Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Saluran TV Analog Dimatikan! Apakah Smart TV Perlu Antena?

smart tv


Mulai tanggal 2 November 2022, seluruh siaran TV analog di Indonesia sudah resmi dimatikan. Para pengguna smart TV yang sudah termasuk fitur TV digital di dalamnya mungkin tidak akan merasakan kesulitan. Namun, hal ini tentu saja menjadi masalah untuk para pemilik TV yang tidak memiliki fitur tersebut.

Kabar baiknya, ada solusi kok untuk pemilik TV biasa untuk bisa menambahkan teknologi TV digital ke TV analognya melalui Set Top Box (STB) TV digital. Kita bisa mendapatkan STB ini dengan membelinya di aplikasi e-commerse seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lainnya.

Bagi masyarakat yang kurang mampu juga bisa kok memperoleh bantuan STB dari pemerintah ke pihak KOMINFO dengan menghubungi nomor 159 atau kirim pesan ke nomor WhatsApp 08118202208. Namun, jika Anda merasa kurang mampu, silakan kontak saja nomor tersebut, tapi kalau punya uang, ya beli saja lah, jangan ribet.

Melihat dari tren TV zaman sekarang ini, sudah semakin banyak masyarakat yang menggunakan smart TV atau Android TV. Jika Anda mau beli TV, sebaiknya pilih yang seperti ini, jangan cuma LCD biasa. Dari sisi harga tentu lebih mahal smart TV, tapi fiturnya sudah lengkap, tidak perlu pasang STB untuk mengakses layanan TV digital.

Sosialisasi tentang migrasi TV analog ke TV digital juga sudah dilakukan sejak jauh hari, bahkan bertahun-tahun yang lalu. Bahkan, terjadi penundaan yang berulang-ulang hingga akhirnya pemerintah mengambil langkah tegas untuk secara total menghentikan siaran TV analog pada 2 November.

Beralih dari TV analog ke TV digital juga ternyata memiliki kepuasan tersendiri, mulai dari gambar yang selalu jernih, tidak perlu mengatur antena untuk mendapatkan gambar terbaik, dan tentu saja mendapatkan akses untuk menonton saluran TV digital yang sebelumnya tidak ada di TV analog, seperti Mentari TV, Gramedia TV, dan lainnya. Bahkan, TVRI memiliki beberapa saluran yang berbeda.

Buat Anda yang ingin beli smart TV, mungkin bertanya-tanya, apakah dengan menggunakan smart TV, kita jadi tidak perlu menggunakan antena? Jawabannya tentu saja masih perlu antena karena smart TV saja, tanpa antena, tidak cukup untuk mendapatkan sinyal saluran TV digital.

Kecuali kalau ingin mengakses aplikasi YouTube atau Netflix untuk nonton, yang Anda perlukan justru akses Wifi dan internet aktif, bukan antena TV atau STB.

Sampai di sini saya anggap Anda sudah mengerti, ya! Kalau belum mengerti juga, silakan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar!

Apakah smart TV bisa pakai antena biasa?


Jika Anda sudah beralih dari TV biasa ke smart TV, untuk bisa mendapatkan gelombang TV digital, kita hanya perlu memasang antena biasa saja.

Ya! Antena yang sama seperti yang digunakan pada TV digital. Tidak perlu produk yang mahal dan canggih, yang penting antena TV.

Tinggal gunakan antena dari TV analog lama Anda ke smart TV. Lakukan pencarian saluran TV digital melalui remote, dan biarkan program berjalan secara otomatis untuk mencari saluran yang tersedia.

1 komentar untuk "Saluran TV Analog Dimatikan! Apakah Smart TV Perlu Antena?"

  1. Tetapi smart tv di rmh saya knp tdk bs digunakan dgn antena biasa? Apakah perlu antena khusus ya

    BalasHapus