Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Anti Boncos! 5 Tips Menabung untuk Membeli Game Favorit

menabung untuk beli game

Seorang gamer seringkali menghadapi dilema antara keinginan untuk terus menikmati game favorit mereka dan tanggung jawab finansial, khususnya bagi yang sudah berkeluarga atau telah memiliki tanggungan.

Apalagi, harga game terbaru saat ini sudah terbilang tinggi. Jauh lebih mahal dari beberapa tahun silam, bahkan mencapai Rp1 jutaan untuk game biasa, bukan edisi kolektor.

Lalu, bagaimana para gamer dapat mengatur keuangan agar tetap bisa menabung dan membeli game favorit yang mereka idamkan?

Berikut adalah beberapa tips praktis yang mungkin dapat membantu!

Buat Anggaran


Tetapkan anggaran bulanan khusus untuk gaming. Identifikasi seberapa banyak uang yang dapat dialokasikan agar tidak mengganggu kebutuhan pokok atau tabungan utama. Pastikan juga Anda sudah memiliki dana darurat, dan jangan gunakan dana tersebut untuk keperluan gaming ya!

Jika Anda mendapatkan uang hadiah atau bonus, pertimbangkan untuk menggunakan sebagian atau seluruhnya untuk membeli game. Ini adalah cara bagus untuk memuaskan keinginan tanpa harus mengeluarkan uang ekstra.

Prioritaskan Game Favorit


Mengingat ada banyak banget game yang dirilis setiap bulan, maka kenali game mana yang benar-benar ingin Anda mainkan. Jangan cuma beli agar tidak ketinggalan tren terbaru atau hanya untuk status sosial dalam komunitas.

Fokuskan pembelian pada game yang paling dinanti dan hindari godaan untuk melakukan pembelian impulsif ketika ada diskon besar, seperti saat momen akhir tahun, Steam Sale atau PlayStation Sale.

Manfaatkan Diskon


Pantau penawaran dan diskon di berbagai platform penjualan game. Banyak toko online atau layanan langganan menawarkan potongan harga atau bundel yang dapat menghemat uang. Contohnya saat momen-momen khusus, seperti tahun baru, musim panas, musing dingin, musim gugur, dan black friday.

Hanya saja, hindari untuk melakukan pembelian impulsif karena penawaran diskon yang sangat besar dari game yang tidak Anda inginkan. Sebab, game tersebut berpotensi hanya akan memenuhi library game Anda, tanpa ada intensitas untuk dimainkan nantinya.

Jual atau Tukar Game Lama


Khusus bagi yang suka mengoleksi game fisik, jika memiliki koleksi game lama yang sudah tidak dimainkan lagi, pertimbangkan untuk menjual atau menukarnya dengan game baru yang ingin Anda mainkan.

Biasanya, ini dapat dilakukan untuk para pemilik Nintendo 3DS, Nintendo Switch, PlayStation 4, dan PlayStation 5. Agar bisa melakukan penjualan game fisik, hindari untuk melakukan pembelian game secara digital.

Maksimalkan Subscriptions


Banyak platform game yang memiliki program subscriptions, loyalitas atau membership. Bergabunglah dengan program tersebut untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk memainkan game yang Anda inginkan.

Untuk gamer suka bermain di konsol PlayStation, Anda bisa memanfaatkan program langganan PlayStation Plus. Sedangkan untuk pengguna Xbox, bisa memanfaatkan Xbox Game Pass. Atau PC Game Pass untuk gamer pengguna PC.

***

Dengan menerapkan tips ini, seorang gamer dapat menikmati game favorit mereka tanpa harus merasa terbebani secara finansial.

Tentukan prioritas keuangan Anda secara keseluruhan. Pastikan bahwa menabung untuk game tidak mengorbankan kebutuhan lebih penting, seperti biaya hidup sehari-hari atau dana darurat.

Pertimbangkan juga untuk bermain game gratis atau freemium. Banyak game menawarkan pengalaman yang memuaskan tanpa memerlukan pembayaran, meskipun beberapa item dalam game mungkin dapat dibeli.

Dengan pengelolaan keuangan yang bijak, menabung untuk membeli game yang diidamkan dapat menjadi pencapaian yang memuaskan.

Posting Komentar untuk "Anti Boncos! 5 Tips Menabung untuk Membeli Game Favorit"