Jumat, 29 April 2016

Musa La Ode Abu Hanafi, Juara 3 Lomba Penghapal Al-Quran Internasional Kategori Anak-Anak dari Indonesia

Musa La Ode Abu Hanafi (kedua dari kanan)

Bangsa Indonesia harus bangga terhadap prestasi yang telah ditorehkan oleh hafiz cilik ini, Musa La Ode Abu Hanafi, karena pada usianya yang masih 7 tahun ia berhasil menjadi juara ketiga dalam ajang penghapal Al-Quran bertajuk Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional yang ke-23 di Sharm El-Sheikh, Mesir, pada 10-14 April 2016 lalu.

Pada ajang tersebut, Musa mendapat juara 3 dalam cabang Hifz Al-Quran kategori Anak-Anak dengan meraih nilai 91,17 dari dewan juri. Meski demikian, aksinya dalam melafalkan setiap ayat suci Al-Quran membuat para dewan juri dan hadirin yang menyaksikannya tersentuh dan menitikkan air mata. Namun tidak dapat dihindari, dikarenakan usianya masih cukup muda yang menyebabkan pelafalan huruf R masih kurang jelas alias cadel sehingga makharijul huruf-nya kurang sempurna.

Mengingat Musa adalah juara ketiga, juara pertama dalam kategori yang sama dengannya adalah Ala Muhammad (9 tahun) dari Buhairah, Mesir, dengan perolehan nilai 98,58. Sedangkan juara kedua diraih oleh hafiz asal Kafr E-Sheikh, Mesir, bernama Bilal Muhammad Sayyid (10 tahun).

Karir Hafiz Musa

Prestasi dari anak laki-laki kelahiran Bangka Barat, Bangka Belitung, tahun 2008, ini sudah dimulai sejak tahun 2014 yang mana kala itu ia berhasil menjadi juara pertama dalam ajang Hafiz Indonesia yang diselenggarakan oleh televisi swasta Indonesia.

Pada usianya yang hampir mencapai 6 tahun, Musa sudah mampu menghafalkan seluruh juz di Al-Quran, tepatnya 29 juz dari 30 juz. Di usia yang sama pula Musa berhasil meraih peringkat ke-12 dalam ajang penghapal Al-Quran yang digelar di Jeddah, Arab Saudi, dengan perolehan skor 90,83 dan mendapatkan kredikat Mumtaz. Pasca lomba, Musa berhasil menuntaskan hapalan Al-Quran sampai 30 juz yang mana sebelum lomba di Jeddah itu, hapalan Musa masih kurang 2 surah saja.

Di tahun 2014, anak laki-laki dari pasangan La Ode Abu Hanafi Abu Musa (ayah) dan Yulianti (ibu) ini memperoleh piagam penghargaan  rekor MURI sebagai Hafiz Al-Quran 30 Juz termuda di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com