Senin, 14 November 2016

Daftar Server Ragnarok Online Indonesia yang Pernah Eksis


Pada masa jayanya, Ragnarok Online Indonesia (idRO) adalah game online bergenre MMORPG yang menerapkan sistem berbayar atau pay to play (P2P). Jadi untuk anda yang ingin main game ini, harus mengisi voucher terlebih dahulu. Nominalnya mulai dari IDR 8.000 (main 12 jam) hingga yang paling mahal IDR 65.000 (main 30 hari).

Rilis di Indonesia pada 25 Mei 2003, server dari game online yang diterbitkan Lyto selama 13 tahun di Indonesia ini telah ditutup pada 12 November 2016. Banyak kenangan yang lahir selama game ini beroperasi di Indonesia. Sebagai sebuah peninggalan, penulis akan membahas mengenai sejarah server idRO selama beroperasi.

Simak detailnya di bawah ini, yuk!

Chaos

Server berbayar, aktif 25 Mei 2003. Chaos adalah salah satu dari server pertama idRO ketika MMORPG ini masih menganut sistem play to play (F2P) atau berbayar. Jumlah pemain pada server ini terbilang sangat banyak yang diketahui dari mengetikan kode /who pada kolom chatting (sekarang sudah tidak bisa).

Kota paling rame di server ini adalah Morroc. Sangat sangat semerawut karena penuh dengan para pedagang baik itu Merchant Vending dan job-job lain yang membuka pub atau belanja kebutuhan hunting.

Di Morroc, apapun yang dicari pasti ada yang jual. Tinggal buka pub, pasti ada yang karakter yang mampir, walaupun kadang cuma salah cuma klik atau iseng masuk. Saya bermain di server ini tidak lama, mungkin hanya 1 bulan, setelah itu pindah ke Loki.

Loki

Server berbayar, aktif 25 Mei 2003. Ini juga server idRO awal dan berbayar, sama seperti Chaos, tetapi jumlah pemainnya tidak sebanyak di Chaos. Oleh karena itu, situasi di Loki lebih kondusif, aman dan sejahtera. Di siniah saya mengenal RO lebih dalam, tetapi belum begitu bersinar, sangat payah karena tidak ada modal dan teman untuk main bersama.

Sakray

Server berbayar. Ini adalah test server untuk menjajal keadaan idRO sebelum sebuah patch/update dijalankan di server utama (contoh: Chaos dan Loki) dan rate EXP di server ini 3 kali lipat. Meski sudah ada pemberitahuan bahwa Sakray hanya difungsikan sebagai server percobaan, namun ada RO Mania yang bermain secara serius di server ini. Padahal kalau ada penghapusan server, mereka tidak akan mendapat kompensasi apapun.

Yang dikhawatirkan pun datang, Sakray resmi dihapus dari idRO dan tidak ada penggantian atas kerja keras RO Mania. Iya jelas, secara sudah ada pemberitahuannya. Mereka tidak boleh protes jika server tersebut diperlakukan sebagai anak tiri.

Iris

Server berbayar, aktif tahun 2004. Semakin membludaknya antusias gamer terhadap game ini membuat Lyto memutuskan untuk menghadirkan server baru yang diberi nama Iris. Hanya saja server ini tidak sepopuler Chaos dan Loki sehingga situasi di dalamnya sangat sepi. Meski begitu, RO Mania yang betah main di server ini berhasil membangun komunitasnya sendiri. Alasan mereka suka server ini karena tidak perlu berebutan monster dengan pemain lain.

Fenrir

Server berbayar, aktif tahun 2004. Walaupun jumlah pemain di Iris sangat sepi tetapi pihak idRO berani menambah server baru bernama Fenrir sebagai alternatif pemain dari server Chaos, Loki dan Iris. Anehnya, antusias gamer di server ini berbeda dengan Iris. Di Fenrir, pemainnya cukup banyak yang mana jumlahnya hampir menyamai Loki. Sebagai catatan, Chaos adalah server paling ramai.

Dengan hadirnya server ini, maka di idRO pernah memiliki lima server aktif sekaligus, yaitu Chaos, Loki, Iris, Fenrir, dan server tes Sakray.

Freya

Server berbayar, aktif 16 Mei 2007. Freya adalah server hasil merge (penggabungan) dari Iris dan Fenrir. Ini adalah penggabungan server pertama di idRO.

Fun and Chat

Server gratis, aktif pada 22 Agustus 2007. Fun and Chat atau FnC adalah server free to play (F2P) pertama idRO. Banyak pensiunan RO Mania yang memutuskan untuk kembali bermain idRO di server ini, termasuk penulis. Dengan slogan "NO BOT ALLOWED", antusiasme RO Mania ketika pembukaan server pun sangat menggebu-gebu, meski belakangan, kenyataannya bot tetap merajalela di FnC.

