Kamis, 21 Januari 2016

Inilah Daftar Game Ragnarok Online yang Harus Diketahui RO Mania

Game online yang paling berbekas di hati gamers Indonesia adalah Ragnarok Online, MMORPG buatan Gravity yang terinspirasi dari manhwa (komik Korea) buatan Lee Myung-jin berjudul Ragnarok.

Kemunculan Ragnarok Online menjadi fenomena, khususnya di Indonesia, karena saat itulah game online mulai populer dan dikenal luas. Dikarenakan kepopuerannya, pengembangan franchise Ragnarok Online pun dilakukan. Bahkan Ragnarok Online diadaptasi menjadi sebuah anime yang berjudul Ragnarok The Animation.

Ragnarok Online

Ragnarok Online

Game ini adalah versi original Ragnarok Online dan yang paling populer di dunia. Ragnarok Online menyuguhkan kisah mitologi Norse yang mana kepercayaan terhadap dewa-dewi masih sangat kental. Dewa-dewi paling populer pada mitologi tersebut yang hadir pada game ini antara lain Odin, Freya, Loki, dan Valkyrie.

Dikembangkan oleh Gravity Inc dan rilis perdana di Korea pada tahun 2002. Bergenre MMOPRG dan dimainkan di perangkat PC. Grafis yang ditampilkan merupakan gabungan antara 2.5D (karakter dan monster) dan 3D (lingkungan).

Sayangnya saat ini Ragnarok Online mulai kehilangan penggemar karena patch Renewal yang mengubah sebagian besar mekanisme permainannya. Di Indonesia sendiri, banyak penggemar Ragnarok Online beralih dari official server ke private server yang menjalankan mekanisme sebelum Renewal.

***

Di bawah ini adalah 7 game dari franchise Ragnarok Online yang harus diketahui oleh RO Mania (julukan bagi penggemar game Ragnarok Online).

1. Ragnarok Online 2: The Gate of the World

Ragnarok Online 2: The Gate of World

Ini adalah sekuel dari Ragnarok Online. Masih dikembangkan oleh Gravity dan tetap mengusung genre MMORPG yang dimainkan di perangkat PC. Hanya saja, popularitas game Ragnarok Online; The Gate of the World tidak setinggi prekuelnya.

Ragnarok Online 2: The Gate of the World memulai tahap open beta pada tahun 2007 di Korea, sedangkan layanan game ini dihentikan pada tahun 2010 karena kurangnya peminat. Bahkan disebut sebagai game gagal.

2. Ragnarok Online 2: Legend of the Second

Ragnarok Online 2: Legend of the Second

Kegagalan Ragnarok Online 2: The Gate of the World membuat Gravity memutuskan untuk membuat ulang game tersebut. Maka munculah game ini sebagai versi terbaru sebagai sekuel Ragnarok Online yang diberi judul Ragnarok Online 2: Legend of the Second. Tetap bergenre MMORPG dan dimainkan di perangkat PC.

Kemunculan game ini membuat gamers seluruh dunia hype, bahkan saat versi berbahasa Inggris rilis di Asia Tenggara, server game tersebut tidak mampu menampung tingginya antusiasme gamers seluruh dunia (Amerika, Eropa, dan Indonesia) yang ingin login ke dalam game.

Sayangnya, antusisme tersebut tidak dibarengi dengan gameplay yang seru sehingga selang beberapa bulan setelah rilis, game ini kehilangan pesonanya dan mulai sepi peminat sehingga beberapa negara telah menghentikan layanan game ini, termasuk Korea.

3. Ragnarok: Guild Masters

Ragnarok: Guild Masters

Spin-off pertama dari franchise Ragnarok Online yang mana game ini bukan PC client seperti biasanya, melainkan sebuah game browser berdengan genre strategi buatan Gravity yang bekerja sama dengan Neocyon. Menggunakan aset dari game Ragnarok Online seperti karakter, monster perkotaan dan item, tetapi berbeda gameplay.

Pemain harus merancang bangunan guild serta bergabung dengan salah satu faksi, yaitu: Arunafeltz, Schwarzwald atau Rune-Midgard; untuk bertarung melawan guild lain. Rilis perdana tahun 2011 di Korea. Sayangnya, game ini tidak begitu populer sehingga layanannya pun berakhir pada tahun 2013.

4. Ragnarok Violet

Ragnarok Violet

Spin-off Ragnarok Online pertama untuk perangkat mobile, bukan smartphone. Rilis perdana pada tahun 2005 dan akhirnya rilis ke iOS pada tahun 2011.

