Sabtu, 30 Juli 2016

Yukitora Keiji: Cosplayer Cantik Asal Ciputat Tangsel yang Prestasinya Sampai ke Jepang

Wanna fight?

Apakah Anda sudah tahu bahwa Kecamatan Ciputat memiliki cosplayer berbakat dan berprestasi? Namanya adalah Alexandria Maria Putri Nony Lovyta atau lebih akrab disapa dengan nama panggung Yukitora Keiji.

Selain menggeluti cosplay, gadis kelahiran Bekasi, 12 Agustus ini juga memiliki banyak bakap dalam dirinya. Bisa dibilang, Yuki adalah seorang artis multi-talenta. Ada banyak kostum yang telah ia buat, namun yang paling ikonis adalah kostum Maeda Keiji (dari anime Basara) versi cewek.

Ketika ditanya tentang cosplayer favorit, pemilik golongan darah B dan menuntut ilmu di sekolah fashion ini mengaku bahwa ia memiliki banyak idola, antara lain, Yau dan Kuratsu (Hong Kong) dan Yaya Han (Amerika Serikat).

Berikut adalah beberapa fotonya.

Marie Rose

Marie Rose: Ultimate Sexy Bunny DLC

Adolf Reinhard

Mantep bangetkan foto-fotonya. Mulai dari cosplay yang lucu, seksi sampai yang gahar pun bisa dijabanin sama Yuki. Ingin tahu lebih lanjut tentang cosplayer multi-talenta ini, simak wawancara eksklusif saya bersama Yukitora Keiji di bawah ini yuk!

Kapankah kali pertama Anda ikut kompetisi cosplay? Ceritakan dong perasaan Anda saat itu?

Pertama kali ikut kompetisi cosplay pada tahun 2009, tepatnya di event Hellofest. Perasaannya grogi, karena sudah lama tidak naik panggung (setelah modeling tahun 2007). Jadi perasaan nervous-nya itu muncul lagi. Lagipula pada saat itu, cosplay masih menjadi sesuatu yang baru buat aku, jadi masih meraba-raba seperti "Cosplay itu apa?"

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat satu set kostum? Kostum apa yang paling ingin Anda buat, namun belum terwujud hingga saat ini?

Kostum yang belum terwujud sih banyak, mulai dari yang masih dalam daftar hingga yang sudah jadi 95 persen. Misalnya saja kostum aku yang Seth Nightroad, sebenarnya belum selesai sampai sekarang. Dari tahun 2010, bajunya sudah jadi, tapi detailnya belum. Kemudian kostum Teostra yang dipakai sewaktu aku ke Tokyo Game Show (TGS) 2014, detailing kostumnya saja butuh waktu pengerjaan dari tahun 2010-2014, itupun masih kurang armor kaki, sepatu dan panah, hehehe.

Prestasi apa yang pernah Anda capai sebagai cosplayer? Sebagai artis multitalenta, apakah Anda memiliki prestasi di bidang lain?

Waduh, apa ya? Susah dijelaskan. Kalau di dunia cosplay, mungkin ketika menjadi perwakilan Indonesia di TGS 2014. Kalau prestasi lain, mungkin di modeling, acting, nyanyi, tari, kalau diurutkan sepertinya banyak banget. Namun yang paling baru sih di bidang sulap sebagai illusionist, aku bisa lolos hingga semi final di ajang pecarian bakat Go Show di Net TV.

Saya memerhatikan Anda sering menjadi juri cosplay, apakah Anda masih sering ikut kompetisi sebagai peserta? Berdasarkan pengamatan Anda sebagai juri, faktor apakah yang harus diperhatikan cosplayer saat tampil di panggung?

Sebagai peserta sih sudah sudah tidak pernah, tetapi aku merindukan masa-masa sebagai peserta dulu. Mungkin nanti ketika menemukan partner yang cocok, aku akan mulai ikut lomba lagi. Tapi belum tahu juga, masih mencari yang pas.

Faktor yang harus diperhatikan saat tampil di panggung ada banyak, standarnya mulai dari detail kostum: mirip atau tidak; pembawaan karakter: acting-nya pas atau out of character; latar musik atau visual: cocokan dengan cerita atau tidak, apakah sesuai dengan game/anime/filmnya atau cuma parodi; jangan lupa, harus percaya diri dan tidak nervous. Sebagai tambahan, kejujuran dalam sesi tanya jawab juga penting, misalnya saat ditanya "Apakah si peserta itu bikin kostum sendiri atau beli? Mengerti atau mengenal karakter yang dia cosplay-kan atau tidak?"

Jika dilihat saat ini, Anda pasti sudah mendapatkan restu keluarga dalam menjalani karir sebagai cosplayer. Namun apakah pada awalnya Anda mendapat tentangan dari keluarga? Siapakah orang yang paling mendukung karir Anda sebagai cosplayer?

Dukungan ada, tentangan juga ada. Dukungan terbesar keluarga itu dari ibu dan nenek aku, sedangkan yang lain antara menentang dan tidak peduli. Entahlah, bagaimana cara mendeskripsikannya, karena awal-awal cosplay dulu aku seperti bergeriliya. Bukan cuma cosplay, mereka juga mendukung apapun yang aku suka dari dulu. Misalnya saja modeling, acting, nyanyi, tari dan sulap. Mungkin tanpa dukungan dan saran dari mereka, aku bukan siapa-siapa.

Apa sih yang membuat Anda cinta banget sama cosplay?

Banyak banget! Aku bisa jadi karakter yang aku suka, aku tertantang untuk ber-acting menjadi karakter yang aku suka, aku bikin sendiri kostum karakter yang aku suka, aku bisa bertemu banyak teman baru, belajar bersosialisasi dengan orang lain, belajar hal-hal baru, dan yang pasti, kena kutukan kostum [deadline] hehehe

Apakah Anda memiliki sesuatu yang belum pernah diketahui oleh penggemar, namun sangat ingin Anda beritahukan kepada mereka?

Pastinya aku sangat ingin untuk membahagiakan orang tua. Kemudian aku bercita-cita untuk dapat berkeliling dunia dengan cosplay, maksudnya adalah hadir ke berbagai event cosplay mancanegara sebagai guest star (bintang tamu) maupun peserta kompetisi. Dan yang terakhir, ummm... pengen cepet married sih :D

***

Itulah wawancara saya bersama dengan cosplayer banyak bakat Yukitora Keiji. Jika Anda ingin tahu tentang Yuki lebih banyak lagi, silakan like Facebook dan follow laman World Cosplay-nya ya.

Please leave comments to share your thought!

1 komentar:

  1. wah lumayan nih bisa direview in ke seoroga.blogspot.com juga

    tinggal di spin article ... muahahaha ... <(")

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com