Kamis, 26 Juli 2018

Bukan Cuma Teori, Inilah Tips dan Trik Panjat Sosial di Medsos ketika Traveling ke Luar Negeri

yodobashi akiba
Yodobashi Akiba, Jepang

Traveling atau perjalanan ke luar negeri masih jadi sesuatu yang sangat prestisius bagi masyarakat Indonesia. Tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk traveling, mengingat biaya yang dibutuhkan biasanya lebih besar daripada traveling di dalam negeri.

Medsos yang biasa saya gunakan adalah Facebook dan Instagram. Saya pribadi kurang aktif di Twitter, tetapi silakan saja jika kamu ingin menggunakannya untuk praktik pansos berdasarkan artikel ini. Untuk kelancaran tips dan trik ini, kamu membutuhkan smartphone berkamera dan sambungan internet.

Nah, untuk memaksimalkan citra kamu saat social climbing atau dalam bahasa Indonesia berarti panjat sosial (pansos) di media sosial (medsos), ketika traveling ke luar negeri, saya kasih tahu deh tips dan triknya supaya kamu tidak dianggap kampungan.

Dengan tips dan trik yang saya berikan ini, seharusnya kamu bisa pansos dengan cara berkelas. Yang hasilnya, kamu tidak lagi diremehkan dalam pergaulan di medsos.

Well, tidak perlu basa basi lagi, berikut adalah tips dan triknya.

1. Posting status ke Facebook. Beri tahu teman-teman kalau kamu sedang sibuk packing. Langkah pertama ini tidak perlu menggunakan gambar atau foto agar mereka kepo (penasaran atau ingin tahu banget).


2. Upload foto koper atau ransel setelah selesai packing. Jangan lupa berikan caption "Akhirnya packing selesai" atau bisa juga ditambahkan sesuai dengan kreativitas.


3. Facebook check-in di bandara, dan jangan lupa pilih destinasinya. Aktivitas ini dilakukan menjelang kamu kamu terbang, ya! Kira-kira 30 menit sebelum pesawat lepas landas. Sebaiknya, pilih destinasi berupa bandara tujuan atau kalau tidak tahu atau menemukan nama bandaranya, atur ke negara tujuan saja.


4. Ketika sampai tujuan, upload foto pemandangan awan yang kamu ambil dalam penerbangan. Ambil saja menggunakan kamera smartphone. Tapi ingat, jangan gunakan smartphone sebelum dapat aba-aba dari air crew. Namun, langkah ini opsional, karena kadang posisi duduk kita yang tidak memungkinkan untuk foto pemandangan lewat jendela.

5. Posting status rasa syukur kamu ketika sampai tujuan. Ini untuk menandakan kalau kamu sudah sampai tujuan dengan selamat. Di sini tidak perlu posting foto.


6. Posting selfie dengan latar belakang landmark bandara. Apabila sebelumnya hanya status, sekarang saatnya posting foto saat di bandara agar teman kamu yakin kalau kamu benar-benar traveling ke luar negeri.


7. Posting selfie dengan latar belakang landmark kota atau negara dari negara yang kamu datangi. Sabar dulu. Pansosnya jangan terlalu agresif. Sebelum posting foto kesenangan saat traveling, lebih diutamakan untuk posting satu foto yang menggambarkan kalau perjalanan kamu itu sudah di arah yang benar. Ambil foto eksis sebanyak-banyaknya boleh, tapi simpan dulu untuk strategi selanjutnya.

8. Posting foto kuliner khas negara yang dikunjungi atau makanan berpenampilan menarik yang pertama kali kamu makan. Aktivitas ini cukup perlu dilakukan untuk memberikan variasi postingan kamu di medsos.


9. Posting wefie kamu bersama teman seperjalanan. Cukup penting memberitahu teman-teman kalau kamu tidak sendirian ketika traveling. Hal tersebut juga akan mencitrakan kalau kamu adalah orang yang gaul.

A post shared by Fakry Naras Wahidi (@masterfakry) on

10. Posting pertanyaan ke teman-teman tentang tempat rekomendasi yang mereka ketahui dari negara yang kamu kunjungi. Aktivitas ini opsional, dilakukan untuk melihat seberapa banyak teman-teman yang mengikuti kronologi perjalanan kamu. Jangan berkecil hati jika tidak ada balasan, ya!

11. Ambil foto yang menarik dan berkesan sebanyak-banyaknya, tapi tidak perlu langsung di-posting ke medsos. Jangan terlalu banyak posting foto, karena akan mengganggu teman-teman kamu. Tidak mau dicap sombong atau ketahuan sedang pansos kan?

12. Nikmati perjalanan kamu, jangan pansos terus. Well, kebanyakan update status akan mengurangi kenikmatan saat traveling. Percaya deh!

13. Ketika pulang, jangan lupa Facebook check-in di bandara beberapa saat sebelum penerbangan pulang. Hal ini perlu dilakukan untuk memberi tahu teman-teman kalau perjalanan kamu akan segera berakhir dan mereka bertemu kamu lagi setelah sampai di tanah air.


14. Posting foto simpanan kamu satu per satu setelah sampai di tanah air dengan ritme seminggu sekali dengan hashtag #latepost. Yes, inilah yang akan terus mengingatkan teman-teman kamu di medos kalau kamu pernah traveling ke luar negeri. Semakin banyak foto yang disimpan, maka semakin banyak kilas balik yang bisa kamu posting.



15. Nabung lagi untuk traveling berikutnya. Sekali kamu merasakan asyiknya traveling ke luar negeri, maka kamu akan tertantang untuk melakukan perjalanan ke negara-negara lainnya. Tapi ingat, Indonesia juga punya banyak destinasi wisata yang tidak kalah seru, lho.

1 komentar:

  1. Nice article thanks for this.Every WP blog need Image optimization.

    BalasHapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com