Kamis, 28 April 2016

K.H. Ali Mustafa Ya'kub Telah Meninggal Dunia, Semoga Amal Ibadah Beliau Diterima di Sisi Allah SWT

K.H. Ali Mustafa Ya'qub,
Foto Republika.co.id oleh Damanhuri Zuhri

Banten - Umat Islam di Indonesia nampaknya akan berduka jika mengetahui kabar bahwa mantan imam besar Masjid Istiqlal sekaligus ulama dengan pemikiran terbuka ini telah meninggal dunia.

[Republika.co.id]
Kabar duka kembali menerpa umat Islam Tanah Air. Mantan imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya'qub meninggal dunia pagi ini, Kamis (28/4/2016).

Pengasuh Pesantren Darussunnah, Ciputat, Tangerang Selatan ini wafat pada pukul 06.00, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

[Liputan6.com]
Pengasuh Pesantren Ilmu Hadits Darus Sunnah Ciputat, Tangerang Selatan ini lahir di Batang, Jawa Tengah, 2 Maret 1952. Sejak muda, Mustafa menekuni ilmu Islam hingga ke Arab Saudi.

Pada 1976, dia menuntut ilmu di Fakultas Syariah Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi. Dia lulus pada 1980. Masih di kota yang sama, ia melanjutkan pendidikan di Universitas King Saud, Jurusan Tafsir dan Hadis, sampai tamat dengan memperoleh ijazah master pada 1985.

Sementara, pada 1989, dia mendirikan Pesantren Darus-Salam di desa kelahiran bersama keluarganya.

[Kompas.com]
Selama hidupnya, Ali Mustafa Yaqub dikenal sebagai salah satu tokoh Islam moderat yang rajin menyampaikan pesan damai.

Imam Besar Masjid Istiqlal sejak Desember 2005 hingga Januari 2016 ini juga menjadi tuan rumah yang menerima Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, saat berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 10 November 2010.

Abu Hurairah menjelaskan, saat ini jenazah akan dibawa ke rumah duka di kediamannya, di Jalan SD Inpres Nomor 11, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com