Minggu, 20 September 2015

Kesegaran Es Legen di Terik Matahari dan Manfaat Buah Siwalan

Es legen dan buah siwalan

Ciputat Timur - Panas terik di siang hari membawa kru Radar Rempoa News untuk menepi sejenak untuk merasakan kesegaran salah satu minuman yang dijajakan di pinggir Jalan Ir. H. Juanda yaitu es legen.

Es legen adalah nira yang dikumpulkan dari hasil sadapan pohon siwalan. Apabila nira pohon aren bisa dibuat jadi gula merah atau gula aren yang manis atau dijadikan minuman segar yang dinamakan tuak, nira dari pohon lontar tidak bisa dijadikan gula karena aromanya yang agak apek tetapi manis, dan akan menjadi asam jika didiamkan beberapa hari.

Apabila kurang familier dengan sebutan siwalan, nama lain dari pohon atau buah ini adalah lontar. Jadi antara lontar dan siwalan itu adalah pohon dan buah yang sama.

Menurut pengakuan penjual es legen di kawasan Ciputat (depan Hotel Ciputat) ia mendapatkan nira tersebut secara 'impor' dari Tuban, Jawa Timur. Es legen yang ia jual tidak dicampur dengan air tambahan agar rasanya pekat. Ia menjelaskan bahwa apabila didiamkan lebih dari 3 hari, rasa es legen akan menjadi asam yang mana rasa asam itu yang menurutnya disukai kebanyakan orang Jawa.

Biasanya penjual es legen juga menjual buah lontar, bentuknya bulat hitam dengan isi setelah dikupas yang mirip dengan kolang kaling tetapi ukurannya lebih besar dan rasanya seperti kelapa muda. Bagian tengah buah lontar yang telah dikupas berisi air yang ketika digigit akan memberikan sensasi air muncrat di mulut.

Saat ini (19/9), sebotol es legen dijual seharga IDR 5.000 sedangkan buah lontar yang telah dikupas dihargai IDR 10.000 per bungkus.

Khasiat buah:
  • Obat sakit lever, kulit dan dermatitis
  • Nira yang telah difermentasi (legen) mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal,  menyembuhkan impotensi dan menambah jumlah sperma
  • Akar pohon sebagai obat cacing dan pelancar keluarnya air seni, air rebusan akar juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gangguan pernafasan
  • Rebusan kulit batang yang ditambah garam berfungsi sebagai pembersih mulut
  • Arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com