Kamis, 27 Desember 2018

Review ASUSPRO P1440UA, Laptop Kerja yang Asyik untuk Hiburan

asuspro p1440ua i3
Review ASUSPRO P1440UA

ASUS memiliki banyak seri laptop yang masing-masing punya keunggulan tersendiri, mulai dari laptop mainstream, laptop komersil, laptop gaming sampai ultrabook. Dari sekian banyak variasi itu, mungkin yang agak asing dan jarang terdengar adalah laptop komersil ya, sebab laptop jenis ini memang lebih ditujukan untuk kalangan profesional atau perusahaan dibandingkan untuk masyarakat umum seperti laptop mainstream.

Saya juga jarang sih menemukan laptop komersil dari ASUS. Namun, berdasarkan testimoni dari teman, laptop ASUS jenis ini memiliki kinerja bandel dan tidak lekang oleh waktu, alias kinerjanya bisa tetap oke meski sudah bertahun-tahun digunakan.

Beruntung, saya mendapat kesempatan dari ASUS untuk mengulas salah satu laptop komerasilnya, yakni ASUSPRO P1440UA. Laptop ini punya banyak model yang dibedakan berdasarkan prosesor, storage, dan aksesoris pendukungnya.

asuspro p1440ua i3
Desain elegan

Variasi prosesornya sendiri mulai dari Intel Core i7 sampai i3 yang semuanya sudah generasi kedelapan, kemudian tipe storage-nya ada HDD hingga 1 TB dan SSD hingga 256 GB atau kombinasi dari kedua itu. Dibedakan juga berdasarkan kualitas layar, yaitu HD (1366x768) atau Full HD (1920x1080). Aksesori pendukung lainnya, seperti optical disk drive. Unit yang saya ulas kali ini adalah yang punya prosesor Intel Core i3-8130U, storage SSD 256 GB tanpa HDD, layar HD dan tidak dilengkapi optical disk drive.

Sebagai laptop kerja dengan layar berukuran 14 inci, tentu ada keunggulan dari laptop ini, antara lain ringan dan sangat ringkas. Bobotnya sekitar 1,6 kilogram saja sehingga tidak akan menjadi beban dalam perjalanan. Dimensi panjang 34 cm, lebar 25 cm dan ketebalan 2,3 cm. Mengenai layar, ASUSPRO P1440UA dilengkapi lapisan anti-glare yang mencegah layar memantulkan cahaya dan gambar yang tidak perlu serta meningkatkan kualitas warna, ketajaman gambar, kenyamanan pandangan. Engsel layar pun bisa dibentangkan hingga 180 derajat. Resolusi layar yang cuma HD pada ASUSPRO P1440UA akan membuat konsumsi daya baterai jadi lebih hemat sehingga pengguna bisa bekerja lebih lama di laptop ini.

Laptop yang ditujukan untuk pengguna profesional harus siap untuk tampil dalam kondisi apapun. Nah, ASUSPRO P1440UA ini punya port yang sangat lengkap, mulai dari USB port, SD card reader, RJ45 LAN jack, 3.5 mm audio jack, HDMI port, bahkan di laptop ini masih ada VGA port, serta Kensington lock untuk mengikat laptop dengan kabel pada kaki meja atau landasan lain.

kelengkapan ports
Atas ke bawah: Sisi depan, kanan dan kiri

Fitur nirkabel yang tersedia, yaitu 802.11ac (Wifi) dan Bluetooth 4.1. ASUSPRO P1440UA juga dilengkapi Webcam dan microphone untuk keperluan video call atau conference, fingerprint reader untuk keamanan ekstra dan panel khusus di bagian bawah sebagai akses untuk menambah RAM dan storage (tinggal buka sekrupnya menggunakan obeng).

Panel khusus

Mengingat ASUSPRO P1440UA ditujukan untuk keperluan bisnis, maka laptop ini hanya dibekali kartu grafis bawaan dari Intel, yaitu Intel UHD 620 alias tidak memiliki dedicated VGA untuk mengolah grafis yang berat. Dengan perlakuan seperti itu, harapannya sih pengguna bisa jadi lebih fokus untuk kerja dan tidak ter-distract untuk main game.

