Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review ASUS TUF Gaming A15, Laptop Ngebut untuk Gaming Lancar

Review TUF Gaming A15

Main game adalah aktivitas yang sangat mengasikkan bagi setiap orang, khususnya anak muda. Saat ini, ada banyak banget platform untuk bermain game, mulai dari konsol seperti PlayStation, melalui smartphone Android, dan pastinya lewat PC atau laptop.

Disamping laptop yang sebenarnya digunakan untuk bekerja dan mengerjakan proyek kantor, bagi gamer yang suka bermain game melalui laptop seperti saya, memilih produk yang tepat tentu akan menambah manfaat dari laptop yang digunakan, khususnya untuk memainkan game PC favorit.

Salah satu laptop yang pernah saya gunakan adalah ASUS TUF Gaming A15 FX506. Ini adalah laptop gaming powerful dan kencang, tapi dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau di kelasnya.

Oke, apa saja sih yang spesial dari TUF Gaming A15 ini? Saya akan jabarkan berdasarkan pengalaman setelah menggunakannya selama ini.

Btw, ini adalah foto kebersamaan saya dengan yang bersangkutan. Hehe!

Ngetes TUF Gaming A15
Ngetes TUF Gaming A15

Ganteng, ya? Laptopnya!

Review ini saya tujukan bagi pembaca umum dan awam, yang tidak begitu mengerti istilah-istilah gaming dan teknis. Jadi, saya akan menghindari penggunaan data-data atau bahasa yang sulit. Andaikan ada, akan dijelaskan secara singkat dan jelas dengan penggambarannya juga agar mudah dicerna.

Tapi, sebelum baca review ini lebih lanjut, sebaiknya nonton dulu trailer TUF Gaming A15 di bawah ini supaya kamu ada bayangan tentang apa yang saya paparkan.


Powerful Berkat AMD Ryzen 4000


Buat yang belum tahu, AMD Ryzen 4000 adalah seri prosesor yang dibuat dengan metode pabrikasi 7 nanometer. Untuk sekarang, teknologi ini adalah yang paling kecil di dunia sehingga memungkinkan prosesor memiliki lebih banyak komponen di dalamnya.

Prosesor dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread ini cocok untuk ngegame dan pastinya untuk mengerjakan tugas lainnya. Apalagi cuma ngetik dokumen doank.

Kinerja prosesor ini dikombinasikan dengan DDR4 3200MHz 8GB RAM yang bikin multitasking atau buka banyak aplikasi sekaligus jadi lancar banget. Jadi, mau main game sambil putar video, ngerjain skripsi, dan download aplikasi atau film, lancar jaya semuanya.

Ada dua varian prosesor pada laptop ini, yaitu Ryzen 5 4600H dan Ryzen 7 4800H. Unit yang saya review ini menggunakan Ryzen 7.

Storage berkapasitas 512GB PCIe NVMe SSD. Namun, ada juga varian yang dilengkapi PCIe NVMe SDD dengan tambahan 1TB HDD.

Grafis Keren karena NVIDIA GeForce


AMD Ryzen NVIDIA GeForce

Nah, laptop yang saya review menggunakan GTX 1650 Ti, kartu grafis (GPU) kelas entry yang punya performa lebih kencang dari GTX 1050 maupun GTX 1650 dan merupakan pilihan tepat bagi gamer yang ingin merasakan pengalaman gaming dengan grafis bagus pada laptop yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Dengan kinerja pengolahan yang optimal maka laptop dengan sistem operasi Windows 10 Home ini kuat untuk melakukan rendering dan encoding video sehingga membuatnya sebagai pilihan tepat tidak hanya untuk gamer, tapi juga bagi para content creator, dan profesional.

Selain GTX 1650 Ti, ada juga varian TUF Gaming A15 yang menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti dan RTX 2060 untuk kualitas grafis yang lebih superior.

Pengalaman Gaming Imersif


Tampilan gaming yang imersif

Kombinasi antara prosesor dan kartu grafis powerful jadi semakin lengkap dan imersif (pengalaman mengagumkan antara dunia nyata dengan digital) berkat layar monitor 15,6 inci beresolusi Full HD (1920x1080 pixel) yang memiliki refresh rate 144Hz.

