Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Batu Melayang Misterius karena Ingin Ikut Nabi Muhammad SAW Isra Mi'raj

batu melayang
Misteri batu melayang

"Subhanalloh... batu ini bekas pijakan Nabi Muhammad SAW naik ke Buroq waktu Isra Mi'raj. Pada waktu itu batu ini ingin ikut bersama Nabi menghadap Allah SWT, tapi dilarang oleh Malaikat Jibril. Sampai sekarang batu itu menggantung saja tidak mau ke tanah lagi."

Itulah cerita yang tertulis pada sebuah foto yang dikirim oleh netizen ke media sosial (medsos). Foto itu membuat sebagian netizen percaya begitu saja, tetapi ada juga yang bertanya-tanya tentang kebenarannya. Namun apakah cerita itu benar atau hanya hoax atau karangan orang tidak bertangung jawab untuk membodohi umat Islam?

Setelah mencari tahu melalui Google Images dan berbagai sumber untuk mendeteksi kebenaran foto yang ada di posting itu. Ternyata situs luar negeri banyak yang memuat informasi tersebut. Pencarian pun terus dilakukan untuk mencari kebenaran tentang batu melayang hingga akhirnya sampai pada hasil pencarian yang mencerahkan.

Batu tersebut memang benar ada, bukan bohongan, letaknya di Bandara Kairo, Mesir, yang merupakan sebuah patung (statue). Belum diketahui siapa pematung yang membuatnya. Dugaan sementara, patung batu terbang yang diikat tali tambang ke batu di bawahnya itu dibuat oleh Shabaan Mohamed Abbas, pematung kontemporer terkenal Mesir kelahiran 7 November 1969 yang telah wafat di usia 41 tahun pada 17 November 2010 silam.

batu melayang isra mikraj
Patung di Cairo Airport, Mesir

Selain patung batu di Bandara Kairo, ada juga cerita hoax tentang batu melayang di Palestina yang tidak mau turun ke tanah atau bumi karena ingin ikut Nabi Muhammad SAW ketika Isra Mikraj. Batu ini memang benar ada. Hanya saja tidak melayang, melainkan terdapat penyangga berupa batu-batu yang jauh lebih kecil di bawahnya sehingga terlihat melayang.

Yang menjadi masalah adalah ketika penyangga berupa batu-batu kecil pada foto dari batu berukuran besar itu direkayasa sampai hilang oleh orang tidak bertanggung jawab sehingga batu besar di Plaestina itu terihat melayang. Apalagi ditambahi cerita fiksi untuk membodohi umat Islam yang sama seperti narasi pada batu di Bandara Kairo, Mesir.

Di bawah ini adalah foto dari batu tersebut.

batu melayang hoax
Batu melayang hoax

batu melayang hoax
Batu melayang asli

Kesimpulannya, batu melayang yang diikat tali di Bandara Kairo, Mesir, ini adalah hoax atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Saran saya, sebaiknya jangan percaya begitu saja mengenai hal aneh yang tersebar di medsos. Ada baiknya untuk memeriksa kebenarannya terlebih dahulu dengan melakukan pencarian di Google atau bertanya kepada orang yang diangap mengerti.

***

Isra Mi'raj adalah peristiwa penting bagi umat Islam, berupa perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk menerima wahyu shalat, langsung dari Allah SWT.

Dalam peristiwa Isra, Rasulullah SAW berjalan menggunakan Buraq dari Masjidil Haram di Kota Mekah ke Baitul Maqdis (Masjid Al-Aqsha) di Yerusalem (saat ini bernama Palestina). Kemudian, beliau ber-Mikraj bersama Malaikat Jibril dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh untuk menerima wahyu shalat lima waktu dari Allah SWT.

23 komentar untuk "Batu Melayang Misterius karena Ingin Ikut Nabi Muhammad SAW Isra Mi'raj"

  1. terima kasih atas informasinya..
    sangat bermanfaat sekali artikelnya..

    BalasHapus
  2. Iam Saving it.is it too really ?so email me. tulonvps@gmail.com .

    BalasHapus
  3. Iam Saving it.is it too really ?so email me. tulonvps@gmail.com .

    BalasHapus
  4. Makasih infonya....ini lebih akurat

    BalasHapus
  5. Ooo... Ternyta hny HOAX sj. Sblum sya mncri tahu.. Ad sh rasa percya ga percya and penasaran. Hnya orang2 kga puny kerjaan yg nyebrin brita Hoax...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mb Ratna.. sebernya kita bisa nilai berita ini klo diikuti rasa iman ya benar ada.a jadi tidak meragukan itu kebohongan..tnx

      Hapus
  6. Ooo... Ternyta hny HOAX sj. Sblum sya mncri tahu.. Ad sh rasa percya ga percya and penasaran. Hnya orang2 kga puny kerjaan yg nyebrin brita Hoax...!!!

    BalasHapus
  7. Walau bener atau engga, beliau tetap panutanku

    BalasHapus
  8. terima kasih....
    semoga Allah SWT Selalu Melindungi Kita...

    BalasHapus
  9. Maaf, sepengetahuan saya, batu kecil sebagai penyangga itu adalah perbuatan orang-orang Yahudi. Batu itu aslinya memang tidak mempunyai penyangga, alias betul-betul melayang. Penyangga itu sengaja dibikin oleh Israel karena kebencian mereka kepada Islam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya Allah yang tahu..tp kalau betul tak berkaitan dengan israk mikraj..mngkin ada peristiwa lain.. Dn mngkin Allah nk tnjukkan kekuasaanNya.. Sbb dr apa yg kita tgk.. Batu yg diatas itu terikat bersama dgn batu dibawahnya..dn yang mngikatnya adlah tali.. Melainkan tali yg kita nmpak itu buka tali sebenar tp binaan drp simen..apa apa pun kna pergi sana tgk sndri dan dgr sndri penjelasan..smestinya ada kisah tersendiri..apa2 pun...smua ini ada ni bawah pengetahuan Allah S. W. T..waalluallam

      Hapus
  10. Apa mereka masih juga mengingkari kekuasaan Allah

    BalasHapus
  11. Penyangga itu sengaja dibikin oleh Israel karena kebencian mereka kepada Islam..

    bENER JUGA. kalau dr awalnya karena ada penyanggah, pasti 1400 tahun kemudian batu besar itu sudah terjatuh dari penyanggahnya.Tidak melayang lagi.

    BalasHapus
  12. Gambar nya hoax semua... batu nabi saw tak seperti itu... yg pasti di lindungi
    Cek di= https://qhazanah.wordpress.com/2009/07/21/benarkah-batu-terapung-dalam-peristiwa-isra-mikraj-di-palestin/

    BalasHapus
  13. goblok semua lagi lagi mngkambing hitamkan israel
    padahal kalian yg saling membodohi

    BalasHapus
  14. Ketauan juga ahir nya kebohongan memalukan
    Bukan menambah kuat iman org awam.
    Justru makin menjadi racun dalam keyakinan,,
    Mungkin ini xuma salah satu nya aja
    Kebohongan yg terkuak

    BalasHapus
  15. ga ada yg tau itu rahasiah allah semoga istarael musnah allah huakbar

    BalasHapus
  16. klo kita melihat sendiri batu tersebut di bandara Kairo biasa saja karena memang ada penyangga besinya. Saya melihat sendiri waktu mobil mau menuju pintu masuk bandara.

    BalasHapus
  17. yang di Kairo ternyata patung yah... bagus juga sih bikinannya...

    BalasHapus
  18. I just love to read new topics from you blog.`,`,~

    BalasHapus