli. Salah satu kasus, yakni Piko Taro dengan lagu Pen-Pineapple-Apple-Pen (PPAP). Video PPAP yang diunggah reuploader ternyata mendapat view lebih banyak dari view video pada channel aslinya. Dengan masalah seperti itu, maka Piko Taro tidak mendapatkan bonus yang seharusnya, sebab banyak reuploader yang memancing view dengan konten "curian".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com