Sabtu, 24 Oktober 2015

Jalan-Jalan ke Setu Babakan: Nyoba Laksa, Toge Goreng, Kerak Telor dan Bir Pletok

Pemandangan Setu Babakan

Srengseng Sawah - Sebagai warga Betawi yang tinggal di Jakarta, tidak pernah ke Setu Babakan itu rasanya kurang afdol. Bukan hanya untuk warga Betawi, tetapi Kru RRN rekomendasikan tempat ini kepada semua orang karena tempatnya asik untuk wisata, khususnya kuliner.

Setu Babakan adalah kampung budaya Betawi yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jagakarta, Jakarta Selatan. Sejatinya Setu Babakan adalah setu atau danau atau telaga yang dijadikan cagar budaya warga Betawi.

Di sekeliling Setu Babakan terdapat titik-titik wisata budaya seperti bangunan dan kuliner yang bisa dinikmati. Pada waktu-waktu tertentu, di Setu Babakan juga diselenggarakan pertunjukan budaya Betawi seperti lenong, tari-tarian, palang pintu dan lainnya.

Biaya masuk ke setu ini gratis, namun jika anda membawa kendaraan ada biaya retribusi yang perlu dibayar. Istilahnya uang parkir. Cukup bayar sekali, dan tunjukkan tiket yang telah dibayar jika ada yang menagih biaya ini lagi, karena ada 4 titik tempat masuk.

Ditujuan wisata budaya ini banyak berdiri warung-warung makanan. Menu yang ditawarkan beraneka ragam, mulai dari kuliner khas Betawi seperti: kerak telor, toge goreng, dan laksa; serta pilihan kuliner lain seperti: bubur ayam, mie ayam, ketoprak, sosis bakar, dan kentang spiral.

Laksa

Toge Goreng

Kerak Telor

Tidak ketinggalan minuman khas Betawi yang patut dicoba jika datang ke Setu Babakan yakni bir peletok. Bir peletok bukan minuman yang memabukkan, tetapi minuman sehat yang dibuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, kayu secang, cengkeh, sereh, gula pasir, kayu manis, pala dan lainnya.

Bir Pletok

Selain kuliner, di Setu Babakan juga ada olahraga air yaitu sepeda air atau dikenal juga dengan nama bebek-bebekan karena bentuknya seperti bebek. Dengan biaya yang terbilang murah, pengunjung bisa berkeliling setu (area sudah ditentukan) dalam durasi waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com