Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pusing Pilih Laptop untuk Kerja atau Belajar Daring? Coba Cek ASUS VivoBook 14 A416

ASUS VivoBook 14 A416

Tahun 2020 masih membawa beberapa hal positif, walaupun sebagian dari kita tahu bahwa ada banyak hal tidak menyenangkan terjadi pada tahun ini.

Beberapa hal paling positif yang bisa ditemukan, antara lain bahwa kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan sekolah dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Transisinya memang tidak bisa dikatakan mulus, tetapi konsep bekerja dan belajar tanpa harus pergi ke kantor atau sekolah terbukti bisa dilakukan.

Salah satu kendalanya memang terdapat pada perangkat. Tidak semua orang memiliki komputer, baik dalam bentuk PC atau laptop, sehingga sulit untuk bekerja maupun belajar dari rumah.

Solusi paling praktis adalah membeli laptop, karena bentuknya yang jauh lebih ringkas dari PC dan sudah dilengkapi dengan beragam fitur untuk memenuhi kebutuhan bekerja atau belajar dari rumah seperti telah tersedianya webcam dan microphone.

Namun, memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan bekerja dan belajar dari rumah ternyata tidak mudah bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya variasi produk laptop yang dirancang secara spesifik untuk kebutuhan penggunaan tertentu, seperti laptop untuk bermain game, atau bahkan laptop yang khusus untuk content creator.

Nah, ASUS melihat peluang atas permasalahan yang sering dijumpai oleh orang-orang yang bingung ketika mau beli laptop. Alih-alih rajin menghadirkan laptop untuk kalangan tertentu, kali ini ASUS memperkenalkan VivoBook 14 A416 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan basic para pekerja sekaligus pelajar.

ASUS VivoBook 14 A416

VivoBook 14 A416 merupakan laptop kelas entry-level atau pemula. Meski begitu, produk ini masih tampil layaknya sebuah laptop modern dan tetap menggunakan hardware terkini.

Desain bodinya masih tetap ringkas dan mudah dibawa bepergian. Sementara dari sisi hardware, laptop ini mendukung penggunaan PCIe SSD serta ditenagai oleh prosesor hingga Intel Core Generasi ke-10.

VivoBook 14 A416 punya konektivitas yang cukup lengkap dan memenuhi standar sebagai sebuah laptop modern yang dirilis tahun 2020.

Selain telah dilengkapi webcam dan microphone terintegrasi untuk keperluan meeting dan belajar secara online (daring), laptop ini juga sudah hadir dengan Office Pre-Installed sehingga siap langsung digunakan saat dikeluarkan dari kotaknya.

Desain Modern


VivoBook 14 A416 merupakan laptop modern untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Itulah alasan laptop ASUS ini tampil dalam bodi yang ringkas serta ringan. Bobotnya cuma 1,6 Kg dan ketebalannya hanya 19,9 mm sehingga membuatnya tetap mudah untuk dibawa-bawa.

Tidak hanya itu, ASUS bahkan menyediakan charger dengan dimensi yang sangat ringkas sehingga gampang dimasukkan ke dalam tas.

Salah satu rahasia mengapa VivoBook 14 A416 dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 14 inci pada umumnya adalah berkat NanoEdge Display, teknologi eksklusif dari ASUS yang memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 A416 tampil sangat tipis dengan  screen-to-body ratio hingga 82%.

Berbicara soal layar, VivoBook 14 A416 telah dibekali layar berukuran 14 inci dengan resolusi hingga Full HD. Layar tersebut sangat cocok digunakan baik untuk bekerja maupun untuk menikmati konten hiburan karena sudah dilapisi dengan anti-silau (anti-glare) serta punya sudut pandang hingga 178 derajat.

ASUS VivoBook 14 A416

Dilengkapi Fitur Premium


VivoBook 14 A416 dibekali keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit, membuatnya tetap nyaman dapat digunakan meski dalam kondisi gelap. Keyboard pada VivoBook 14 A416 didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombolnya memiliki jarak antar tombol (travel distance) sejauh 1,4 mm yang sangat ideal untuk mengetik.

Beberapa varian VivoBook 14 A416 telah dibekali sistem keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu tuh ngetik-ngetik password untuk login.

ASUS VivoBook 14 A416

ASUS telah membekali VivoBook 14 A416 dengan satu kamera sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. Pengguna VivoBook 14 A416 juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office pre-installed, yaitu Microsoft Office Home & Student 2019.

