Rabu, 31 Agustus 2016

Bayar Pajak Bumi dan Bangunan via Internet Banking BCA, Nggak Perlu Antre di Kantor Kelurahan

SPPT PBB

Batas pembayaran tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selalu jatuh pada tanggal 31 Agustus, begitupun pada tahun 2016 ini. Biasanya, ibu saya melakukan pembayaran pajak langsung di kantor kelurahan.

Bayar pajak di kelurahan itu enggak asyik banget, karena harus antre dengan warga lain yang sama-sama ingin membayar pajak juga. Nah, untuk tahun ini, saya merekomendasikan ibu untuk melakukan pembayaran PBB melalui internet banking BCA agar lebih cepat, mudah dan tidak perlu buang waktu untuk antre di kelurahan.

Cara bayar PBB via internet banking BCA itu gampang. Persyaratannya hanyalah Anda sudah terdaftar di layanan internet banking BCA dan memiliki KeyBCA (token).

Anda dapat membukan situs KlikBCA (www.klikbca.com), pilih Individual Login.

Masukkan User ID BCA dan password Anda.

Setelah berhasil masuk, di daftar menu bagian kiri, Anda bisa klik menu Pembayaran.


Kemudian klik menu Pajak.


Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan nomor objek pajak (NOP). Nomor ini tidak berubah-ubah, setiap tahunnya akan sama. Anda bisa langsung mengisinya meski belum mendapat surat tagihan dari kelurahan. Yang penting, Anda isi tahun pembayaran dengan benar. Kemudian klik "Lanjutkan".

Masukkan NOP dan tahun pembayaran

Jika tagihan Anda sudah lunas, akan ada pemberitahuan bahwa tidak ada tagihan PBB untuk NOP yang Anda masukkan. Namun jika tagihan belum dibayar, Anda akan diteruskan ke halaman selanjutnya, yakni validasi data, yang memperlihatkan data diri Anda. Jika data yang ditunjukkan sudah sesuai, masukan nomor validasi KeyBCA (Apply 1).

Selesai, silahkan simpan tanda bukti pembayaran Anda.


Catatan:

Anda bisa melakukan pembayaran untuk lebih dari satu NOP. Saya sendiri melakukan pembayaran dua NOP untuk tagihan PBB yang berbeda.

Tidak perlu melakukan validasi pembayaran ke kantor kelurahan, karena sistem pembayaran melalui internet banking ini sudah online sehingga jika Anda sudah bayar lunas melalui internet banking BCA, maka datanya sudah tercatat di pusat data.

SPPT PBB bukan tanda kepemilikan tanah dan bangunan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com