Selasa, 09 Mei 2017

Louis Lady Zhangrila: Gamer Cewek yang Jadi Ratu Kecantikan Favorit

Tampil biasa

Bicara mengenai gamer cewek (wanita), sudah umum diketahui bahwa mereka memiliki penampilan yang oke banget di mata gamer cowok (pria). Apalagi kalau sudah berdandan. Salah satu gamer cewek yang cukup berprestasi tidak cuma di game adalah Louis Lady Zhangrila, gadis kelahiran Jakarta, tanggal 28 Maret.

Penampilannya yang anggun sukses membawanya ke dalam ajang kecantikan di universitas tempat ia menuntut ilmu yang bertajuk "Muda Mudi Surya University 2017". Pada ajang tersebut, gadis yang akrab disapa Luii ini berhasil memperoleh predikat sebagai juara favorit.

Meskipun berparas cantik, gamer cewek yang hobi menggambar, jualan merchandise di event, dan jalan-jalan ini punya makanan favorit yang cukup mengejutkan, yakni Indomie goreng rasa iga penyet, dan Indomie kuah rasa ayam bawang.

Ingin lebih mengenal Luii?

Yuk simak wawancaranya di bawah ini.

Bagaimana awalnya kamu kok bisa terjun ke ajang "ratu kecantikan" kampus ini?

Lebih tepatnya duta universitas ya. Dikarenakan universitas-ku bobot proyek pengabdian masyarakatnya lebih tinggi ketimbang masalah "beauty pigeon". Awalnya iseng, karena aku pikir jabatan di organisasi program study sudah mau selesai, jadi belum ada "kerjaan" untuk setahun kedepan. Panitianya juga terkejut aku ikutan ajang ini.

Apa visi dan misi kamu setelah menjadi miss universitas?

Sebagai juara favorit, visiku adalah "Untuk menuju Indonesia Jaya" dong, seperti visinya universitas. Kalau misinya, aku berniat melanjutkan proyek pengabdian masyarakat yang sudah dijalankan selama babak penyisihan di ajang ini, yakni kampanye edukasi mengenai internet yang ditujukan untuk murid SMP, khususnya dalam menggunakan Instagram.

Menurut survey yang sudah dijawab oleh lebih dari 30 partisipan antara usia 15 sampai 18 tahun ini, ternyata 100 persen pengisi survey adalah pengguna Instagram. Berarti ada banyak sekali informasi dan tren yang didapat karena sekarang masanya generasi milenial. Namun kita tetap harus lebih berhati-hati terhadap berita yang beredar di jejaring sosial, sebab dewasa ini sangat banyak berita memancing yang mudah membuat pembaca jadi "panas, kemudian membagikannya.

Luii

Dari sanalah fungsi kampanye edukasi yang dijalankan aku dan rekan-rekan. Menjelaskan tentang cara untuk menyaring berita serta topik tren untuk dibagikan kembali, dan memaparkan mengenai privasi di jejaring sosial.

Aku juga menambahkan mengenai penjelasan tentang cara bijak dalam berbelanja online dan menekuni dunia game online. Hasilnya anak-anak SMP itu sangat tertarik untuk menekuni dunia game online, sampai ada yang ingin menjadi atlet esports.

Pengalaman apa yang paling berkesan saat lomba?

Ketika malam karatina terakhir, semua peserta ajang kecantikan ini harus menginap di hotel. Tidak ada seorangpun yang boleh menemui kami sampai tampil di atas panggung. Kebayang banget nggak sih, perbedaan penampilan before after-nya kami itu sepetri langit dan bumi? Jauh! Komentar teman-teman yang biasa lihat aku kusut jadi berubah malam itu.

Keluarga mengetahui kamu ikut ajang ini? Apa mereka mendukung keputusan kamu? Siapa yang paling semangat untuk mendukung?

Yep, mereka tahu dan sangat mendukung. Katanya biar aku jadi "cewek", haha. Mengenai yang paling semangat, sepertinya semua juga sama-sama semangat sih. Dukungan diberikan dengan cara kirim SMS dalam jumlah yang sangat mengagumkan. Teman seangkatan di  program study (prody), sampai kakak dan adik kelas ikutan voting. Sampai alumni universitas "sebelah" pun ikutan. Mantap djiwa!

