Sabtu, 08 Oktober 2016

Ika Amna: Blogger Kecantikan yang Jago Bikin Handmade Soap

Ika Amna

Namanya Ika Amna, lahir di Muara Bungo, pada 11 Juli 1991. Gadis manis ini adalah mahasiswi S1 jurusan Teknik Kimia di Universitas Bung Hatta, Padang, yang mana sebelumnya Ika telah menyelesaikan pendidikan diploma (D3) pada jurusan yang sama di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Apa yang membuat Ika spesial? Ia adalah penghobi membuat sabun (soaper) handmade Indonesia yang rancangan sabunnya itu sangat unik, yakni berbentuk seperti cake. Selain itu, gadis yang memiliki sampingan sebagai freelance writer ini juga gamer yang suka menjelajahi game online baru sebagai Archer/Assassin. Saya sendiri pertama berjumpa dengan Ika di game Ragnarok Online.

Ingin tahu lebih dekat tentang Ika Amna serta cara untuk membuat handmade soap yang berkualitas? Yuk simak wawancara eksklusif Kru RRN ini, ya!

Ceritakan dong asal mula Anda jadi soaper dan blogger yang membahas tentang pembuatan sabun?

Awal mulanya itu sekitar tahun  2014, aku mulai aktif ngeblog dan bikin review tentang produk kecantikan untuk perempuan. Karena waktu itu jiwa perempuannya mulai bangkit sehingga jadi terobsesi banget dengan yang namanya skin care, make up, dan apapun itu yang berkaitan dengan kecantikan perempuan. Tapi lama lama aku bosan, karena rasanya monoton cuma nge-review doang.

Dan kayaknya aku sempet lama vakum ngeblog karena bosan, sampai akhirnya iseng broswing dan ketemu "foto handmade soap di pinterest.com", di sana tuh aku menemukan berbagai foto sabun handmade yang unik dan lucu lucu banget. Nah, dari situlah ide awal aku jadi kepingin bikin juga sabun handmade yang unik dan lucu lucu kayak di pinterest.com.

Handmade soap

untuk awalnya aku sudah punya dasar pengalaman di laboratorium soal bahan bahan kimia, jadi bikin sabun bukan jadi hal yang asing. Walaupun dilaboratorium dulu aku ga belajar bikin sabun secara praktik. Jadi aku mempelajari teorinya secara autodidak dari berbagai sumber, mulai dari artikel internet, YouTube, forum, buku, dan tanya tanya sama yang sudah pernah bikin. 

"Practice make it perfect" setelah aku cukup yakin dengan hasil belajarku, aku mulai bikin satu per satu loaf sabun handmade. Sabun handmade pertamaku itu diluar duguaan hasilnya gagal karena aku tidak sabaran. lalu aku terus bikin lagi sampai akhirnya keliatan seperti yang aku inginkan dan mulai posting sedikit demi sedikit artikelnya di blog. Hingga pembahasan di blog-ku sebenernya lebih ke DIY cosmetic dan skincare.

Bagaimana cara Anda mendapatkan bahan-bahan untuk membuat sabun? Bahan apa yang paling sulit didapatkan atau paling susah dibuat?

Aku dapat bahan bahan untuk bikin sabun itu dari dua sumber, yaitu lokal dan impor. Kalau yang bahan bahan lokal, biasa aku beli di toko kimia, dan pasar tradisional, atau dari petani lokal di sini (di kotaku sendiri), seperti rempah rempah dan beberapa jenis oil (contoh: coconut, castor).

Bahan import itulah yang tersulit untuk didapatkan karena perlu menunggu sampai berbulan-bulan untuk sampai. Paling lama itu hampir 3 bulan. Duh... itu nyebelin banget. Sedangkan bahan tersulit yang pernah aku cari, yaitu dragon blood (bukan darah naga beneran sih, wkwkwk), sejenis getah pohon yang berwarna merah yang berasal dari hutan hujan Amazon dan bagus banget manfaatnya untuk kulit.

Berapa lama waktu yang Anda dibutuhkan untuk membuat sabun, dari awal sampai jadi?

Dalam proses pembuatan sabun ada yang namanya curing, yaitu proses penetralan NaOH (natrium hidroksida) dari sabun. Biasanya memakan waktu 4 sampai 6 minggu untuk sabun handmade-nya siap untuk dipakai. Nah, waktu 4 sampai 6 minggu itu punya metode proses yang berbeda juga, tetapi kalau aku lebih suka ambil waktu standar yang 6 minggu biar tidak terburu-buru.

Saya lihat sabun buatan Anda tuh bentuknya unik seperti kue tart, inspirasinya dari mana bikin sabun dengan bentuk makanan seperti itu?

Inspirasinya dari foto-foto handmade soap di pinterest.com, mungkin ditambah obsesi aku juga yang tidak  begitu mahir membuat cake beneran. Tapi malah lebih mahir dalam membuat cake dari sabun.


Hal penting apa yang harus diperhatikan oleh pembuat sabun handmade rumahan?

1. Kebersihan, walaupun ini bukan untuk dimakan, tapi memerhatikan kebersihan itu perlu. Seperti kebersihan bahan-bahan yang akan digunakan, dan penempatan sabun yang akan curing.

2. Siapa yang akan memakai sabunnya nanti, ya aku selalu tanya pelangganku seperti apa jenis kulit mereka, apa masalahnya, dan ada alergi dengan bahan-bahan tertentu atau tidak. Kebanyakan dari pelanggan ambil rekomendasi bahan dari yang aku sarankan. Walaupun mereka bisa pilih sendiri dari padu padan bahan yang aku sediakan.

3. Komposisi bahan, karena ada beberapa bahan yang lebih bagus dipakai tunggal, dan ada bahan yang dipakai dengan kombinasi bahan lain akan semakin bagus.

Siapakah target market Anda untuk sabun handmade ini? Sabun buatan Anda sudah dijual sampai mana? Dan kalau mau pesan, bagaimana caranya?

Jujur aku tidak punya target market untuk penjualan, siapapun yang ingin dibikinin sabun handmade ini akan aku bikinin.

Untuk penjualan, karena sampai saat ini hanya melalui pesan online, jadi bisa bilang penjualannya sudah keseluruh indonesia. dan yang paling jauh itu aku sudah kirim sampai ke Papua, itu bikin deg degan banget karena (takut paketnya tidak sampai) karena lewat beberapa pulau dari sini.

Cara pemesananya bisa langsung cek blog-ku, Amna Home, di amna-ika.blogspot.co.id , di sana aku sudah tulis secara lengkap mengenai prosedur pemesanannya.

Apakah Anda masih suka main game online? Cerita dong pengalaman seru Anda main ketika main game online!

Yup, masi sangat sangat suka, di waktu senggang aku selalu main game online. Kalau pengalaman seru itu banyak banget. Paling seru itu ketika aku bertemu teman-teman main game bareng, dan sejak 2011 dulu sampai sekarang kami selalu main bareng. Ngejelajah dan nyobain berbagai game online sama-sama. Game online terakhir yang kami jelajahi bersama adalah Tree of Savior, itu gameplay-nya unik banget.

***

Demikianlah wawancara khusus saya dengan Ika Amna, sang pembuat handmade soap. Apabila Anda ingin mengetahi lebih lanjut tentang tips dan trik untuk membuat handmade soap, atau ingin langsung mencoba sabun buatan Ika yang sesuai dengan keinginan Anda (aroma dan manfaat untuk kulit), langsung saja datang ke blog-nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com