Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3R Sport Climbing Club Siap Majukan Panjat Tebing Indonesia

3R Sport Climbing Club

Seiring munculnya banyaknya atlet muda climbing berbakat di beberapa daerah, kini hadir 3R Sport Climbing Club di Tangerang Selatan.

Climbing atau juga dikenal dengan panjat tebing adalah olahraga menantang yang mampu memberikan sederet manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Penelitian membuktikan jika olahraga ini mampu mengurangi stres dan meningkatkan stamina. Panjat tebing juga telah dijadikan ajang kompetisi internasional diseluruh dunia.

Berlokasi di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Kota Tangerang Selatan, dihadiri sekitar 30 orang, Club 3R Sport Climbing telah resmi diresmikan pada Minggu, 21 Januari 2023. Saat ini, 3R sudah memiliki anggota sebanyak 19 atlet muda dengan rentang usia umur 6 hingga 15 tahun dengan komposisi 5 atlet putra dan 13 atlet putri yang mana semuanya sudah berprestasi pada event-event nasional.

"Saat ini club 3R tengah mempersiapkan tim atlet muda untuk mengikuti pertandingan open yang ada di tingkat Nasional maupun Internasional," ujar Sulaiman, Head coach 3R. "Ini merupakan insiasi pelatih dan orang tua atlet klub 3R agar bisa bergema di ajang nasional dan dunia. Kami merumuskan suatu metode pembinaan yang mampu menghasilkan atlet muda berkualitas dengan penuh semangat perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam cabang olahraga Panjat Tebing."

Arti kata dari 3R adalah Rasio Rasa Reaksi dimana sebelumnya telah menjalankan beberapa program latihan bagi atlet muda yang bergabung menjadi anggota club ini, seperti latihan bolder, latihan lead, dan latihan speed.

Adapun 3R Sport Climbing Club didukung penuh oleh Induk Organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dan Komite Olahraga Nasiona Indonesia (KONI) Pusat serta Kota Tangerang Selatan.

"Misi kami adalah menciptakan atlet muda yang professional melalui sistem latihan yang terprogram. Sedangkan visi kami jangka panjang adalah membentuk generasi muda yang sehat kuat jasmani maupun rohani, ulet, tangkas, cerdas, beretika dan berprestasi," jelas Muhamad Ridwan, Ketua 3R Sport Climbing Club.


3R Sport Climbing Club bekerja sama dengan PsySporte dimana psikologi coach, atlet serta orangtua atlet akan dibina untuk mendukung prestasi yang diharapkan.

Kami menerapkan metode pengajaran yang terintegrasi dan berkelanjutan. Disebut terintegrasi karena kami menerapkan latihan bolder, lead dan speed yang mengacu pada silabus sehingga pembelajaran anak-anak mempunyai tahapan dan target yang jelas. Disebut berkelanjutan karena seluruh latihan mereka akan terimplementasi melalui pertandingan terbuka di nasional dan pertandingan di luar negeri yang secara rutin terjadwal untuk diikuti," tutup Ridwan.

3R Sport Climbing Club sendiri beralamat di Jalan Cendrawasih No.37-38, Rt.05/05 Kel. Cipayung Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Posting Komentar untuk "3R Sport Climbing Club Siap Majukan Panjat Tebing Indonesia"