Microsoft Office merupakan aplikasi pengolahan dokumen terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh banyak institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint.

Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini,  Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga kamu dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Ketersediaan Microsoft Office Home & Student 2019 di tersedia secara cuma-cuma atau tanpa ada biaya tambahan.

VivoBook 14 A416 dirancang sebagai laptop modern yang mengedepankan mobilitas. Untuk itulah maka ASUS lewat produknya dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari. Di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 A416 dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) agar dapat terhubung dengan jaringan internet serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.

ASUS VivoBook 14 A416

Laptop yang tersedia dengan berbagai fitur ini memiliki build-quality yang solid. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat konstruksi bodinya secara keseluruhan .

ASUS juga menghadirkan fitur E-A-R HDD Protection sebagai perlindungan ekstra kepada HDD di VivoBook 14 A416. Jadi, fitur tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang sehingga bisa memanjangkan waktu pakai dari HDD yang ada di dalamnya.

Dukungan Link To MyASUS


Satu lagi kelebihan VivoBook 14 A416 adalah hadirnya MyASUS, aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 A416 dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. Mungkin, bisa dibilang mirip Armoury Crate di seri laptop ROG kali ya.

MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik adalah Link to MyASUS, fitur yang memungkinkan pengguna VivoBook 14 A416 untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi, mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon dari laptop hingga membuat smartphone sebagai layar kedua dari laptop. Bahkan, kamu ada fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.

Dukungan Hardware Mutakhir


ASUS VivoBook 14 A416 ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, dapur pacu terkini dengan serangkaian fitur dan teknologi paling canggih. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang punya konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz.

Konfigurasi dan kemampuan tersebut membuat VivoBook 14 A416 bisa diandalkan dalam berbagai aktivitas mulai dari bekerja, browsing di internet atau sekadar menikmati konten multimedia, baik musik maupun video film.

Beberapa varian VivoBook 14 A416 ditenagai oleh kartu grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran GeForce MX330 memungkinkan laptop ini untuk menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing hingga game kasual.

Supaya bisa memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 A416 hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memorinya.

VivoBook 14 A416 telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop terkini dengan kapasitas yang dapat di-upgrade lagi hingga 12GB. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5" SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, kamu juga dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini.

crystaldiskmark

Tidak hanya itu, laptop untuk produktivitas ini juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 37Wh yang cukup untuk menemani penggunanya beraktivitas seharian. Ketika diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office, VivoBook 14 A416 berhasil bertahan hingga hampir 8 jam.

ketahanan baterai vivobook 14 a416

Jika diasumsikan secara teoti berdasarkan percobaan tersebut, rata-rata jumlah jam kerja dalam sehari adalah delapan jam, artinya kamu tidak perlu lagi mengisi daya baterai laptop untuk seharian bekerja.

Berikut adalah hasil benchmark ASUS VivoBook 14 A416 versi Intel Core i3 dengan SSD 512GB dan RAM 4GB.


ASUS VivoBook 14 A416 3DMark

ASUS VivoBook 14 A416 Cinebench R20

ASUS VivoBook 14 A416 PCMark10

Kesimpulan


Jika perlu laptop untuk bekerja dan belajar dari rumah maka ASUS VivoBook 14 A416 merupakan rekomendasi yang tepat untuk kamu. Alasannya, tidak cuma memiliki spesifikasi serta fitur yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan dasar komputasi terkini, tapi laptop ini juga hadir dengan harga yang terjangkau.

Main Spec. ASUS VivoBook 14 A416
Prosesor Intel Core i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel Core i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Sistem Operasi Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe Gen3 x2 SSD
512GB PCIe Gen3 x2 SSD
1TB HDD+256GB SSD
Layar 14-Inch (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare
14-Inch (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare
14-Inch (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare
Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimensi 32,54 x 21,6 x 1,99 ~ 1,99 cm
Bobot 1,6 Kg
Warna Transparent Silver, Slate Grey
Harga Rp4.799.000 (Celeron N4020/Intel UHD Graphics/4GB/1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020/Intel UHD Graphics/256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3/Intel UHD Graphics/4GB/1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3/Intel UHD Graphics/4GB/512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3/GeForce MX330/4GB/256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5/GeForce MX330/4GB/512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5/GeForce MX330/4GB/1TB HDD+256GB PCIe SSD)
Garansi 2 tahun garansi global

Posting Komentar untuk "Pusing Pilih Laptop untuk Kerja atau Belajar Daring? Coba Cek ASUS VivoBook 14 A416"