Pada game ini, permain berperan sebagai seorang Knight bernama Clide untuk menjelajahi dunia Midgard alias pemain tidak bisa menentukan job apa yang digunakan.

Pada tahun 2011, game ini mendapat porting ke perangkat berbasis iOS. Hanya saja, dikarenakan tidak populer, game ini sudah dihilangkan dari market.

5. Ragnarok Scarlet

Ragnarok Scarlet

Game ini memiliki kemiripan dengan Ragnarok Violet, hanya saja pemain tidak menggunakan Knight, tetapi wanita Gunslinger. Game ini tidak pernah keluar dari market Korea sehingga banyak RO Mania yang tidak mengetahui game ini.

Namun RO Mania harus tahu bahwa kostum Gunslinger di Ragnarok Online 2 mengikuti kostum dari game ini, bukan seperti di Ragnarok Online pertama. Sayangnya, game ini juga sudah tidak tersedia di market.

6. Ragnarok Online: Valkyrie Uprising

Ragnarok Online: Valkyrie Uprising

Kemunculan game versi android dan iOS ini menjadi angin segar bagi RO Mania. Bahkan ketika awal rilis, Ragnarok Online: Valkyrie Uprising ini memberlakukan pembatasan untuk wilayah di App Store dan Google Play. Namun gamers Indonesia melakukan ebragam cara untuk bisa memainkannya seperti menggunakan file .APK dari situs penyedia.

Ragnarok Online: Valkyrie Upising adalah MMORPG buatan Neocyon yang bekerja sama dengan Gravity, sama seperti spin-off Ragnarok Online lainnya. Gameplay yang disuguhkan mirip dengan game Zenonia.

Kepopuleran game ini membuatnya banyak dirilis oleh berbagai publisher game di seluruh dunia dan memiliki beberapa nama alternatif antara lain Ragnarok: War of Gods dan setelah update judulnya berubah menjadi Ragnarok: Path of Heroes.

Hanya saja, selang beberapa tahun kemudian, banyak publisher yang menutup layanan game ini karena kehilangan banyak peminat. an pada tahun 2015, hanya beberapa server dari game ini yang mampu bertahan.

7. Ragnarok: Ash Vacuum

Ragnarok: Ash Vacuum

Spin-off dari Ragnarok Online untuk perangkat berbasis android dan iOS. Game ini adalah sekuel dari Ragnarok: Guild Masters. Dikembangkan oleh Neocyon yang bekerja sama dengan Gravity game ini mengusung genre strategi yang mana pemain mengembangkan kota serta bangunaannya, dan meningkatkan level karakter.


Game ini rilis perdana di Korea pada tahun 2013, tetapi karena kurang populer maka layanannya pun dihentikan pada tahun yang sama. Setelah itu game ini rilis untuk wilayah Amerika pada tahun 2014 dengan nama Ragnarok Empire, namun karena tidak mampu menarik perhatian gamers maka layanannya pun dihentikan pada tahun 2015.

***

Demikian pembahasan Kru RRN untuk game-game Ragnarok Online yang pernah ada. Berdasarkan pengamatan selama ini, game yang mengusung judul Ragnarok Online akan selalu hype di awal, namun lama-kelamaan kehilangan popularitas karena tidak bisa memenuhi harapan gamers yang nge-hype itu.

Special mention!!

Ragnarok Online Dream

Ragnarok Online Dream

Game ini diumumkan pertama kali di ajan ChinaJoy 2015, Tiongkok. Dilihat dari video promosi, gameplay pada Ragnarok Online Dream ini lebih mirip dengan Ragnarok Online pertama. Misalnya pilihan kelas, perubahan job, desain kotak chating, emoticon lucu, wujud monster, MVP, kartu monster, dan perang antar guild (War of Emperium).

Jika mengacu ke poster promosinya, game ini terlihat memiliki tampilan seperti Ragnarok Online 2; Legend of the Second. Dengan pengamatan tersebut, Kru RRN mengambil kesimpulan bahwa grafis karakter yang jauh lebih baik, bukan pixel seperti dulu dan tidak juga 3D banget seperti Ragnarok Online 2: Legend of the Second.

Nampaknya game dikembangkan untuk perangkat berbasis android dan iOS ini akan menjadi Ragnarok Online sesungguhnya yang diharapkan oleh RO Mania. Hanya saja, hingga artikel ini rilis (21/1/2016) belum ada petunjuk apapun untuk tanggal rilisnya.

2 komentar:

  1. kapan ya release ragnarok online dream?
    aku uda nunggu dan nyoba nyari apk nya tapi belum ketemu..
    minta info ya bagi yang tau kapan rilis dan yang sudah memainkan gamenya..
    makasih

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com