Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

15 Atlet Panco Top Dunia yang Wajib Kamu Ketahui 2023

Panco atau gulat tangan (arm wrestling) adalah salah satu olahraga adu kuat yang populer di dunia, namun kurang begitu trending di Indonesia jika dibandingkan sepak bola dan bulu tangkis (badminton).

Meski kurang populer, panco merupakan olahraga yang memiliki penggemarnya sendiri di Indonesia dan beberapa komunitas pun dibentuk untuk mengumpulkan para penggemar olahraga yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tangan ini.

Pada pembahasan ini, saya akan mengulas dan memberitahukan beberapa atlet panco top dunia, beberapa terbaik di zamannya dan sudah pensiun, untuk dijadikan role model sekaligus menginspirasi penggemar panco agar lebih giat dalam menggeluti hobinya.

Ayo kita bahas mereka satu per satu!

Irina Gladkaya


irina gladkaya armwrestler

Di balik parasnya yang sangat cantik nan manis, ternyata wanita kelahiran Moskow, Rusia, pada 4 November ini merupakan juara dunia panco wanita sebanyak 13 kali. Punya julukan Black Diamond, dirinya memulai karir panconya sejak usia muda, pada saat berusia 15 tahun. Pada tahun 2011, pada ajang World Armwrestling Championship, Gladkaya pernah bertanding melawan Sarah Backman.

Devon Larrat


Devon Larrat

Lahir pada 24 April 1975, pria kelahiran Ottawa, Kanada, ini adalah salah satu atlet panco terbaik dunia. Ia berhasil menjuarai berbagai kompetisi panco di masa lalu termasuk menjadi 2 kali juara pada ajang World Armwrestling League (WAL) kategori Heavyweight.

John Brzenk


John Berzenk

Pria kelahiran Amerika, 15 Juli 1964 adalah atlet panco profesional yang namanya tertulis di buku rekor dunia Guiness sebagai "Greatest Arm Wrestler of All Time". Ia juga disebut-sebut sebagai atlet panco nomor 1 dunia pada zamannya.

Levan Saginashvili


Levan Saginashvili

Pria tinggi besar kelahiran tahun 15 September 1988 yang dikenal dengan julukan Georgian Hulk ini adalah arm wrestler profesional asal Georgia. Kekuatannya yang begitu besar memang sudah tidak diragukan lagi, Levan sendiri memiliki tinggi 193 cm dan bobot 170 kg.

Denis Cyplenkov


Denis Cyplenkov

Pria kelahiran 10 Maret 1982 di Krivoy Rog, Ukraina, ini adalah "monster" di dunia panco dunia. Atlet panco ini memiliki ukuran lengan yang super besar dan jari-jari tangan yang lebih besar dari ukuran manusia pada umumnya. Atas kerja kerasnya, Denis berhasil menjadi juara panco Ukraian dan kejuaraan panco Eropa.

Pada tahun 2019, Denis sempat bertanding dengan Devon Larrat dalam acara bertajuk Arm Wrestling Vendetta ke-50. Secara mengejutkan, Devon yang terlihat sangat percaya diri malah tidak mampu memberikan perlawanan berarti.

Travis Bagent


Travis Bagent

Personanya ketika bertanding sangatlah liar. Pantaslah kalau dirinya punya julukan The Beast. Atlet panco yang satu ini adalah rival dari Devon Larrat. Prestasinya, antara lain WAL 2014 2nd Place Right-hand and Left-hand Champion, WAL 2015 Southern Region 2nd Place Right-hand, 1st Place Left-hand, dan WAL 2015 Championships Left-hand Champion.

Michael Todd


Michael Todd

Atlet panco profesional asal Amerika Serikat ini punya prestasi yang gemilang. Dirinya juga pernah mengalahkan Devon Larrat dalam sebuah pertandingan resmi yang mana kemenangannya itu cukup kontroversial. Namun, ketika diadu dengan Denis Cyplenkov, ternyata power-nya memang sangat kuat sehingga bisa memberikan perlawanan yang sengit. Gerakan andalannya adalah King's Move.