Buat yang belum tahu, refresh rate adalah ukuran yang menentukan seberapa cepat sebuah layar untuk memperbarui tayangannya. Jadi, semakin tinggi refresh rate maka semakin halus juga gerakan atau perubahan yang ditampilkan di layar. 

Salah satu cara melihatnya, yang paling mudah, adalah saat memindahkan kursor mouse. Semakin tinggi Hz di layar maka semakin mulus perpindahannya dari titik satu ke titik yang lain.

Kata orang, apabila kita sudah merasakan layar 144Hz, maka kita tidak ingin kembali menggunakan monitor standar yang hanya memiliki refresh rate sebesar 60Hz. Dan, saya buktikan sendiri memang benar adanya seperti itu. 

Selain itu, monitor TUF Gaming A15 tampil dengan bezel yang cukup tipis berkat desain NanoEdge Display sehingga membuat layarnya terasa lebih lega sekaligus membuat ukuran keseluruhannya jadi ringkas banget.

Kalau laptop ringkas, enak juga dibawa dalam ransel. Tidak perlu tas khusus ketika membawanya kemana-mana.

Design Futuristik yang Gaming Banget


Ada dua jenis pilihan desain dengan warna khusus yang dapat dipilih untuk TUF Gaming A15, yaitu Fortress Gray dan Bonfire Black. Setiap varian telah dilengkapi dengan webcam untuk siaran langsung game dan video call.

Fortress Gray adalah desain yang tampil dengan cover plat metal berwarna abu-abu yang cocok untuk gamer yang suka desain elegan dan low profile.

Fortress Grey
Fortress Grey

Bonfire Black merupakan varian dengan desain yang lebih gelap dan agresif. Pada bagian sisinya terdapat tekstur khusus yang membuat genggaman saat membawanya jadi lebih nyaman.

Bonfire Black
Bonfire Black

Laptop yang saya review ini adalah Fortress Gray. Nah, saya punya cerita menarik dengan laptop ini terkait desainnya. Ketika saya gunakan sambil duduk-duduk depan teras rumah saat tetangga berkumpul di sana, mereka kagum banget melihat desain laptop ini. "Wah, hebat bang laptopnya," kata salah satu dari mereka.

Meski tampil berbeda, tapi keduanya sudah lulus sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD-810H sebagai tanda bahwa laptop dengan baterai berkapasitas 48 Wh yang bisa memutar video hingga 12 jam ini telah lolos berbagai pengujian ekstrim, antara lain uji getaran, jatuh, dan ketahanan pada suhu serta kelembaban tinggi.

Ketahanan tersebut tentu saja membuat perasaan dalam membawanya jadi lebih tenang. Cukup masukkan ke ransel, dan kita tidak perlu khawatir laptop jadi rusak kalau diperjalanan sedikit kegencet atau terbentur saat naik kereta yang ramai.

Audio Mantap dengan DTS: X Ultra


DTS: X Ultra

Untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik, kualitas audio yang dihasilkan oleh laptop merupakan salah satu pertimbangan bagi gamer dan saya juga pastinya.

DTS X: Ultra adalah teknologi yang terdapat pada sistem audio TUF A15 yang memungkinkan keakuratan posisi sumber suara berdasarkan tampilan di layar. Dalam kasus bermain game, jika sumber suara datang dari sebelah kanan karakter maka suara akan terdengar dari speaker kanan, begitu juga ketika suara berasal dari kiri.

Tidak hanya posisi kanan dan kiri, jauh dekatnya suara juga diperhitungkan pada teknologi audio ini. Jadi, kita bisa mengetaui sumber suara itu masih jauh atau sudah dekat. Kalau jauh suaranya terdengar kecil dan samar-samar, ketika dekat terdengar lantang.

Teknologi DTS: X Ultra akan membuat suara yang dihasilkan speaker laptop tidak hanya semakin enak didengar, tapi juga akurat. Sehingga, pada game bergenre shooter seperti Counter-Strike: Global Offensive, suara yang akurat ini mampu membantu gamer untuk lebih mudah mengetahui posisi lawan berdasarkan suara langkah kaki atau arah tembakannya saja. Dengan begitu, kemenangan dalam setiap pertandingan pun bakal lebih mudah diraih.

