Jumat, 15 Juli 2016

Solusi dari Semua Masalah Teknis Pokemon GO yang Harus Diketahui oleh Trainer Pemula

Pokemon GO

Pokemon GO adalah game mobile (Android/iOS) bergenre augmented-reality yang dikembangkan atas kerja sama Niantic Labs dan The Pokemon Company. Pada game ini, pengguna dituntut untuk mencari, menangkap beragam jenis Pokemon yang tersebar pada lokasi real di dunia nyata sehingga gameplay-nya memaksa pemain untuk bergerak mencari PokeStops dan Pokemon.

Dikarenakan saya mendapat banyak pertanyaan dari pembaca tentang masalah yang mereka hadapi saat bermain Pokemon GO, maka saya putuskan untuk merangkum seluruh pertanyaan serta solusinya dalam satu artikel Frequently Asked Questions (FAQ) ini sehingga Anda yang bermasalah dengan Pokemon GO, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Barang kali, masalah Anda sama dengan gamer lainnya dan sudah ada jawabannya.

Berikut adalah detailnya.

Smartphone saya bisa untuk main Pokemon GO nggak sih?

Jika sudah memenuhi spesifikasi yang dianjurkan, semua smartphone bisa memainkan game ini. Minimal, untuk perangkat Android sudah Android 4.4 KitKat ke atas, sedangkan untuk perangkat iOS sudah iOS 8.0 ke atas.

Kok Pokemon GO nggak ada di App Store dan Google Play?

Saat ini, Pokemon GO masih dalam tahap soft-launching di tiga negara, yaitu: New Zealand, America dan Australia. Peluncuran resmi di negara-negara lain akan segera menyusul. Update: Pokemon Go sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Saya mau download Pokemon GO dari sumber resmi setelah game ini rilis di Indonesia, di mana ya?

Anda bisa mengunduhnya langsung dari App Store dan Google Play.

Di mana sih download file .APK Pokemon GO yang aman?

Anda bisa download di sini.

Saya tidak bisa install file .APK Pokemon GO di smartphone Android, kenapa ya?

Pastikan juga pengaturan smartphone Anda sudah benar. Anda bisa lihat di menu Settings > Security > pastikan Anda centang Unknown Resource dan Verify Apps. Jika sudah dipastikan, coba install lagi.

Bagaimana cara main Pokemon GO di iPhone/iPad?

Dikarenakan game ini belum rilis secara resmi di App Store Indonesia. Anda bisa menggunakan cara ini, yaitu: 1.) buat akun App Store baru dengan region New Zealand/Australia/Amerika, 2.) login dengan akun baru itu, 3.) download Pokemon GO, 4.) jika download sudah selesai, kemudian sign-out, 5.) login menggunakan akun App Store region Indonesia, 6.) selesai, sekarang Anda bisa main

Tablet atau iPad saya Wifi Only, bisa main Pokemon GO nggak?

Bisa, tapi akan sangat menyulitkan karena untuk memainkan game ini, Anda harus pindah-pindah lokasi. Jadi kalau mengandalkan Wifi saja akan berat. Saya sarankan Anda menggunakan perangkat mobile yang mendukung paket data sendiri, lebih bagus sudah 4G-LTE.

Saya pengguna Zenfone/smartphone berprosesor Intel, apakah bisa main Pokemon GO?

Bisa. Saat rilis perdana, sebagian pengguna Zenfone/smartphone Andoid berprosesor Intel memang tidak bisa memainkan Pokemon GO. Namun sejak update version 0.29.2, game ini sudah bisa dimainkan di perangkat tersebut.

Map saya kosong, saya tidak apapun di dalam game, kenapa ya?

Untuk menemukan Pokemon, PokeStops dan gym, pastikan koneksi internet Anda bagus. Koneksi internet yang buruk akan membuat proses pemuatan data-data di game tidak dapat berjalan lancar.

GPS signals not found, kenapa nih?

Ini adalah masalah misterius, saya sendiri belum menemukan solusinya. Hanya saja, sebagai solusi —siapa tahu bisa— aktifkan fitur Location di smartphone Anda dan pastikan  koneksi internet dalam kondisi bagus. Jangan pernah menggunakan aplikasi Fake GPS Location jenis apapun.

Gemana cara mendapatkan PokeBall?

