Senin, 25 Januari 2016

Siap Diperiksa oleh Para Ahli, Tangan Robot Tawan Mendadak Rusak

I Wayan Sumardana

Bali - Masih mengenai si tangan robot, I Wayan Sumardana. Sempat diberitakan bahwa pencipta lengan robot yang dikendalikan dengan sinyal otak yang dikenal dengan sapaan Tawan bersedia untuk tangan robotnya itu diperiksa oleh para alhi atau pakar robotik.

Hanya saja, selang sehari dari pemberitaan tersebut sebuah kabar susulan menyatakan bahwa lengan robot buatan pria yang dijuluki Iron Man itu mendadak rusak karena sensor pembaca sinyal otaknya tidak berfungsi. Dugaan sementara bahwa kerusakan sensor dikarenakan terkena air hujan ditinggal berobat.

Menurut pria yang tangan kirinya lumpuh itu, dibutuhkan waktu setidaknya dua bulan untuk memperbaiki lengan robot yang sengaja dibuatnya untuk membantu kesehariannya dalam bekerja di bengkel las, Bali.

Baca juga: Analisa Netizen: Tangan Robot Tukang Las Bali Ternyata Hoax

Ia menjelaskan butuh waktu cukup lama untuk mencari perangkat yang dibutuhkan untuk memperbaiki tangan robotnya itu. Dilansir dari Kompas.com, Tawan mengaku mencari perangkat yang dibutuhkan dari barang-barang bekas.

Sebagai pengganti tangan robot yang dikendalikan oleh sinyal otak, untuk sementara Tawan menggunakan tali untuk menopang tangan kirinya yang lumpuh agar bisa tetap bekerja di bengkel lasnya.

Beredarnya pemberitaan mengenai Tawan ini cukup memunculkan pro dan kontra di masyarakat, khususnya Netizen. Bagi yang pro menyatakan apresiasi kepada tawan atas temuan dan kegigihannya dalam mengatasi masalah hidup, sedangkan pihak yang kontra menilai tangan robot yang dibuat oleh Tawan dari barang bekas itu adalah palsu alias hoax belaka.

Terlepas pro dan kontra di masyarakat, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika telah memberikan apresiasi kepada suami dari Nengah Sudiartini ini atas kreativitasnya dalam menghadapi keterbatasan serta berharap agar sosok Tawan ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemuda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com