Jumat, 22 Juli 2016

Tanggul Jebol, Kali Pesanggrahan Ulujami Meluap

Meluap

Pada Jumat (22/7/2016), tanggul Kali Pesanggrahan, Ulujami, jebol dikarenakan debit air yang melimpah akibat hujan deras. Akibatnya, warga di sekitar tempat jebolnya tanggul mengalami musibah banjir setinggi satu meter.

Lokasi yang mengalami banjir paling parah berada di Jalan Perdatam III RW. 05, Ulujami, karena jaraknya berada tepat di jebolan Kali Pesanggrahan. Ketika jebol, warga sempat mencoba menutup jebolan dengan karung pasir, namun dikarenakan area jebolannya cukup luas dan terjadi di tiga titik, maka usaha warga pun tidak banyak memberikan hasil.

Meluapnya Kali Pesanggrahan berakibat ditutupnya Jembatan Padang yang berada di Gang Padang CC 3, Jalan Pahlawan, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ditutupnya jembatan yang sering digunakan pemotor sebagai jalan pintas dari Sukabumi Selatan ke Ulujami itu membuat para pemotor putar arah untuk mencari jalan alternatif yang berakibat macet di jalan sekitar jembatan.

Warga setempat, Jujun, menjelaskan bahwa permukaan air Kali Pesanggrahan sudah menyentuh bagian bawah Jembatan Padang sekitar jam 16.00 WIB yang mana sebelumnya terjadi hujan deras pada jam 12.00 WIB. Meski demikian, air tidak sampai meluap ke atas jembatan walaupun di pinggir kali, air sudah mulai menggenangi jalan di area perumahan warga.

"Untung kali sudah dilebarin, jadi airnya nggak sampe meluap seperti dulu. Kalau dulu mah, luapan air sampai nutupin jembatan," ucap Jujun. "Kalau dulu, emang sering banjir, kalau sekarang sudah jarang, karena kalinya sudah dilebarin. Mungkin nanti malem air sudah surut, kalau tidak, besok dah," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com