Datangi PokeStops, nanti Anda bisa mendapatkan PokeBall, bahkan egg (telur Pokemon) dari sana. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sejumlah PokeBall jika sudah mencapai level tertentu. Semakin tinggi level Anda, maka semakin banyak dan bagus juga PokeBall yang didapatkan.

Bagaimana cara menetaskan egg yang telah didapatkan?

Gunakan inkubator ke egg, kemudian berjalan sesuai dengan jarak yang ditargetkan. Sebaiknya jalan kaki, atau naik sepeda dengan kecepatan pelan. Jangan terlalu cepat, karena nanti hitungan jaraknya hanya sedikit. Berdasarkan informasi dari para trainer, bergerak teralu cepat seperti naik motor/mobil hitungan jaraknya hanya sedikit, padahal sudah jauh.

Bagaimana cara mendapatkan Pokemon dengan CP tinggi?

Anda harus meningkatkan level, karena semakin tinggi level Anda maka Pokemon yang Anda temukan akan semakin tinggi CP-nya. Jika Anda menemukan Pokemon dengan CP tinggi, sedangkan level Anda jauh lebih rendah, maka akan sangat sulit untuk menangkapnya.

Menangkap Pokemon CP tinggi gagal terus, apa solusinya?

Agar lebih mudah, Anda harus memiliki level yang tinggi lebih dulu. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Anda tetap bisa mendapatkan Pokemon dengan CP tinggi ketika level Anda masih rendah. Saya punya cerita, ada trainer berlevel rendah berhasil menemukan Pokemon dengan CP tinggi, setelah berusaha menangkap sampai PokeBall-nya habis, ia tetap tidak berhasil mendapatkannya.

Di mana lokasi yang banyak Pokemon-nya?

Biasanya titik Pokemon itu banyak terdapat itu di pemukiman padat penduduk, mall, tempat rekreasi, museum, dan tempat ibadah. Semakin padat dan terkenal suatu tempat, maka semakin banyak juga Pokemon-nya. Di Jakarta, lokasi yang dipastikan banyak terdapat PokeStops, antara lain Central Park Mall, Gelora Bung Karno, Taman Mini Indonesia Indah, dan Monumen Nasional. Kalau Anda berada di pedalaman alias sama sekali tidak ada PokeStops, saya sarankan agar menggunakan item bernama Lure Module untuk memancing Pokemon datang ke tempat Anda.

***

Itulah serangkaian pertanyaan yang sering ditanyakan oleh netizen Indonesia tentang Pokemon GO beserta jawabannya.

Apabila ada pertanyaan yang belum terjawab oleh artikel ini, silahkan berikan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Saya akan coba menjawab sebisa mungkin. Jika Anda memiliki solusi untuk masalah yang dihadapi oleh trainer lain di Indonesia, yuk batu saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Saya akan memperbarui artikel ini secepatnya apabila telah mendapatkan solusi dari beragam pertanyaan Anda tentang Pokemon GO.

Share artikel ini ke teman-teman Anda ya!

9 komentar:

  1. Kenapa di asus zenfone 4 karakter pokemon go nya gak mau gerak ya?
    Tolong kasih solusinya...

    BalasHapus
  2. sama nih masalahnya asus zenfone 4 karakter gamau jalan di peta

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek koneksi, nyalakan fitur Location, dan pastikan tidak ada program ilegal yang berjalan :)

      Hapus
  3. Knpa klo mau masuk harus pake wifi tidak bisa pakai data sendiri padahal data jaringannya h+ hp saya asus Zenfone 5 tipe TOOF Mohon sarannya mastah

    BalasHapus
  4. Saya zenfone 2 karekter gerak ,,, tpi tidak pernah mndptkan pokemon meskipun pake lure dan incent

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah ini saya belum dapat solusinya, mohon maaf

      Hapus
  5. Min kenapa si punya saya gk mw masuk ke game

    BalasHapus
  6. Mau nax kenapa klo di lure pokemonx nda muncul sedangkan pokestop bisa di putar dan batle jg bisa. Smpai skrng sy dpt pokemon Dr telur yg nenetas saja. Android 4.4(kitkat) Sony e2115?

    BalasHapus
  7. Bang kok saat lure pokemonnya gak spawn knapa ya temen saya juga di ios 4s, tapi kalo Android mau aja muncul? Ada solusinya?

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com