Selasa, 01 Desember 2015

Peringatan Hari AIDS Sedunia

Yuuki Konno

Pada bulan Agustus 1987 silam, James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk program AIDS global di organisasi kesehatan di Genewa, Swiss, telah mencetuskan Peringatan Hari AIDS Sedunia untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit berbahaya itu.

Kemudian, pada tahun 1988, Bunn mengubah peringatan Hari AIDS Sedunia itu menjadi setiap 1 Desember dengan pertimbangan dan sejarah yang cukup panjang.

Acquired Immune Deficiency Syndrome atau disingkat AIDS merupakan penyakit akibat infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang merusak sistem kekebalan tubuh. Pengidap penyakit ini lama kelamaan akan kehilangan ketahaan tubuhnya hingga rentan terhadap serangan penyakit.

Para peneliti obat-obatan belum menemukan penawar dari penyakit AIDS. Saat ini, AIDS hanya bisa dicegah dan dikurangi keganasannya dengan konsumsi beragam obat sepanjang hidup (yang Kru RRN ketahui).

Dalam anime Swords Art Online II, isu AIDS juga diangkat pada beberapa episode secara khusus meski tidak terlalu mendalam. Namun mengandung pesan yang cukup jelas kalau AIDS merupakan suatu penyakit yang harus diperangi sekaligus memuat pesan untuk mengayomi penderitanya. Penyakit tersebut menyerang salah satu karakter bernama Yuuki Konno atau Zekken.

"HIV atau AIDS. Jauhi pennyakitnya, bukan orangnya."

Pada awal tahun 2015, sineas Indonesia telah membuat sebuah film layar lebar yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Marsha Timothy berjudul "Nada untuk Asa" yang berkisah tentang ODHA (orang dengan HIV AIDS).

Penyebaran AIDS tidak mudah. AIDS tidak menular hanya karena berpelukan, bersalaman, bertukar pakaian, bersentuhan kulit atau keringat atau gigitan nyamuk sehingga anda tidak perlu takut tertular ketika ebrdampingan dengan ODHA.

Namun AIDS bisa menular pada beberapa kondisi seperti seks bebas tanpa kondom, penggunaan jarum suntik bersama, transfusi darah yang mengandung HIV, atau membuat tato dengan peralatan yang tidak steril.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com