Kamu kuliah jurusan apa? Apa suka duka kuliah di jurusan kamu?

Aku kuliah jurusan Human Computer Interaction dan sedang ngambil penjurusan Game Programming. Tentang suka dukanya, ya. Sukanya banyak stok anak-anak yang jago programming sampai marketing, bahkan ada yang bisa merajut dan masak di prodi ini. Kalau dukanya, banyak dosen jago yang harus lanjut kuliah S3 atau punya kesibukan lain untuk membawakan acara seminar di luar negri sehingga kami jarang bertemu. Jadi tiap semester ganti dosen.

Luii (kanan), bersama 2nd Runner-Up

Apa kamu merasa bahwa jurusan yang dijalani sekarang adalah jurusan yang tepat untuk mendukung karir kamu ke depan?

Iya dong! Generasi millenial, gitu loh. Teknologi sangat berkembang, setiap hari ada saja penemuan baru. Belum lagi hampir semua sektor industri sekarang ini membutuhkan teknologi informasi. Berarti aku bisa masuk ke manapun yang membutuhkan, tidak peduli fokusnya di bidang apa. Kalau mengenai game, seru loh meneliti pasang surut serta mempelajari perkembangannya. Apalagi sekarang ini pengembangan game sebagai sebagai sarana pendidikan dan pelatihan juga sedang gencar-gencarnya.

Selain kuliah, kegiatan apa yang paling banyak menghabiskan waktu kamu?

Mengerjakan PR dari dosen, hahaha. Sebetulnya hang-out dalam hal menjaga tali silaturahim dengan teman-teman, karena tempat kumpulnya berbeda-beda. Jadi bisa saja jadwalnya hari Senin dengan teman prody, besoknya sama teman universitas "sebelah", besoknya lagi dengan teman grup role-play, bisa juga diminta pulang oleh nyokap, dan lainnya. Tapi seru kok. Aku suka banget bertemen dengan orang baru.

Kamu gamer ya? Berapa lama waktu yang dihabiskan sekali ngegame?

Hemm... gosipnya kencang sekali ya. Aku kurang tahu juga sih layak atau tidak untuk disebut gamer, soalnya sudah jadi kisah lama sebelum masuk kuliah. Biasanya kalau ada server baru atau sedang ada event menarik di game, aku bisa online dari pulang kuliah sampai sengantuk-ngantuknya. Dulu pernah main game sampai jam lima subuh gara-gara leveling game Tree of Savior, tapi sekarang paling cuma main OkeDance, Dance Up, dan Granblue Fantasy. Itu juga sesempatnya saja.

Kalau yang menghabiskan waktu paling banyak, ya Perfect World. Sudah main game online itu sejak SMP sampai sekitar tahun kedua kuliah (saat ini sudah tahun ketiga). Pindah server Perfect World di Indonesia saja sampai empat kali, dan dua kali di server internasional. Belum lagi mencoba private server-nya. Kalau sekarang sih, cuma menunggu panggilan darurat untuk Teritorry War saja dari ketua, karena sudah sibuk. Hahah.

Denger-denger, kamu punya karakter ciptaan yang namanya "Embe", itu apa sih? Cerita dong!

MBEE, ya. Jadi itu hewan kambing yang sebetulnya iseng doang jadi peliharaan karakterku ada grup role-play di Facebook. Eh, tidak tahunya karakter Embee itu jadi lebih terkenal dari pemiliknya (karakter di grup role-play). Setelah itu, setiap main pada grup role-play lain, pasti ada kambingnya, dengan sifat yang berbeda-beda serta kocak. MBEE itu ada kepanjangannya loh, seperti Marcello Benett Ehno Enzo (MBEE) atau Marcellinus Bernard Ellias (MBE).

Selain berhasil jadi Miss Universitas, prestasi apa yang pernah kamu raih? Apa mana prestasi yang menurut kamu paling gemilang?

Hmm... Banyak banget nih. Mau yang official maupun non-official? Kebanyakan lomba gambar sih, tetapi kalau yang paling gemilangnya adalah ketika menang Indonesia Sociopreneur Challenge (ISoC) bersama teman-teman, sebab event itu sudah bertaraf internasional yang mana hadiahnya sudah menggunakan Dolar Amerika, bukan Rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com