Rate EXP di FnC 2 kali lebih besar dibandingkan server berbayar, namun dengan drop rate 50 persen lebih kecil. Kalau tidak menggunakan material premium dari Item Mall, maka batas penempaan adalah 0, jadi +1 pun bisa pecah.

Paling sedih adalah hadirnya sistem penalti. Apabila karakter tidak menggunakan equipment yang terdaftar pada Item Mall/Kafra Shop di server ini, maka equipment itu berkemungkinan untuk drop ketika karakter terbunuh. Apalagi ada pengurangan EXP sebesar 5 persen saat karakter terbunuh.

Untuk menghilangkan pinalti tersebut, maka RO Mania yang khawatir terkena pinalti harus menggunakan item Kafra Shop yang bernama Life Insurance, dan Premium Service.

Kota yang paling ramai di server ini adalah Payon, Prontera, dan Morroc. Pada tanggal 17 Februari 2010, server gratis pertama idRO ini digabungkan dengan server Legend dan Heroes, namun tetap dengan nama FnC.

THOR

Server berbayar, aktif pada 9 Oktober 2007. Penggabungan server berbayar terbesar di idRO. THOR adalah gabungan dari Chaos, Loki dan Freya. Server ini dibuat untuk menyambut hadirnya server gratis di idRO sekaligus dimulainya masa keemasan Item Mall.

PVP

Server gratis, aktif pada 24 Oktober 2007. Ragnarok Online Indonesia pernah menghadirkan server dengan sistem player kill (PK) di tempat hunting, seperti dungeon dan field map. Di server ini, Anda bisa membunuh karakter lain dengan serangan dan skill yang dimiliki, kecuali anggota grup dan guild. Kekejaman dimulai ketika karakter mencapai level 50. Di bawah level 50, karakter belum masuk dalam mode PK alias belum bisa melakukan PVP di luar zona aman.

Dikarenakan kurang populer, maka pada 15 Juli 2009, server PVP digabungkan dengan Legend.

Heroes

Server gratis, aktif pada 26 Agustus 2008. FnC terbilang sukses, akhirnya ditambahlah server baru dengan nama Heroes. Hanya saja server ini tidak begitu bersinar sehingga Heroes pun senasib dengan pendahulunya, Iris. Peraturan di server ini juga sama seperti FnC. Server Heroes berakhir pada 17 Februari 2010 setelah digabungkan dengan server lain.

Legend

Server gratis, aktif 17 Desember 2008. Eksistensi server Legend berakhir pada 17 Februari 2010 setelah digabungkan dengan server lain.

Rebirth

Server gratis, aktif pada 10 Maret 2010. Rebirth dibuat sebagai server alternatif server gratis selain FnC. Komunitas yang ada di server ini cukup solid.

RIC

Server gratis. Dibuat untuk keperluan event Ragnarok Indonesia Championship (RIC). Ini bukan server untuk bermain biasa alias hanya untuk keperluan event. Server ini hilang setelah RIC selesai.

Free Thor

Server gratis, aktif 31 Juli 2013. Lyto memutuskan untuk menggratiskan atau membuat server THOR yang awalnya P2P menjadi F2P sehingga namanya juga berubah menjadi Free Thor. Dengan hadirnya server ini, maka berakhirlah zaman server berbayar di Ragnarok Online Indonesia.

Midgard

Server gratis, aktif 6 April 2016. FnC, Rebirth, dan Free Thor digabungkan jadi menjadi Midgard. Nah, banyak yang menemukan kendala berupa kehilangan item di Kafra Storage setelah penggabungan ini. Bahkan penulis kehilangan seluruh isi Kafra dan hanya tersisa item di inventory, cart dan equipment yang dipakai karakter saja.

Asgard

Pada 20 April 2016, dibuatlah sebuah server baru dengan sistem F2P yang berdiri sendiri alias bukan gabungan dari server sebelumnya yang bernama Asgard. Ini adalah server yang memiliki rate 300 persen atau 3x EXP dan 3x drop rate. Seperti diketahui bahwa rate server gratis Ragnarok Online adalah 100 persen EXP dan 50 persen drop rate.

Di server ini tidak ada penalty untuk karakter yang terbunuh saat hunting, baik untuk pengurangan EXP maupun drop equipment. Asgard menjanjikan pengalaman bermain Ragnarok Online bebas program bot.



Demikianlah ulasan mengenai sejarah server idRO selama dipegang oleh Lyto, yakni mulai dari rilis hingga penutupan server. Selanjutnya, idRO ditangani oleh publisher Gravindo dimana MMORPG legendaris ini diluncurkan kembali pada Januari 2017.

Sejarah Penggabungan Server
  • Chaos
  • Loki
  • Sakray
  • Iris
  • Fenrir
  • Freya = Loki + Fenrir
  • FnC
  • THOR = Chaos + Loki + Freya
  • Legend
  • PVP
  • Legend = Legend + PVP
  • Heroes
  • FnC = FnC + Legend + Heroes
  • RIC
  • Free Thor
  • Midgard = FnC + Free Thor
  • Asgard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com