Kamis, 21 Januari 2016

Analisa Netizen: Tangan Robot Tukang Las Bali Ternyata Hoax

Tangan kiri robotik

Bali - Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan oleh pria asal Bali berinisial IWS, seorang tukang las dengan tangan kiri yang didukung oleh rangkaian robotik yang dibuatnya sendiri dari barang bekas dan bisa dikendalikan dengan menggunakan gelombang pikiran.

Seorang Netizen berinisial MAA melaluia kun Facebook memberikan analisanya terkait pemberitaan tersebut berdasarkan foto yang ia lihat dari BBC Indonesia. MAA menjelaskan bahwa perangkat tersebut adalah palsu atau hoax.

Rangkaian,
foto oleh Ragil Lestari

MAA menjelaskan kronologi yang mendasari dirinya untuk berpendapat bahwa perangkat tangan robot yang dikendalikan oleh pikiran itu adalah palsu, mulai dari analisa port USB dan port audio yang biasa terdapat di motherboard komputer hingga analisa papan sirkuit (PCB) yang sudah tidak layak pakai.

MAA berkesimpulan bahwa IWS tidak membuat sendiri rangkaian komputer yang ada di tangan robotnya, melainkan hanya mengambil rangkaian sirkuit elektronik tersebut dari suatu alat yang tersambung ke komputer.

Baca juga: 2 Cara Buktikan Kebenaran Tangan Robot "Iron Man" Tukang Las Bali 

Terakhir, ia juga melihat bahwa ada PCB yang teridentifikasi sebagai bagian dari mouse komputer. "Yang jelas, saya salut pada orang ini. Dia berhasil membual dan banyak yang percaya," tulis MAA.

Meski banyak yang percaya dengan pemberitaan tentang IWS, sebelum MAA mengutarakan analisanya, Netizen asal Rempoa, banten, juga meragukan kebenaran dari tangan robot tersebut.

Menurut Bang Fakry, tukang topeng Iron Man pasar malam, melalui akun Facebook-nya "Bukannya meragukan kemampuan kang las tapi ya, kalau dia benar bisa bikin tangan robot, harusnya dia nggak kerja di bengkel las tapi di Stark Industries."

10 komentar:

  1. ane lebih percaya orang yang sudah mengeceknya langsung dari pada analisa2 atau kita sebut saja teori tanpa dasar ini :v mau jadi detektif yaa kalo berani sekalian temui si "robot" sana hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang ngeceknya ternyata gak beneran ngecek gimana, masih mau percaya? :v

      Hapus
    2. Saya nggak ada modal buat ngecek ke Bali, karena mahal dan jauh pula, haha. Serahkan ke Yang Maha Kuasa sajalah :)

      Hapus
  2. padahal sempet kagum, ternyata gwe ketipu :v

    BalasHapus
  3. Buktiin dulu secara teoritis sebelum memutuskan membuat postingan yaang bersifat judge..

    BalasHapus
  4. ahh hanya teori dari si peng...
    sipengamat foto.,kirain udah cek fisik.

    BalasHapus
  5. lha itu kok ada tabung bekas pemanas pd dispenser,fungsinya buat nyimpen tekanan hydrolik atau buat bikin kopi?

    BalasHapus
  6. ngumpulin bitcoin gratis , 1 bitcoin = rp 5 juta
    http://freebitco.in/?r=2067139
    tahun 2009 1 bitcoin = $0,3
    tahun 2016 1 bitcoin = $370
    ayo gan daftar, lumayan kan siapa tau tahun 2020 1 bitcoin bisa jd $600
    hitung hitung investasi juga kan, gak rugi kok

    BalasHapus
  7. Ah masa bodo mau asli atau palsu gak ada untung/ruginya buat gue apalagi buat elu, yang gituan gak bisa dijual

    BalasHapus
  8. Kepancing orang gila yg gagal jadi Iron Man

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com