Senin, 05 September 2016

Hidup Lebih Mudah dengan BCA, Pengalaman Bertahun-tahun Sebagai Nasabah Bank BCA

Ini saya :D

Saya baru kenal bank sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2006. Sebelumnya, saya cuma nabung di celengan. Kala itu saya masih duduk pada bangku SMK. Kisahnya dimulai ketika ibu menyuruh saya agar membuat rekening tabungan untuk simpanan uang demi masa depan, dan beliau merekomendasikan Bank Central Asia atau BCA ini.

Nurut sama orang tua, akhirnya saya pergi ke kantor cabang BCA terdekat dari Kelurahan Rempoa, Ciputat Timur, Banten, yakni yang berada di wilayah Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Waktu itu kantornya masih sedang-sedang saja, tapi sekarang sudah semakin besar, bagus, dan mewah. Kalau sekarang sih kantor cabang BCA sudah banyak banget di sekitaran Rempoa.

Untuk pembuatan rekening tabungan di BCA ini, ibu membekali saya dengan uang tunai sebesar IDR 500.000 untuk setoran pertamanya. Lumayan dapat dana segar. Sekarang pun, di tahun 2016 ini, setoran pertama untuk pembukaan rekening BCA masih tetap segitu.

Bank yang Direkomendasikan

Merasa cocok dengan layanan dari BCA, saya selalu merekomendasikan bank swasta ini kepada teman atau kerabat yang belum punya atau ingin bikin rekening bank. Apabila mereka tidak memiliki uang untuk setoran awal, saya biasa meminjamkan uang sebesar IDR 500.000 untuk memenuhi syarat tersebut.

Setelah buku tabungannya jadi dan mendapat kartu ATM, uang setoran awal tadi langsung ditarik via mesin ATM terdekat untuk dikembalikan kepada saya. Pikir saya, "Yang penting mereka sudah punya rekening tabungan dulu."

Mengenai pengalaman selama menjadi nasabah BCA, wah, saya punya banyak banget. Saya akan menjelaskan kepada Anda mengenai kronologi saya dalam menggunakan berbagai layanan BCA, mulai dari customer service dan teller yang ramah (kadang ada kantor cabang yang menyediakan permen dan air minum gratis), ATM, internet banking sampai kartu kredit.

Harapan saya sih artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Siapa tahu ada informasi yang belum Anda ketahui, kan lumayan nambah ilmu untuk urusan perbankan di BCA.

Bayar Mudah dengan Debit BCA

Tahapan & paspor BCA

Mesin EDC (Electronic Data Capture) dari Bank BCA ada di mana-mana, mulai dari toko elektronik, mini-market, mall, toko olahraga, bengkel motor, hotel, restoran,  dan masih banyak lagi. Ketika saya tidak bawa uang tunai saat belanja pada merchant yang sudah bekerjasama dengan BCA melalui mesin EDC, saya tinggal gesek kartu debit BCA ke mesin EDC dan memasukkan kode keamanan untuk melakukan pembayaran.

Kadang, saya tidak membawa cukup banyak uang tunai saat jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Ketika menemukan barang bagus dengan harga miring karena diskon sehingga dengan jumlah uang yang dibawa itu, saya tidak bisa membayar barang tersebut. Nah, debit BCA ini menjadi solusi bagi saya untuk melakukan pembayaran. Selain mudah, saya suka bayar belanjaan dengan debit BCA karena tidak ribet ngurusin uang kembali yang biasanya receh koin atau uang jelek.

Belanja Online dengan Internet Banking, Nggak Perlu Repot Keluar Rumah

Meski saya sudah punya tabungan BCA sejak tahun 2006, saya baru mengenal internet banking sekitar tahun 2009, tepatnya ketika sudah bekerja di perusahaan penerbit game online yang menggunakan payroll BCA. Mulai dari sanalah berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh layanan internet banking BCA saya rasakan.

Dulu, sebelum daftar internet banking, kalau mau cek saldo, cek mutasi rekening, atau transfer uang, mau tidak mau saya harus ke ATM atau datang langsung ke cabang BCA terdekat. Akan tetapi, dengan internet banking dari BCA, saya bisa melakukan berbagai aktivitas tersebut dari manapun asalkan ada internet, media pendukungnya (aplikasi browser di PC atau smartphone) dan KeyBCA.

KeyBCA

KeyBCA adalah alat yang penyedia kode rahasia untuk transaksi aman dalam layanan internet banking BCA. Anda bisa membuat KeyBCA di kantor cabang BCA terdekat. Cara bikinnya gampang, yaitu pastikan Anda sudah mendaftar internet banking via ATM, kemudian tinggal ke customer service minta dibuatkan KeyBCA. Biaya yang dibutuhkan untuk bikin KeyBCA hanya IDR 10.000.

Internet banking sangat berguna ketika saya sedang malas keluar rumah, tapi mau belanja atau bayar sesuatu, ketika di luar rumah sedang hujan lebat atau kondisi jalanan macet di mana-mana. Tanpa perlu keluar rumah, saya bisa bayar ini-itu, untuk keperluan bisnis dengan mudah.

