Kamis, 07 Januari 2016

7 Arm Wrestler yang Wajib Diketahui Penggemar Panco

Panco atau gulat tangan (arm wrestling) adalah salah satu olahraga adu kuat yang populer di dunia, namun kurang begitu trending di Indonesia jika dibandingkan sepak bola dan bulu tangkis (badminton).

Meski kurang populer, panco merupakan olahraga yang memiliki penggemarnya sendiri di Indonesia dan beberapa komunitas pun dibentuk untuk mengumpulkan para penggemar olahraga yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tangan ini.

Pada artikel ini, Kru RRN akan mengulas dan memberitahukan beberapa atlet panco top dunia untuk dijadikan role model sekaligus menginspirasi penggemar panco agar lebih giat dalam menggeluti hobinya.

John Brzenk

John Brzenk

Pria kelahiran Amerika, 15 Juli 1964 adalah atlet panco profesional yang namanya tertulis di buku rekor dunia Guiness sebagai "Greatest Arm Wrestler of All Time". Ia juga disebut-sebut sebagai atlet panco nomor 1 dunia pada zamannya.

Alexey Voyevoda

Alexey Voyevoda

Pria kelahiran 9 Mei 1980 adalah juara panco Rusia di zamannya. Dalam olahraga panco, Voyevoda telah memenangkan berbagai kejuaraan nasional maupun dunia. Saat masih aktif di dunia panco, pria yang juga seorang bobsledder, atlet olahraga Bobsleigh, ini pernah mengalahkan John Brzenk dalam sebuah kompetisi.

Ia pernah dikalahkan oleh Travis Bagent pada kejuaraan World Armwrestling Federation (WAF) 2003 dan kehilangan gelar juara dunianya. Namun setahun kemudian, ia berhasil menjuarai Zloty Tour 2004 setelah mengalahkan Bagent, Matt Girdner, Alexey Semerenko, dan Brzenk. Kemenangannya terhadap Brzenk sampai diangkat ke dalam sebuah film dukumenter berjudul "Pulling John".

Pada 2004, Voyevoda berhasil merebut gelar juara WAF kategori tangan kanan dan kiri, sekaligus memenangkan kejuaraan Eropa pada tahun yang sama. Sayangnya, pada 2007 atlet berprestasi ini memutuskan untuk resign dari dunia panco untuk fokus ke latihan Bobsleigh.

Devon Larrat

Devon Larrat

Lahir pada 24 April 1975, pria kelahiran Ottawa, Kanada, ini adalah salah satu atlet panco terbaik dunia. Ia berhasil menjuarai berbagai kompetisi panco di masa lalu termasuk menjadi 2 kali juara pada ajang World Armwrestling League (WAL) kategori Heavyweight.

Denis Cyplenkov

Denis Cyplenkov

Pria kelahiran 10 Maret 1982 di Krivoy Rog, Ukraina, ini adalah 'monster' di dunia panco dunia. Atlet panco ini memiliki ukuran lengan yang super besar dan jari-jari tangan yang lebih besar dari ukuran manusia pada umumnya. Atas kerja kerasnya, Denis berhasil menjadi juara panco Ukraian dan kejuaraan panco Eropa.

Oleg Zhokh

Oleg Zhokh

Pria kelahiran Ukraina, 13 Oktober 1992 ini memiliki tangan kiri yang super kuat dan lebih besar dari tangan kanannya, oleh karena itu ia fokus pada kejuaraan panco dunia kategori tangan kiri. Oleg pernah menjuarai kompetisi dunia maupun nasional. Prestasinya antara lain dua kali menang medali emas di kejuaraan dunia, dua kali juara Eropa, dan dua kali juara NEMIROFF World Cup. Bahkan ia dijuluki juawara olahraga di negaranya.

Sarah Backman

Sarah Backman

Berparas cantik dan memiliki bentuk tubuh idaman para pria, Sarah Backman adalah mantan delapan kali juara dunia panco, delapan kali juara panco Eropa dan 11 kali juara nasional di Swedia. Wanita kelahiran Swedia, 8 Desember 1991 telah memulai karir panco pada usia 14. Sarah pensiun dari dunia panco pada Mei 2013 untuk mengejar karir di dunia gulat dengan bergabung ke World Wrestling Entertainment (WWE) cabang NXT.

James Anes

James Anes

Pria bernama lengkap James Harrison Annes ini adalah juara panco Indonesia. Memiliki tubuh dan lengan yang besar, ternyata diungkapkan bahwa James Anes adalah Mr. Algojo di acara televisi Gelar Panco Indosiar pada tahun 2003 silam. Selama acara tersebut metayang hingga berakhir, belum ada peserta yang mampu mengalahkan ketangguhannya sebagai eksekutor panco.

Kiprahnya di dunia panco membaca Anes melanglang buana ke kancah internasional antara lain peringkat 12 Asia Pasifik di Uzbekistan tahun 2005, peringkat 16 dunia di Jepang tahun 2005, Peringkat 5 dunia di Amerika tahun 2010, Juara 2 dunia Kejuaraan Internasional tahun 2013 dan 2014, bahkan ia juga pernah merai medali emas di Super Match Kuala Lumpur pada tahun 2013.

1 komentar:

  1. saya sangat termotivasi dengan ajang ini trima kasih para panco dunia atas prestasinya

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com