Kamis, 21 Juli 2016

Tahukan Anda? Hari Game Indonesia Jatuh pada 8 Agustus

HARGAI

Wow, Anda akan semakin bangga jadi gamer Indonesia setelah mengetahui kabar bahwa tanggal 8 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Game Indonesia, sebuah peringatan nasional yang ditetapkan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan dukungan pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2016.

Tujuan dari Hari Game Indonesia atau disingkat HARGAI adalah untuk memberikan apresiasi serta penghargaan kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung industri game di Indonesia selama ini. Dengan ditetapkannya HARGAI, diharapankan agar masyarakat dapat terus memberi mendukung dan semakin menghargai karya games buatan kreator Indonesia.

HARGAI diprakarsai oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) atas dukungan dari berbagai pihak, khususnya instansi pemerintah Republik Indonesia, yaitu Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementrian Perindustrian (Kemenperin), dan kerja sama dari pihak swasta, yakni Google Play.

Logo HARGAI disuguhkan dalam ikon-ikon dengan makna mendalam. Terdapat 4 (empat) ikon dalam logo Hari Game Indonesia yang diadopsi untuk mewakili empat era dari generasi gamer di Indonesia, yaitu: ular tangga, kontroler konsol, mouse dan mobile phone.

Makna dari logo HARGAI, sebagai berikut:
  • Ular tangga: boardgame sekaligus permainan tradisional yang dimainkan menggunakan papan dan pion. Ikon Permainan yang populer dikalangan masyarakat ini digunakan untuk mewakili generasi babyboomers yang rata-rata telah berusia 52 hingga 72 tahun pada tahun 2016.
  • Kontroler konsol: Generasi game modern awal yang paling populer di Asia dan Indonesia pada pertengahan tahun 80an sampai sekarang. Ikon kontroler konsol pada logo HARGAI dipilih untuk mewakili generasi pada era ini.
  • Mouse: PC game yang booming pada tahun 2000an tentunya menjadi fenomena dalam industri hiburan di Indonesia sekaligus membuat industri game, online maupun offline, di tanah air berkembang sangat pesat. Pada era ini pula mulai banyak pengusaha lokal yang berani terjun ke dalam bisnis penerbitan game online di PC. Ikon mouse disematkan dalam logo Hari Game Indonesia untuk mewakili generasi PC gamer.
  • Mobile phone: Salah satu perangkat yang paling mutakhir dan banyak digunakan oleh banyak kalangan, mobile phone merupakan ikon yang sangat cocok untuk mewakili generasi masa kini. Pengguna mobile phone dapat mengunduh berbagai game dengan mudah sejak diluncurkannya Apple App Store pada tahun 2008.


Situs HARGAI: www.harigameindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com