Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Game MOBA Seru untuk HP Android selain Mobile Legends: Bang Bang

mobile legends hanabi

Semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa, pria dan wanita, nampaknya tahu game MOBA 5v5 yang berjudul Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB. Di Indonesia, popularitas mobile game buatan Moonton yang tersedia untuk Android via Google Play ini nampaknya tidak bisa tergantikan di hati penggemarnya. Mobile Legends juga tersedia untuk iOS via App Store.

MOBA 5v5 atau sebagian netizen menyebutnya dengan julukan "MOBA analog" adalah jenis atau genre sebuah game. Pada genre ini, pemain akan bermain dalam tim yang terdiri dari lima anggota, baik itu dengan sesama pemain atau dengan bot atau AI, untuk menghadapi tim lawan. Pertempuran berlangsung dalam sebuah peta yang terdiri dari tiga jalur yang masing-masing jalurnya dijaga oleh menara pertahanan. Tugas pemain adalah menghancurkan menara utama di markas lawan.

Terlepas dari Mobile Legends, kini banyak bermunculan MOBA 5v5 yang tidak kalah seru. Mereka tampil dengan keunikan sendiri, mulai dari grafis yang lebih bagus, desain serta skill hero yang unik, sampai komunitas gamer-nya yang masih segar.

Berikut adalah game MOBA selain Mobile Legends yang wajib kamu coba!

League of Legends: Wild Rift


league of legends wild rift

Wild Rift adalah game MOBA yang cukup hype saat ini. Langsung saja cek  Google Play Store karena sekarang sudah para pemain sudah bisa mencoba game mobile yang diadaptasi dari League of Legends (LoL) ini. Dengan gameplay PVP 5v5 berbasis keterampilan yang mirip dengan League of Legends di PC, Wild Rift hadir secara khusus untuk platform mobile, Android hingga iOS. Tentukan jawara atau Hero LoL jagoanmu dan kalahkan semua lawan bersama teman-teman!

Arena of Valor


garena aov

Rilis pertama kali di Indonesia dengan judul Mobile Arena (MobA), bisa dibilang bahwa game yang kini juga dikenal dengan nama Garena AoV ini adalah saingan utama Mobile Legends. Di samping jajaran hero orisinal, Garena AoV juga menghadirkan para hero dari franchise DC Comics, seperti Batman, The Joker, Superman, dan Wonder Woman. Turnamen serta scene esports dari mobile game terbitan Garena Indonesia di Indonesia ini juga sangat hidup sehingga menjanjikan kesejahteraan bagi para atletnya.

Paladins Strike


paladins strike

Sukses dengan game bergenre FPS yang mengadaptasi gaya permainan Overwatch dari Blizzard, Hi-Rez Studios yang merupakan pengembang Paladins, SMITE, Hand of the Gods, dan Jetpack Fighter akhirnya merambah juga ke sebuah game bergenre MOBA 5v5. Untuk Anda yang menyukai franchise Paladins, tidak ada salahnya untuk mencoba Paladins Strike. Hanya saja, menurut penulis, komunitasnya belum begitu banyak di Indonesia.

MARVEL Super War


marvel super war

Game mobile yang diklaim sebagai MOBA pertama dari MARVEL ini akan mengajak para pemain untuk bertempur dengan para superhero, antihero, villain hingga supervillain ikonis dari semesta MARVEL. Ada banyak karaker yang bisa kamu gunakan dan kombinasikan. Tersedia juga berbagai skin unik yang bakal membuat para karakter jadi lebih keren ketika dimainkan.

Onmyoji Arena


onmyojiarena
OnmyojiArena

MOBA 5v5 yang paling segar, terdiri dari para hero yang terinspirasi dari cerita rakyat Jepang. Grafis dan animasinya keren banget. Selain itu, setiap karakter pada game yang diterbitkan oleh NetEase ini diisi dengan suara yang sangat menarik dari para pengisi suara yang menjadikannya tampil layaknya anime yang bisa dikendalikan. Kamu wajib banget coba game ini apabila menyukai game MOBA.

Heroes Evolved Mobile


heroes evolved mobile
Heroes Evolved

Seharusnya, game buatan Reality Squared Games ini adalah MOBA 5v5 yang populer di Indonesia setelah Mobile Legends, Garena AoV dan Vainglory 5v5. Namun, entah mengapa popularitasnya semakin hari semakin memudar. Meski demikian, komunitas Heroes Evolved Mobile masih tetap eksis, kok. Aslinya, ini adalah game PC, namun pada akhirnya pihak developer juga memutuskan untuk mengembangkan verai mobile-nya.

Vainglory 5v5


vainglory 5v5
Vainglory 5v5

Sebenarnya, game buatan Super Evil Megacorp ini rilis lebih dulu dari Mobile Legends, tetapi kala itu masih dalam MOBA 3v3 dalam satu jalur. Pasca tingginya popularitas MOBA 5v5 melalui Mobile Legends, akhirnya game bergrafis 3D yang penulis nilai terbaik dari mobile MOBA lainnya ini pun menghadirkan mode lima lawan lima. Berbeda dari MOBA 5v5 yang tampil dengan kontrol virtual (optional)  untuk kendali hero, Vainglory tampil dengan gaya kontrol yang lebih mutakhir serta gameplay yang lebih rumit. Jadi, Vainglory bukan MOBA Analog, ya!

1 komentar untuk "7 Game MOBA Seru untuk HP Android selain Mobile Legends: Bang Bang"