Selasa, 03 Januari 2017

Mobile Legends, MOBA Analog Menantang dari Moonton


Terima kasih kepada iklan yang begitu gencar sehingga membuat penulis akhirnya penasaran untuk mencoba mobile game berjudul Mobile Legends: Bang bang. Game Android dan iOS bergenre MOBA yang diterbitkan oleh Moonton di Google Play ini menurut penulis mirip dengan League of Legends, khususnya dari segi grafisnya yang penuh warna.

Awalnya penulis menilai Mobile Legends dengan sebelah mata. Namun setelah melalui tahap tutorial dan masuk ke dalam permainan sesungguhnya melawan pemain lain yang memiliki kemampuan, penilaian penulis terhadap game MOBA ini pun berubah. Mobile Legends merupakan game yang seru, serius!

Apakah yang membuat Mobile Legends seru, berbeda dan pantas untuk dimainkan oleh pecinta game MOBA? Setelah memainkan game ini, penulis memiliki beberapa kesimpulan mengenai game dengan sistem pembayaran free-to-play yang dilengkapi layanan micro-transaction untuk beli hero dan beragam skin ini.

Mobile Legends: Bang bang tampil sebagai game MOBA klasik dengan sistem pertempuran langsung 5v5 melawan pemain lain dari seluruh dunia. Mobile game yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS ini memiliki peta ikonis yang punya tiga jalur yang memiliki 18 tower atau menara penjaga yang mana masing-masing tim memiliki tiga menara dalam setiap jalurnya, dan lengkap dengan dua monster boss yang siap untuk dilawan bersama tim.

Hero yang terdapat pada game ini cukup banyak, lengkap dengan beragam tipenya, seperti Tanker, Support, Mage, Assassin, Marksman dan lainnya. Namun sebagian harus dibuka dengan melakukan pembelian. Ketika penulis mengulas Mobile Legends, ada hero Monkey King yang baru ditambahkan ke dalam game. Nantinya akan ada penambahan hero baru lainnya untuk membuat permainan jadi lebih variatif.

Kemudahan kontrol bisa dirasakan dengan tombol analog di sebelah kiri bawah layar, dan tombol serang serta berbagai macam skill di bagian kanan bawah. Tombol teleport ke markas dan quick recovery berada di bagian tengah bawah layar. Hanya dengan dua jari, Anda sudah bisa mengendalikan seluruh permainan dengan gesit.

Demi menyajikan pengalaman yang semakin seru dan imbang, Mobile Legends menghadirkan fitur pencari pertandingan (matchmaking) yang cepat, yakni hanya 10 detik. Selain itu, game juga ini menyuguhkan permainan cepat yang fokus pada aksi sehingga permainan tidak akan terasa membosankan.

Ketika permainan berlangsung, pemain akan dimanjakan dengan sistem pembelian equipment yang mudah, yakni hanya dengan tap perlengkapan mana yang ingin Anda beli ketika jumlah gold telah mencukupi. Cukup tap and go! Tidak perlu kembali ke markas untuk membeli perlengkapan untuk menunjang kinerja hero.

Fitur yang lebih menarik lagi, terdapat sistem reconnecting yang kuat sehingga ketika internet tiba-tiba terputus, maka Anda bisa kembali lagi ke permainan. Selama menunggu tersambung kembali, hero yang Anda gunakan akan dikendalikan oleh kecerdasan buatan (AI) sehingga pertempuran tidak berat sebelah.

Hal menarik lain adalah tidak ada hero training, sistem pay to win atau premium item, untuk meningkatkan status hero yang membuat permainan jadi tidak imbang. Kemenangan di Mobile Legends akan sangat tergantung dari skill individu dan kerjasama tim yang kompak.

Unduh Mobile Legends dari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com