Kamis, 03 Maret 2016

Persyaratan & Cara Perpanjang STNK Motor Mudah Tanpa Calo

STNK

Banten - Melalui artikel ini Kru RRN ingin berbagi pengalaman ketika memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bermotor setiap 5 tahun sekali di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Tidak perlu calo kok, karena persyaratan dan cara untuk memperpanjang STNK motor dan mobil di Samsat itu mudah banget. Jadi bisa diselesaikan sendiri tanpa bantuan calo. Apabila menemui kesulitan dalam prosesnya, anda bisa tanyakan kepada petugas untuk mendapat bimbingan.

Nah, berikut adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk perpanjang STNK motor, sama juga sih untuk memperpanjang mobil, hanya saja biaya/pajak yang dikenakan untuk memperpanjang STNK mobil jauh lebih mahal.

Siapkan Dokumen

Dokumen yang dibutuhkan untuk dibawa ke Samsat yaitu fotokopi KTP, fotokopi STNK, fotokopi BPKB (surat keterangan dari leising jika kendaraan masih berstatus masih kredit) dan dokumen aslinya.

Di Samsat

  1. Minta formulir perpanjang STNK di Loket Formulir, tidak dipungut biaya alias gratis.
  2. Isi formulir yang diberikan oleh staf. Jika formulir sudah diisi lengkap, serahkan formulir tersebut, fotokopi dokumen yang telah dipersiapkan dan dokumen aslinya (BPKB asli dipegang saja) ke Loket Perpanjangan dan Pengesahan untuk diperiksa.
  3. Tunggu sampai dipanggil, nanti staf pengesahan akan meminta anda untuk menunjukkan BPKB. Jika sudah oke, ia akan meminta anda pergi ke Loket Pembayaran dan Penyerahan/Kasir, untuk menunggu panggilan. Jika sudah dipanggil, anda akan diberikan notice pajak STNK. Bayar (tunai) sesuai tarif, jika sudah lunas maka bukti registrasi akan diberikan kepada anda.
  4. Langkah terakhir adalah pergi ke Loket Penyerahan STNK. Tunggu dipanggil lagi. Jika sudah dipanggil, serahkan bukti registrasi ke staf loket untuk mengambil STNK baru yang sudah diperpanjang.
  5. Selesai. Mudah, bukan?!

***

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk proses perpanjang STNK. Tidak perlu menggunakan jasa calo, lebih mudah dan aman. Jika ingin cepat, sebaiknya anda datang pagi sekitar jam 8.00 WIB, kalau sudah jam 9.00 WIB ke atas, Samsat sudah ramai.

Sebagai catatan, Samsat belum menyediakan alternatif pembayaran menggunakan debet Bank lokal, kartu kredit, atau uang elektronik sehingga anda harus menyediakan uang tunai untuk pelunasan pembayaran pajak kendaraan.

Khusus untuk yang sudah tidak dalam status kredit atau memiliki BPKB asli kendaraan bermotor yang ingin diperpanjang STNK-nya, sebagai alternatif, anda bisa perpanjang STNK langsung di Bank BJB terdekat. Tidak perlu lagi datang ke Samsat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com