Oleg Zhokh


Oleg

Pria kelahiran Ukraina, 13 Oktober 1992 ini memiliki tangan kiri yang super kuat dan lebih besar dari tangan kanannya, oleh karena itu ia fokus pada kejuaraan panco dunia kategori tangan kiri.

Oleg pernah menjuarai kompetisi dunia maupun nasional. Prestasinya antara lain dua kali menang medali emas di kejuaraan dunia, dua kali juara Eropa, dan dua kali juara NEMIROFF World Cup. Bahkan ia dijuluki juawara olahraga di negaranya.

Sayangnya, pada bulan November 2019, dirinya mengalami kecelakaan mobil bersama ayahnya dan seorang atlet panco profesional lain, yaitu Andriy Pushkar. Dirinya selamat dan dirawat secara intensif di rumah sakit setempat, tapi ayah dan Andriy tewas di tempat kejadian.

Alexey Voyevoda


Alexey Voyevoda

Pria kelahiran 9 Mei 1980 adalah juara panco Rusia di zamannya. Dalam olahraga panco, Voyevoda telah memenangkan berbagai kejuaraan nasional maupun dunia. Saat masih aktif di dunia panco, pria yang juga seorang bobsledder, atlet olahraga Bobsleigh, ini pernah mengalahkan John Brzenk dalam sebuah kompetisi.

Ia pernah dikalahkan oleh Travis Bagent pada kejuaraan World Armwrestling Federation (WAF) 2003 dan kehilangan gelar juara dunianya. Namun setahun kemudian, ia berhasil menjuarai Zloty Tour 2004 setelah mengalahkan Bagent, Matt Girdner, Alexey Semerenko, dan Brzenk. Kemenangannya terhadap Brzenk sampai diangkat ke dalam sebuah film dukumenter berjudul "Pulling John".

Pada 2004, Voyevoda berhasil merebut gelar juara WAF kategori tangan kanan dan kiri, sekaligus memenangkan kejuaraan Eropa pada tahun yang sama. Sayangnya, pada 2007 atlet berprestasi ini memutuskan untuk resign dari dunia panco untuk fokus ke latihan Bobsleigh.

Dave Chaffee


Dave Chaffee

Dalam pertandingan arm wrestling, Dave Chaffee memiliki gaya bermain yang kuat dan agresif. Pria kelahiran 9 Mei 1966 di Olean, New York, Amerika Serikat ini dianggap sebagai salah satu legenda panco dunia. Chaffee telah mengukir reputasi yang mengesankan di komunitas gulat lengan. Dia telah memenangkan beberapa kejuaraan dunia dan kompetisi internasional, termasuk Kejuaraan Dunia Arm Wrestling WAL.

Allen Fisher


allen fisher

Jawara arm wrestling ini terkenal dengan kekuatan, keterampilan, dan prestasinya dalam olahraga panco. Fisher telah memenangkan banyak kompetisi arm wrestling pada tingkat nasional dan internasional, termasuk beberapa gelar juara dunia.

Memulai karir panco sejak 1979, Fisher memiliki fisik yang kuat dan lengan yang besar, serta menggunakan teknik maupun strategi yang cerdik dalam setiap pertandingan. Selain menjadi juara, pria kelahiran Los Angeles ini juga memberikan motivasi kepada orang lain untuk mencapai potensi terbaik.

Allen Fisher dihormati di kalangan sesama atlet hingga penggemar arm wrestling di seluruh dunia karena dedikasinya yang tinggi dalam olahraga ini.

Aleksandr Beziazykov


Schoolboy Aleksandr Beziazykov

Lebih dikenal dengan sebutan "Schoolboy", Aleksandr Beziazykov merupakan seorang atlet panco muda yang berasal dari Rusia. Lahir pada bulan Juli 2000, atlet muda ini telah mencatat prestasi yang signifikan pada usianya dan sudah menciptakan kegemparan di industri panco dunia. Salah satu teknik ikonik Schoolboy adalah "reverse top roll".

