Selasa, 12 Juli 2016

Pengalaman Hiking dan Tarif Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

Tarif Wisata Alam

Pemberitahuan kepada para pengunjung Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Penetapan tarif jasa wisata kepada para pengunjugn wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara di taman wisata alam gunung Papandayan Kabupaten Garut, berlaku tanggal 5 Juli 2016 dengan rincian sebagai berikut.
  1. PP No.12 Tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) yang berlaku pada Kementrian Kehutangan.
  2. Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan utan dan Konservasi Alam No.113/IV-SET/2014 Tanggal 17 Jni 2014 Tentang Penetapan Rayon di Taman Wisata Nasional, Taman Wisata Alam dan Taman Buru.
  3. Surat Keputusan Direktur Utama PT. Asri Indal Lestari No.1/Dir/Kpts.III/AIL/TWA.Papandayan/2016.

Catatan:
  • Tarif masuk untuk wisatawan domestik (dalam negeri), berbeda dengan tarif wisatawan mancanegara (luar negeri) yang mana tarif domestik lebih murah.
  • Tarif hari biasa lebhi murah dibandingkan dengan tarif hari libur.
  • Terlepas aktivitas wisata, pengunjung akan dikenakan biasa khusus untuk keperluan lain, yaitu: camping (berkemah), shooting, foto pre-wedding, pemasangan umbul-umbul, dan membuka stand jualan.
  • Tarif dapat berubah sewaktu-waktu.

Gunung Papandayan

Berdasarkan pengalaman saya saat berwisata ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Garut, pada libur panjang lebaran tahun 2016. Suasana destinasi wisata alam ini masih sangat asri, pemandangan indah, udara dan air yang sangat sejuk (sebaiknya pakai jaket), ada mushola dan toilet, tempat parkir (mobil/motor) luas, akses jalan yang mudah dan sudah diaspal, jalur dakian yang mudah, ada jasa angkut barang ke puncak gunung, di puncak ada kawah semburan belerang (disarankan memakai masker), dan sepertinya di puncak juga ada warung bagi Anda yang ingin ngopi atau makan mie instan.

Sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang berkunjung ke Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Hiking bersama istri

Lokasi kawah semburan belerang

1 komentar:

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com