Jumat, 19 Oktober 2018

Mana yang Benar: Esports, eSports atau e-Sports?

penulisan kata esports benar
Penulisan kata esports

Masih jadi perdebatan antara para penulis berita atau konten olahraga elektronik atau electronic sports atau esports mengenai penulisan yang benar untuk kata esports. Yang biasanya beredar di media masa dan media online, yaitu esports, eSports dengan huruf S besar, dan e-sports dengan hypen (-).

Nah, di Indonesia sendiri belum ada pernyataan dari pihak terkait mengenai penulisan baku untuk esports. Hanya saja, situs Wikipedia, ensiklopedia online terbesar di dunia saat ini, memutuskan untuk membuang kata eSports dari situsnya dan menggantinya dengan esports atau Esports apabila kata tersebut berada di awal kalimat.

Dilansir dari Dot Esports, editor Wikipedia menyantakan bahwa kata eSports tidak berasal dari sumber yang terpercaya sehingga tidak seharusnya digunakan. "Ada konsensus dengan suara bulat bahwa penggunaan 'eSports' tidak berasal dari sumber terpercaya dan dengan demikian tidak benar dan seharusnya tidak boleh digunakan", paparnya.

Meski demikian, penggunaan kata eSports merupakan yang paling umum ditemui dalam penulisan esports. Mengingat sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait, maka tidak seperti apapun penulisannya, tidak ada yang salah dan tidak bisa disalahkan. Mau tulis eSports, e-sports atau esports harusnya sah-sah saja. Kecuali, apabila kata tersebut sudah ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka untuk penulisan bahasa Indonesianya, barulah bisa dinyatakan mana yang benar atau salah.

Kami sendiri lebih suka untuk menulis dengan kata esports atau Esports, karena lebih enak dalam pengetikannya, hehe. Tidak ada gangguan huruf kapital seperti pada eSports atau gangguan hypen seperti pada oenulisan e-sports.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com