Rabu, 16 Desember 2015

Inilah Daftar Gamedev Indonesia yang Sukses Raih Predikat "Top Developer" di Google Play Store

Android app on Google Play

Tahukah Anda kalau beberapa game developer (gamedev) Indonesia telah berhasil mendapat pengakuan dari Google sebagai Top Developer di market android-nya, Google Play Store?

Top Developer merupakan sebuah tanda atau simbol yang diberikan oleh Google untuk akun pengembang aplikasi di Play Store yang dinilai layak. Menurut saya, beberapa acuan Google dalam memberikan predikat tersebut adalah berdasarkan banyaknya jumlah download dan gamers yang memainkan game dari pengembang itu setiap harinya.

Siapa saja pengembang game yang berhasil mendapatkan predikat Top Developer dari Google, yuk lihat daftarnya di bawah ini.

1. Alegrium

Logo studio

Pengembang game dengan predikat Top Developer ini banyak menelurkan produk berupa game bergenre trivia seperti: Icon Pop Quiz, Icon Pop Song, Icon Pop Brand; game bergenre puzzle yakni Slide the Block; dan game bergenre strategi sekaligus salah satu peraih penghargaan Game Terbaik 2015 versi Google yaitu Billionaire.

2. Tebak Gambar

Logo game

Sebelumnya, pengembang game bergenre teka-teki ini mengaku bahwa mereka belum memiliki nama studio sendiri sehingga Tebak Gambar yang merupakan sebuah game dijadikan nama studio untuk sementara. Namun tempo hari, akhirnya Tebak Gambar telah menentukan nama studionya yaitu Kardus Imajinasi. Studio ini layak mendapatkan predikat sebagai Top Developer karena gamenya, Tebak Gambar, telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play.

3. Minimo

Logo studio

Ketika mendapat predikat Top Developer, studio asal Indonsia ini hanya memiliki satu game berjenis off-road racing yang berjudul Mini Racing Adventure. Keunggulan dari game ini, menurut saya, adalah fitur multiplayer lokal maupun online yang memungkinkan pemainnya untuk bermain dengan gamers di seluruh dunia.

4. Touchten Games

Logo studio

Tidak heran jika studio pengembang game ini mendapatkan predikat Top Developer dari Google, karena memang games yang dirilis oleh Touchten Games ini merupakan hasil buatannya sendiri dan gameplay-nya seru-seru. Bahkan salah satu gamenya yang berjudul Dazzle - Dagelan Puzzle berhasil mendapat penghargaan sebagai salah satu Game Terbaik 2015 versi Google.

5. Coming Soon

***

Jumlah studio game Indonesia yang mendapatkan predikat Top Developer memang belum banyak. Oleh karena itu, saya akan terus memperbarui artikel ini secara berkala apabila ada studio pengembang game asal Indonesia yang berhasil mendapat predikat Top Developer dari Google.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com