Meski tidak ada dedicated VGA, bukan berarti tidak berdaya untuk gaming atau design grafis. Untuk iseng main game, ASUSPRO P1440UA masih bisa diajak kompromi, walaupun tidak cukup memuaskan karena hanya bisa menjalankan game dalam kualitas paling rendah atau very low, seperti yang telah dicoba, yaitu Overwatch, Fortnite: Battle Royale dan Counter-Strike: Global Offensive. Tidak direkomendasikan memainkan game tersebut di laptop ini, karena selain akan sangat membebani prosesor, pengalaman gaming juga tidak asyik sama sekali. Sering stuttering dan lag. Bisa-bisa, kamu hanya menjadi bulan-bulanan musuh.

Dalam kotaknya, saya mendapat ransel

Walaupun begitu, tetapi ada beberapa game yang bisa dimainkan dalam kualitas normal, tetapi itu game PC lama yang popularitasnya sudah tergantikan dengan game baru, seperti Tomb Raider, Left 4 Dead 2 dan Bully: Scholarship Edition. Kalau game lama seperti itu, mungkin masih direkomendasikan untuk dimainkan di ASUSPRO P1440UA, karena masih bisa dimainkan dengan mulus serta pengalaman gaming-nya juga masih sangat nyaman.

Bagaimana dengan suaranya? Awalnya saya tidak terlalu berharap dengan suara yang dihasilkan oleh laptop ini. Hanya saja, ketika saya mendengar lagu populer Sabyan Gambus yang berjudul “Ya Maulana” di laptop ini, secara mengejutkan suara yang dihasilkan oleh 2 speaker-nya yang berada di bagian bawah terdengar sangat bagus. Suaranya jernih dan dalam. Memuaskan!

kenyamanan asuspro p1440ua
Dibuat untuk kenyamanan bekerja

Selanjutnya, saya akan mengulas touchpad. Mungkin tidak banyak yang menyadari kalau touchpad yang bagus itu seharusnya punya fitur touch gesture. Jadi, tidak cuma untuk menggerakkan pointer mouse, klik kanan atau klik kiri saja. Namun, ada pola sentuhan yang bisa menjadi shortcut untuk menjalankan operasi tertentu. Misalnya yang ada di laptop ini, antara lain sentuhkan dua jari pada touchpad untuk operasikan klik kanan, usapkan empat jari ke atas atau ke bawah untuk menjalankan scroll mouse atas bawah, usapkan empat jari ke bawah untuk minimize semua jendela aplikasi, usapkan empat jari ke atas untuk mengembalikan jendela aplikasi yang telah di-minimize, usapkan empat jari ke kanan atau ke kiri untuk pindah ke jendela aplikasi lain, cubit ke luar atau ke dalam untuk operasi zoom-in dan out.

Terakhir, tentang baterainya nih. ASUSPRO P1440UA dilengkapi baterai 4 cell 44 Wh. Berdasarkan informasi yang ditampilkan pada indikator baterai di laptop, secara teori ASUSPRO P1440UA ini bisa bertahan antara 5 sampai 6 jam. Yep, meskipun daya tahan energi baterai itu relatif, karena tergantung dari aktivitas dan beban kerja yang diberikan oleh pengguna. Hanya saja, untuk penggunaan normal, seperti browsing, menulis naskah di Google Doc, MS Office dan sejenisnya, baterai laptop ini tergolong hemat. Charging adalter-nya lumayan kecil sehingga tidak makan banyak space saat dibawa di dalam tas.

ringan dibawa
Ringan dan ringkas

Well, itulah ulasan saya setelah menggunakan ASUSPRO P1440UA versi prosesor i3 selama lebih kurang dua minggu. Secara keseluruhan, laptop ini sangat memuaskan ketika digunakan untuk produktivitas dan hiburan. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, pengguna akan lebih fokus untuk menyelesaikan tugas dan kecil kemungkinan tergoda untuk main game AAA kekinian. Meski ditujukan untuk bekerja, laptop ini tampil dengan desain cover bertekstur metal yang elegan sehingga kamu bisa tetap tampil gaya di depan klien pada saat presentasi proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com