Jumat, 01 Januari 2016

Akira Toriyama Meninggal Tahun 2015 Adalah Hoax

Akira Toriyama

Pada akhir 2015, diberitakan oleh beberapa media Indonesia bahwa komikus Dragon Ball dan mangaka dari Dr. Slump Arale tersebut telah tutup usia pada 28 Desember 2015di usia 60 tahun.

Kru RRN mencari kebenaran dari berita tersebut, karena sebelumnya gosip tentang meninggalnya pria kelahiran 5 April 1955 itu telah beredar sejak beberapa tahun yang lalu. Selain itu, tidak ada berita dari situs-situs anime dan otaku luar negeri yang membahas tentang kematian tersebut.

Seharusnya, jika berita tentang kematian Akira Toriyama itu benar, maka beritanya akan sangat heboh karena pecipta karaketr Son Goku dan Arale Norimaki ini merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di industri perkomikan dan anime Jepang.

Baca juga: Inilah Alasan Dragon Ball Berhenti Tayang di Global TV 

Di suatu forum luar negeri, ada pembahasan yang berisi gosip bahwa Akira Toriyama meninggal pada tahun 1998, kemudian berita kematiannya muncul kembali pada 2012 dan lalu beredar lagi rumor Akira Toriyana meninggal akibat serangan jantung pada tahun 2014.

Berdasarkan pengamatan Kru RRN, media Indonesia yang pertama kali memberitakan kematian Akira Toriyama itu adalah Ngonoo.com, kemudian dikutip oleh Okezone.com.

Berdasarkan analisa dan pengamatan dari berbagai sumber, Kru RRN menyimpulkan bahwa berita tentang kematian Akira Toriyama pada 28 Desember 2015 adalah bohong alias Hoax.

Menurut Luthfi S. Atmojo, penyiar Zora Radio 90.1 FM Bandung, "Sekarang yang gwa liat, semua orang seperti berlomba-lomba untuk jadi yang pertama, tetapi ga dibarengi sama fakta. Yang penting berita naik dulu. bener atau nggak nya belakangan."

Menanggapi kinerja redaksi dari media yang memasukkan berita tentang meninggalnya Akira Toriyama pada akhir 2015 lalu, Direktur Utama KAORI Nusantara, Kevin W. berpendapat, "Sudah nggak karu-karuan itu. Saya juga bingung kontrol di redaksinya bagaimana, sampai berita seperti itu bisa lolos."

1 komentar:

  1. Rohmad Maulidi11 Januari 2016 05.27

    wah parah, mana ane percaya lagi. thx pencerahannya, bro.

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com