Puncak kesuksesan adik dari Alex Toproll ini terjadi ketika ia mendapatkan pengakuan melalui platform media sosial. Video-video pertandingannya menampilkan kekuatan kekuatan yang luar biasa mendapatkan perhatian yang sangat tinggi, yang dengan cepat membentuk reputasinya sebagai bintang muda dalam komunitas arm wrestling.

Etienne Waite


Etienne Waite

Etienne Waite, yang dikenal sebagai "E.T." atau sebagian menyebutnya "The Biker", adalah seorang arm wrestler terkenal dengan banyak pengikut di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube.

Dia dikenal sebagai "Arm Wrestling Whisperer" karena gaya panconya yang unik. Dalam video-video yang diunggahnya, E.T. memberikan kata-kata semangat kepada lawannya sambil menggulingkannya ke matras.

Akun Instagram-nya @armwrestlingwhisperer juga mendapatkan banyak penonton, terutama dari orang-orang yang mencari konten arm wrestling yang menarik.

Sarah Backman


Sarah Backman

Berparas cantik dan memiliki bentuk tubuh idaman para pria, Sarah Backman adalah mantan delapan kali juara dunia panco, delapan kali juara panco Eropa dan 11 kali juara nasional di Swedia. Wanita kelahiran Swedia, 8 Desember 1991 telah memulai karir panco pada usia 14. Sarah pensiun dari dunia panco pada Mei 2013 untuk mengejar karir di dunia gulat dengan bergabung ke World Wrestling Entertainment (WWE) cabang NXT.

James Anes


James Anes

Pria bernama lengkap James Harrison Annes ini adalah juara panco Indonesia. Memiliki tubuh dan lengan yang besar, ternyata diungkapkan bahwa James Anes adalah Mr. Algojo di acara televisi Gelar Panco Indosiar pada tahun 2003 silam. Selama acara tersebut metayang hingga berakhir, belum ada peserta yang mampu mengalahkan ketangguhannya sebagai eksekutor panco.

Kiprahnya di dunia panco membaca Anes melanglang buana ke kancah internasional antara lain peringkat 12 Asia Pasifik di Uzbekistan tahun 2005, peringkat 16 dunia di Jepang tahun 2005, Peringkat 5 dunia di Amerika tahun 2010, Juara 2 dunia Kejuaraan Internasional tahun 2013 dan 2014, bahkan ia juga pernah merai medali emas di Super Match Kuala Lumpur pada tahun 2013.

Honorable Mention


Ini nih, salah satu atlet panco Indonesia yang perlu juga untuk diketahui kiprahnya, yaitu Panji Law. Sebagai atlet, Panji juga aktif membagikan aktivitas panconya di channel YouTube @Fitdaddie miliknya yang telah diikuti lebih dari 60 ribu subscribers. Selain itu, dirinya juga ikut berbagi tips fitness untuk membuat badan menjadi bagus.

panji law youtuber

***

Oke, itulah jajaran atlet panco profesional terbaik di dunia yang perlu diketahui oleh para penggiat arm wrestrilng tanah air versi saya sebagai bahan inspirasi.

Jika ada rekomendasi atlet panco kelas dunia atau nasional yang menurut kamu pantas untuk masuk daftar ini, silakan berikan pendapat di kolom komentar, ya!

14 komentar untuk "15 Atlet Panco Top Dunia yang Wajib Kamu Ketahui 2023"

  1. saya sangat termotivasi dengan ajang ini trima kasih para panco dunia atas prestasinya

    BalasHapus
  2. devon larrat no 1 dunia untuk saat ini

    BalasHapus
  3. LAWAN DENIS PASTI KALAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sekarang katanya denis udah melemah, efek pakai roids

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Coba tonton film Pulling John, Bisa download di Youtube. Sangat Menginspirasi bagi penggemar olahraga Arm Westler!!!

    BalasHapus
  6. If you are interested in blogs visit the blog hotmail.com here:
    hotmail.com
    hotmail login

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Liat ajah size nya beda jauh coba denis dapat size yg sm psti blum tentu menang

      Hapus
  9. Denis pernah di kalahkan arsen liLiev , Dave cafe yang size nya Seimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu masih muda, dia juga pernah kalah mudah sama john brzenk kan

      Hapus