Transaksi yang biasa saya lakukan melalui internet banking BCA, antara lain cek saldo, mutasi rekening, beli pulsa HP, membayar tagihan telepon rumah dan internet, beli token listrik PLN, bayar tagihan belanja di situs e-commerce (fashion, tiket pesawat, makanan), isi saldo ojek online, bayar pajak bumi dan bangunan, beli voucher game online, dan masih banyak lagi solusi pembayaran dari internet banking BCA.

Artikel terkait: Bayar Pajak Bumi dan Bangunan via Internet Banking BCA, Nggak Perlu Antre di Kantor Kelurahan

Hiks, KeyBCA Hilang

Saya pun pernah kehilangan KeyBCA karena kecerobohan sendiri. Sebagai solusinya, saya datang ke kantor cabang BCA di Greenville, kemudian ke customer service untuk minta dibuatkan KeyBCA yang baru dengan membayar hiaya administrasi sebesar IDR 10.000 juga.

Hal yang membuat saya nyaman dengan layanan BCA dikarenakan fasilitasnya yang tersedia di mana-mana, seperti ATM yang mudah ditemukan ketika ingin ambil uang dan layanan pembayaran via mesin EDC yang ada di toko-toko langganan.

Flazz

Apalagi kartu pembayaran BCA Flazz bisa digunakan untuk bayar toll, busway dan commuter line, wah, lengkap banget deh. Satu bank untuk segala keperluan.

Yes, Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

Pengalaman saya bersama BCA semakin lengkap setelah pengajuan BCA Cerdit Card (kartu kredit) disetujui, yaitu Everyday Card dan Visa. Nah, yang Everyday Card ini adalah kartu kredit untuk belanja dalam negeri yang bisa difungsikan juga sebagai Flazz, uang elektronik BCA. Sedangkan Visa bisa digunakan untuk belanja di luar negeri atau pembayaran tagihan dari situs belanja online.

Kartu kredit Visa

Apabila bingung mengenai layanan kartu kredit BCA, biasanya saja bertanya melalui layanan telepon Halo BCA atau datang langsung ke kantor cabang untuk bertanya langsung kepada customer service (CS). Saya sangat nyaman dengan CS BCA ini karena melayani dengan ramah, detail dan menguasai materi sehingga saya tidak bingung lagi setelah mendapat penjelasan dari mereka.

Kartu ATM Hilang, Blokir via Halo BCA

Adik saya pernah kehilangan kartu ATM karena dompetnya terjatuh entah kemana pada saat naik motor. Dikarenakan khawatir kartu tersebut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka adik saya cuma perlu menelepon Halo BCA di nomor 1500888. Ia bisa meminta pemblokiran melalui Halo BCA itu hanya dengan memberitahukan nomor rekening BCAnya. Kemudian, pembukaan rekening dapat dilakukan dengan memenuhi langkah-langkah dan persyaratan dari BCA. Proses cepat, mudah dan aman.

Petugas Keamanan yang Terampil

Oh ya, satu lagi yang saya suka dari BCA ialah untuk pertanyaan ringan pada saat ingin setor uang, transfer dana serta urusan lainnya, nasabah BCA dapat bertanya ke security (petugas keamanan) karena mereka juga telah dibekali pengerahuan dasar untuk melakukan hal tersebut. Cukup membantu dan memudahkan, apalagi pada saat antrean CS sedang ramai. Setidaknya, itu yang sara rasakan setiap kali bingung saat isi formulir transaksi di kantor cabang BCA.

Bayar Kredit Motor

Bank BCA ini sudah bekerjasama dengan banyak pihak, termasuk untuk kredit motor. Nah, tempat saya kredit motor sudah bekerjasama dengan BCA untuk pembayaran bulanannya. Awalnya saya biasa bayar di kantor leasing, tapi di sana antriannya panjang banget. Untunglah saya diberitahu oleh pihak leasing kalau pembayaran kredit bulanan bisa dilakukan via ATM BCA sehingga saya tidak perlu buang-buang waktu berharga untuk antre di leasing lagi.

Kartu ATM Sudah Jelek, Ganti Aja

Setelah kurang lebih 10 tahun menjadi nasabah BCA, kartu ATM saya pun mulai rusak. Ujungnya patah dan kalau dibiarkan terus begitu, mungkin bisa patah. Tidak ingin menunggu sampai hal huruk terjadi, akhirnya saya memutuskan untuk membuat kartu baru di kantor cabang Greenville.

Anda bisa pilih jenis kartu ATM, yaitu kartu polos bisa langsung jadi, sedangkan kalau mau ada nama Anda di kartu maka harus menunggu kurang lebih seminggu. Saya sih yang cepat saja, kartu polos. Cukup dengan membayar biaya administrasi sebesar IDR 10.000, saya sudah bisa punya kartu baru.

Demikianlah kisah tentang pengalaman saya selama menjadi nasabah BCA. Sudahkan Anda memiliki tabungan di bank ini? Kalau belum, langsung ke kantor cabang terdekat untuk bikin. Rasakan sendiri manfaat dan layanan prima dari bank BCA.



berpartisipasi dalam "My BCA Experience" Blog Competition

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com