Saat saya menonton video dari YouTube dengan laptop dengn backlit keyboard ini, suara yang dihasilkan enak banget didengar. Tidak cempreng atau mendem. Buat kamu yang doyan nonron Drakor (Drama Korea) atau serial TV di Netflix, laptop ini bakal bikin kamu puas deh.

Backlit keyboard
Backlit Keyboard

Sistem Pendingin yang Canggih


Sebagai laptop yang menangani keperluan gaming, TUF A15 dilengkapi dengan sistem pendingin yang canggih untuk mempertahankan performa dan memastikan efektivitasnya dalam rentang hidup yang panjang.

Desain sistem pendinginan di laptop ini juga dibuat agar dapat membersihkan dirinya sendiri (self cleaning) sehingga performa laptop agar tetap terjaga dalam waktu yang lebih panjang.

Asal kamu tahu saja, kenaikan suhu laptop akan mengurangi performanya. Dan, kipas yang kotor akan mengurangi efektivitas dalam mendinginkan perangkat laptop. Jadi, teknologi self cleaning pada laptop ini sangat berguna.

Cooling System

Sebagai gambaran, laptop lain yang tidak self cleaning maka komponen di dalamnya, khususnya bagian kipas, akan berdebu dan kotor dalam waktu sekitar setahun (jika digunakan setiap hari dalam durasi yang cukup panjang, enam jam misalnya). Dengan self cleaning, kebersihan kipasnya akan tahan lebih lama, mungkin dua sampai tiga tahun.

Membersihkan kipas laptop bukan perkara mudah. Umumnya, kita harus bongkar laptop untuk membersihkannya. Dan kalau tidak berani atau belum punya ilmunya, mau tidak mau harus bawa ke tukang service.

Spesifikasi ASUS TUF Gaming A15 FX506


Kamu bisa melihat detail selengkapnya dari spesifikasi laptop gaming kencang dengan harga terjangkau pada kelasnya ini pada tabel di bawah ini.

/
Keterangan
Sistem Operasi Windows 10 Home
CPU AMD Ryzen 5-4600H
AMD Ryzen 7-4800H
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti 4GB GDDR6 VRAM
RAM 8GB DDR4 3200MHz
Media Penyimpanan
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar 15,6-Inch; (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz, 3ms, Adaptive Sync
Input/Output 2x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1x USB 2.0 Type-A, 1x Combo Audio Jack, 1x HDMI, 1x Ethernet port
Kamera HD 720p CMOS module camera
Konektivitas Wi-Fi 5 (802.11ac) 2x2 + Bluetooth 5.0
Audio DTS: X Ultra
Baterai 48 Whr lithium-polymer battery Battery
Dimensi 359,8 x 256 x 22,8 ~24,7 mm (WxDxH)
Bobot 2,3 Kg
Warna Fortress Gray/Bonfire Black

Harga dan Ketersediaan di Indonesia


Kabar baiknya,  TUF Gaming A15 FX506 sudah tersedia pada beberapa situs e-commerce terpercaya di Indonesia lho, antara lain Tokopedia, Shopee, JD.ID,  BliBli dan toko-toko komputer yang bekerja sama dengan ASUS Indonesia.

Intip harganya di bawah ini.

  • Ryzen 5/GTX 1650 Ti/8G RAM/512GB SSD: Rp14.299.000
  • Ryzen 7/GTX 1650 Ti/8G RAM/512GB SSD: Rp15.799.000
  • Ryzen 7/GTX 1660 Ti/8GB RAM/256GB SSD/1TB HDD: Rp18.299.000
  • Ryzen 7/RTX 2060/8G RAM/512GB SSD: Rp20.299.000

Oke, demikianlah review saya untuk ASUS TUF Gaming A15 FX506.

Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan performa dari laptop ini. Apalagi mengingat harganya yang masuk kategori terjangkau di kelasnya. TUF A15 merupakan laptop dengan price to performance terbaik di kelasnya.

Jika memiliki pertanyaan tentang ASUS TUF Gaming A15 F506, ingin tahu pengalaman saya yang lebih jauh bersama laptop ini, berbagi saran, kritik, dan lainnya, silakan tuliskan saja pertanyaan kamu di kolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "Review ASUS TUF Gaming A15, Laptop Ngebut untuk Gaming Lancar"

Berlangganan via Email