Senin, 12 September 2016

Apakah Ini Alasan Sesungguhnya Namco Bandai Ganti Nama?

jackller - Master Fakry

Saya punya cerita menarik bagi gamer Indonesia, khususnya bagi penggemar game terbitan Bandai Namco (gabungan dari perusahaan Bandai dan Namco, yang sebelumnya juga dikenal dengan Namco Bandai). Dikarenakan cerita yang saya angkat pada artikel ini adalah tentang perubahan nama seluruh perusahaan dengan nama Namco Bandai menjadi Bandai Namco pada awal tahun 2014 silam.

Awalnya begini. Tepatnya pada tanggal 30 November 2013, saya mendapat tugas dari kantor untuk meliput gathering komunitas Tekken Indonesia yang berlangsung di game center XXI Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Pada acara tersebut, hadir gamer Tekken dari Jepang yang kebetulan bekerja sebagai International Sales Section di Namco Bandai, yakni Bando "jackller" Shunsuke. jackller ini bisa main game Tekken di mesin arcade hanya dengan satu tangan, lho.

Ketika berjumpa dengan jackller, saya mengajukan sebuah pertanyaan secara pribadi kepadanya dalam bahasa Inggris (jackller dapat berbahasa Inggris dengan baik). Dalam bahasa Indonesia, bunyi dari pertantaan itu, "Saya penasaran, sesungguhnya yang benar itu Bandai Namco atau Namco Bandai, sih? Soalnya saya suka bingung dalam menulis artikel, kadang ada sumber yang menyebut Bandai Namco, lalu ada juga yang Namco Bandai."

Menanggapi pertanyaan saya tersebut, jackller berfikir sejenak, dan pada akhirnya dia pun tidak mengetahui nama yang benar. Namun, ia juga penasaran mengenai nama perusahaan yang benar sehingga ia akan menanyakan ke kantornya ketika sudah kembali ke Jepang.

Waktu berlalu, saya sudah lupa mengenai pertanyaan kepada jackller. Tiba-tiba, pada 24 Januari 2014, di kronologi Facebook saya muncul pengumuman yang mengabarkan bahwa semua cabang perusahaan yang masih menggunakan nama Namco Bandai semuanya diubah menjadi Bandai Namco.

Berdasarkan situs IGN, Namco Bandai adalah penyebutan nama perusahaan dalam bahasa Inggris untuk Bandai Namco. Mengingat perusahaan ini familier dengan sebutan Bandai Namco di Jepang. Sebelumnya, Namco Bandai digunakan sebagai nama perusahaan yang beroperasi di wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

Perubahan semua nama cabang perusahaan tersebut juga dimaksudnya untuk menyatukan brand internasional agar merek dagang tersebut jadi lebih bernilai dan sekaligus meningkatkan daya tariknya.

Itulah ceritanya. Yah, kemungkinannya sih, pertanyaan yang saya lontarkan ke jackller tempo hari cukup menginspirasi perusahan game asal Jepang itu. Atau bisa juga kejadian tersebut hanya kebetulan. Who knows gitu apa yang terjadi di belakang layar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com